Jumat

Robotics Education Centre, Pemandu Terbaik Merakit Robot

Seiring perkembangan teknologi, dunia robot kini telah merambah masuk ke dunia pendidikan. Tak hanya di perguruan tinggi, di jenjang SD, SMP, SMU pun ilmu rakit merakit robot sudah diperkenalkan. Hal ini tentu merupakan terobosan baru yang sangat luar biasa.

Mempelajari teknik merakit robot memang tidak mudah. Butuh pemahaman yang apik sekaligus panduan dari guru yang profesional. Dan untuk mendapatkan itu semua, telah hadir Robotics Education Centre yang akan membimbing anak-anak mulai dari usia SD hingga SMU.

Robotics Education Centre yang berlokasi di Ruko Orlin Arcade II, Graha Raya Serpong ini menghadirkan kursus yang mengajarkan anak didiknya tentang sistem robotic yang sederhana, mulai dari prinsip kerja, komponen-komponen, sensor-senor, dan programming. “Untuk bahan pelajarannya, kami menggunakan set robot mindstorm dari Lego,” kata Pengelola Robotics Education Centre, Ferdi.

Lebih jauh Ferdi menjelaskan, program kursus membuat robot dari Robotics Education Centre ini dibagi menjadi 5 level, yaitu beginner, mechanic & engineering, basic I & II, intermediate, dan advance. Masing-masing level bisa diselesaikan dalam waktu antara 3 sampai 6 bulan.

Dalam setiap kelas kursus robotic di tempat ini, minimal diikuti 2 siswa dan maksimal 4 siswa. Pertemuan kelas diadakan 1 kali seminggu, dengan durasi selama 90 menit. Untuk kegiatan belajar, para siswa akan diberi worksheet dan dipinjamkan peralatan robot untuk praktik.

“Jika ingin belajar di rumah, Robotics Education Centre juga menyediakan alat-alat set robot. Sekedar informasi, peralatan ini tidak dijual bebas di pasaran. Hanya bisa didapat melalui lembaga-lembaga pendidikan kursus robot seperti Robotics Education Centre ini,” jelas Ferdi menambahkan.