Jumat

Study Ke Inggris - Diasuh oleh KARSONO dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Meskipun ada penawaran dari negara lain tapi sejak dulu saya bercita-cita untuk melanjutkan study ke Inggris/UK. Sejak selesai dari kelas 3 SMA tahun lalu, karena terlambat pengurusan ke Inggris maka baru tahun ini saya berkesempatan untuk melanjutkan study ke UK. Bagaimana sistem pendidikan di UK terutama untuk saya yang sudah lulus SMA ini dan sudah 1 tahun kuliah di Jakarta? Sylviana, Giri Loka, BSD.

Jawaban:

Dunia pendidikan di Inggris sebagaimana dunia pendidikan di negara barat lainnya, tidak bisa menerima begitu saja para lulusan SMA dari Indonesia. Mereka umumnya mensyaratkan harus masuk dulu pada ‘jenjang peralihan’ antara jenjang SMA dan perguruan tinggi yang umumnya dikenal dengan nama Foundation Program (FP) atau A Level.

Meski para siswa berasal dari kelas internasional di Indonesia, biasanya mereka akan lebih sukses jika beradaptasi dulu pada salah satu dari ke-2 jenjang tersebut.
Untuk Anda yang sudah kuliah selama setahun di Jakarta, mungkin kami bisa membantu menanyakan pada universitas yang Anda inginkan apakah beberapa mata pelajaran yang telah Anda pelajari selama 1 tahun kuliah ini dapat ditransfer sebagian ke UK. Jika jawabannya “bisa” maka Anda hanya perlu belajar beberapa subjek saja di tahun pertama di UK nanti. Tapi jika jawabannya “tidak bisa”, terpaksa Anda harus mengulang lagi melalui jenjang FP atau A Level itu.

Di sini akan kami rekomendasikan suatu sekolah yang bernama BELLERBYS COLLEGE yang menawarkan FP atau A Level. Bedanya, yaitu FP untuk mereka yang ingin belajar secara cepat untuk masuk ke universitas top di Inggris seperti Univ. of Nottingham, Univ. of Bath, Univ. of Loughborough, Univ. of Bristol, Royal Holloway University of London dan banyak lainnya.

Sedang A Level adalah untuk mereka yang berambisi masuk ke universitas bergengsi seperti Univ. of Oxford, Univ. of Cambridge, Imperial College, London atau The London School of Economics dan banyak lainnya.

Bellerbys College mempunyai 4 kampus yakni di Brighton, Cambridge, London dan Oxford. Dengan pengalaman selama 20 tahun, tidaklah heran jika prestasi yang dicapai sangat memuaskan. Lihat saja data berikut, hasil akademik tahun terakhirnya yakni 75% dari seluruh siswa A levelnya adalah A atau B, bahkan 33% di antaranya mencapai nilai AAA atau lebih, 6 siswanya diterima di Cambridge University, 17 siswanya diterima di The London School of Economics (Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas Ekonomi yang paling bergengsi di UK versi majalah Times) dan 16 siswanya diterima di Imperial College, London.

Semua perguruan tinggi itu adalah impian siswa seluruh dunia yang sangat susah “ditembus” dan hanya siswa berprestasi yang disiapkan secara intensif yang mendapat kesempatan diterima.

Fakta lain menunjukkan bahwa lebih dari 400 siswa Bellerbys College diterima diberbagai universitas di UK, 25% di antaranya melanjutkan ke top 20 universitas di UK, 15% siswa FP-nya mencapai nilai yang tinggi (75% atau lebih) dan lainnya diterima di berbagai universitas terkemuka di UK dan daftarnya dapat dilihat di brosur Bellerbys College. Siswa di Bellerbys College akan mendapat pengajar yang terbaik yang semuanya menguasai bidangnya masing-masing (dengan latar belakang Sarjana atau Pasca Sarjana) dan berpengalaman mengajar pelajar internasional. Dan yang lebih menggembirakan, setiap kelas hanya berisi 10 siswa saja untuk memastikan setiap siswa diharapkan dapat menyerap pelajaran lebih baik daripada kelas yang diisi oleh banyak murid. Juga bagi yang ingin program Master di top university di UK seperti Warwick Univ, Manchester Univ atau New Castle Univ maka dapat mengambil program Pre-Masters atau Masters Qualifying Programme, di sini Anda dipersiapkan untuk dapat menerima perkuliahan deprogram Master dengan lebih lancar dan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Bayangkan, jika Anda tanpa kelas persiapan langsung kuliah diprogram Master, jika waktu belajar Anda lebih lama dari waktu yang disediakan, ini sama saja karena Anda juga membuang waktu dan biaya yang lebih besar.
Berikut ini adalah pernyataan dari beberapa petinggi universitas terkenal yang telah menerima siswa lulusan Bellerbys College:

“Saya terkesan dengan para mahasiswa yang kami terima dari Bellerbys College. Mereka terlihat sangat dipersiapkan, baik bidang akademis maupun bidang sosialnya. Untuk kehidupan kampus yang sangat bersaing, jelas mereka akan merasakan manfaatnya (dengan belajar di Bellerbys College)”. Dr Gwyn Brown, Dean of International Students, Director - International Office University of Surrey.

“Pengalaman universitas kami adalah dimana para mahasiswa yang telah memenuhi syarat yang ditetapkan dan telah diterima di Loughborough University telah membuktikan bahwa mahasiswa tersebut telah dipersiapkan dengan baik dan telah disesuaikan pada jenjang yang ada di sini”. Jonathan Clapham, Deputy Director International Office, Loughborough University.

“Pengalaman kami mengenai para siswa yang telah menyelesaikan program di Bellerbys College sangat bagus. Setiap siswa yang ditransfer dari Bellerbys College telah dapat menyelesaikan dengan sukses program yang kami miliki”. Professor Aiden Berry, Head of the University of Brighton Business School.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya kuliah, permulaan sekolah dan lain-lain silahkan hubungi kami.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dan memerlukan brosur sekolah ini atau sekolah lainnya maka dapat menghubungi kami di 7051 2455 atau kirim email ke arvi@cbn.net.id. Kami akan segera mengkirimkan brosur tersebut ke alamat Anda. Pertanyaan dari seluruh pembaca AdInfo untuk berbagai masalah sekolah ke luar negeri akan dimuat secara bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.