Sabtu

Studi Mandarin Ke China, Diasuh oleh KARSONO dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Saya bukanlah keturunan Tionghoa tapi saya suka mempelajari bahasa Mandarin. Saya juga sudah pernah 2 kali ikut kursus bahasa Mandarin di daerah Serpong dan Puri Indah tapi merasa tidak efektif karena, native speaker-nya yang “katanya” dari China kurang bagus kualitasnya. Apakah ARVI bisa merekomendasikan kursus bahasa Mandarin langsung di Beijing/Shanghai yang tentu saja jangan banyak orang Indonesianya?
Hetty, Melati Mas


Jawaban:
Anda termasuk satu dari sekian banyak pelajar Indonesia yang mempelajari bahasa Mandarin karena ketika kami meninjau Beijing tahun lalu, terkejut juga melihat banyaknya pelajar dari Indonesia yang bukan keturunan Tionghoa mempelajari bahasa Mandarin, karena mereka merasa bahwa menguasai bahasa Mandarin di masa depan akan memperlancar karir mereka di kemudian hari. Apalagi bahasa Mandarin juga ditetapkan sebagai salah satu dari 6 bahasa resmi di PBB disamping bahasa Arab, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol.

Kota yang paling banyak diminati pelajar Indonesia saat ini masih tetap di Beijing dan Shanghai, dan memang kamipun selalu berusaha menempatkan pelajar yang kami urus tidak pada sekolah Mandarin yang hampir semua pelajarnya adalah orang Indonesia.

Kami ingin merekomendasikan sekolah bahasa Mandarin, MANDARIN HOUSE yang merupakan lembaga pendidikan bahasa Mandarin terbesar di China. Ada banyak kampusnya di 2 kota yaitu di Beijing dan Shanghai. Di Beijing sendiri mempunyai 2 kampus yakni HUAMAO CHINESE LANGUAGE CENTER (CLC) di komplek China Central Place, dan CBD CLC, di Beijing Fortune Plaza (8 ruang kelas). Sedang di Shanghai ada 7 kampus yaitu a. DOWNTOWN CLC, di Former French Concession (12 ruang kelas), b. PLAZA 66 CLC, ditengah kota Shanghai, c. PUDONG YANLORD CLC, di Shanghai Pudong Lujiasui, d. PUDONG GREEN CITY, di komplek perumahan Villa Jingiao (8 ruang kelas), e. XINTIANCHI CLC, di distrik Xintiandi, f. XUJIAHUI CLC, di Xijiahui atau Time Square-nya kota Shanghai dan g. HONGQIAO CLC, di Hongqiao Economy Development Zone.

Jika Anda memutuskan belajar di Beijing, berarti Anda berada di pusat ibukota negara China yang juga merupakan tempat lokasi Greet Wall dan Lapangan Tiananmen yang terkenal dan juga akan menjadi kota tempat berlangsungnya Olympiade 2008. Jenis kursus yang ada sangat beragam, ada Intensive Course maupun Private Course. Dari Business Chinese hingga Summer Chinese.

Tahap belajar bahasa Mandarin hingga mahir terbagi atas 5 level. Setiap level dibagi lagi dalam sub-level untuk memastikan Anda berada di kelas yang tepat.

Anda akan mempelajari kemampuan berbicara, membaca karakter huruf, dan mendengarkan bahasa Mandarin, karena banyak kata yang seolah sama ucapannya tapi jika berbeda intonasi maka artinya berbeda. Ada juga HSK EXAM PREPARATION dimana Anda akan belajar beberapa motode yang akan membantu mencapai angka yang tinggi di ujian HSK. Pelatihan ini meliputi grammar, vocabulary, reading, comprehension dan writing. Program ini sangat penting karena HSK diperlukan sebagai syarat masuk ke universitas di China.

Ada juga INTERNSHIP PROGRAM (Program Magang), untuk para profesional yang ingin mempraktekkan kemampuan bahasa Mandarin yang telah dipelajarinya di dunia kerja secara langsung. Misalnya staf perbankan akan ditempatkan magang di suatu bank, staf industri mobil akan ditempatkan di industri mobil, dan sebagainya. Berbagai industri yang sudah sering menerima pelajar magang dari Mandarin House yaitu Bayer, Bosch, Otis, L’oreal, Mazda, Siemens, DOW, Mitsubishi, VW, Unilever, dan sebaganya. Meskip program magang ini tidak dibayar tapi sangat bermanfaat karena Anda akan mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja di China. Pada program Internship ini Anda akan menerima 2 sertifikat yaitu dari Mandarin House dan dari perusahaan tempat Anda magang.

Lalu, ada juga program MANDARIN TEACHER TRAINING yang sangat cocok untuk para pengajar bahasa Mandarin dari Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan mengajarnya dalam 4 minggu intensive Mandarin Teacher Training Program dimana fokus belajarnya ada di 3 bagian penting yaitu Linguistic theory, Mandarin Language dan Culture, in-class skills dan practicum.

Biaya bervariasi dan dimulai dari US$ 485 per 2 minggu atau $ 194 per minggu jika melebihi 12 minggu. Untuk akomodasi, Mandarin House akan membantu mencarikan jenis akomodasi yang cocok. Hubungi kami untuk mengetahui biayanya secara lebih detail dan jika Anda dapat mampir ke kantor kami maka Anda dapat melihat dokumen CD mengenai Mandarin House secara lebih lengkap.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dan memerlukan brosur sekolah ini atau sekolah lainnya maka dapat menghubungi kami di 7051 2455 atau kirim email ke arvi@cbn.net.id. Kami akan segera mengkirimkan brosur tersebut ke alamat Anda. Pertanyaan dari seluruh pembaca Adinfo untuk berbagai masalah sekolah ke luar negeri akan dimuat secara bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.

WINSON Translation mengatakan...

belajar MANDARIN, biaya ekonomis, tenaga pengajar lulusan Beijing-China :
- private / group
- corporate
- kelas intensive bagi murid yang akan melanjutkan study ke China
- kelas khusus bagi para Bunda
COBA KELAS GRATIS!! (bulan Mei)
Dapatkan harga khusus bagi yang mendaftar di bulan April!!!
Hubungi : 021-93134343
Ayo buruan!! Tempat terbatas!!!