Jumat

Gilang Ramadhan Studio Drummer, Studio Baru di Gading Serpong

Bicara tentang drum, sudah pasti nama Gilang Ramadhan akan selalu terngiang. Sebagai musisi, penabuh drum, Gilang Ramadhan tak hanya dikenal di tanah air tapi juga diakui oleh dunia internasional. Eksistensi Gilang Ramadhan di jagad alat musik drum bukan cuma satu-dua tahun saja. Pengalaman dan keahliannya, diakui oleh banyak pihak.

Sebagai seorang musisi yang peduli dengan masa depan blantika musik tanah air, Gilang Ramadhan mendirikan Gilang Ramadhan Studio Drummer (GRSD), sebuah sekolah musik yang utamanya mempelajari alat musik drum. GRSD ini sudah aktif menyelenggarakan kegiatan belajar sejak satu tahun terakhir.

Hingga saat ini, GRSD telah hadir di 6 lokasi, yakni Kelapa Gading dan Bintaro (Jakarta), Samarinda, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Dan untuk komunitas kita, GRSD akan hadir di Ruko Diamond 3, Gading Serpong, Tangerang.

Dijelaskan oleh Managing Director GRSD, Dewi S. Agustina, GRSD memiliki kurikulum pendidikan yang tersusun dengan sangat baik. Para siswa GRSD, akan diberi materi pendidikan yang sistematis.

“GRSD hadir sebagai wadah pengembangan dan pendidikan musik Indonesia dengan metode pendidikan yang progresif. Selain itu, GRSD juga memiliki visi untuk meningkatkan kualitas generasi pemusik dalam negeri menjadi profesional,” kata Dewi menjelaskan.

Hal mendasar yang akan dipelajari siswa GRSD adalah ritem. Menurut Gilang Ramadhan, ritem adalah suatu hal yang mendasar dalam kehidupan manusia. “Rhythm of life merupakan kenyataan hidup. Saat manusia masih dalam kandungan, telah ada denyut kehidupan yang berdetak dan juga dirasakan oleh sang ibu. Ada ritme tempo yang terus berlanjut sejak bayi hingga dewasa,” tegas Gilang.

GRSD mempunyai sistem program pendidikan drummer mulai dari kelas pemula dengan durasi 45 sampai 90 menit. Kelas yang dibuka, disediakan untuk anak-anak, remaja, dan dewasa.

Selain kelas drummer, GRSD juga menyelenggarakan kelas band, yakni kelas untuk bidang (alat musik) lain di luar drum. Meski menyediakan pendidikan musik berkelas, biaya pendidikan di GRSD ini terbilang cukup murah. Biaya pendidikan GRSD Rp 150 ribu per bulan.