Rabu

Makanan Tradisional Betawi, Sedia Pesanan untuk Hajatan

Untuk Anda yang bertempat tinggal di Jakarta, menu bercita rasa Betawi tentu sudah tak asing lagi. Selain sarat nuansa sejarah dan keberagaman seni budaya, suku Betawi juga mempunyai banyak jenis makanan tradisional yang perlu Anda cicipi dan nikmati.

Jika Anda merayakan hari ulang tahun, pesta pernikahan atau arisan, belumlah lengkap jika tidak terdapat makanan tradisional khas Betawi. Bentuknya yang beraneka ragam memaksa kita untuk mencoba dan merasakannya. Walaupun terbilang sederhana, makanan Betawi mempunyai ciri khas tersendiri yang sulit dilupakan.

Seperti yang disajikan oleh Pembuat Makanan Betawi, Umy yang bertempat tinggal di Tanah Seratus, Ciledug. ”Bagi Anda yang ingin mencoba atau rindu masakan Betawi, Saya menyuguhkan aneka masakan tradisional Betawi, seperti lemper, getuk, kue bolong, kue ketan, uli goreng atau bakar, lontong isi dan nasi uduk Betawi, dan sebagainya,” kata Umy.

Lebih Jauh, Umy menuturkan, makanan tradisional Betawi yang dibuat memiliki cita rasa khas. Ini dikarenakan bahan baku yang digunakan benar-benar sangat tradisional. Dalam hal ini, tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna dan biang gula. Semua murni dengan bahan alami.

Menu lain yang tidak kalah menarik dan menggugah selera makan adalah nasi uduk Betawi. Hampir sama dengan makanan lainnya di Indonesia, nasi uduk khas Betawi juga dibuat dengan bumbu tradisional. Jadi, nasi uduk tersebut bisa dikonsumsi untuk makan siang maupun malam. Bahkan sangat cocok disajikan untuk acara pernikahan, khitanan atau pengajian di rumah.

Bicara soal harga, Umy memberikan harga pada setiap kuenya terbilang sangat terjangkau yakni Rp 600 per bijinya. Namun untuk pemesanan, Umy memberi batas minimal order Rp 200 ribu. Sedangkan untuk nasi uduk Rp 5 ribu per porsi. Untuk memberikan pelayanan lebih, Umy juga menyediakan layanan antar untuk wilayah Ciledug, Serpong, dan sekitarnya.