Jumat

Studi di Dalian Medical University, Cina

Diasuh oleh KARSONO dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Beberapa tahun terakhir, minat pelajar Indonesia melanjutkan studi ke Cina meningkat. Mereka tidak saja dari keluarga Tionghoa yang menggunakan bahasa Mandarin sehari-harinya tapi juga pelajar Tionghoa yang tidak mengenal bahasa Mandarin sama sekali. Mereka bertekad mendalami terlebih dulu bahasa Mandarin sekitar 1 tahun sebelum melanjutkan ke berbagai fakultas yang ada di Cina.

Bagi mereka yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran, kini tak perlu kuatir karena Dalian Medical University (DMU) (www.dlmedu.edu.cn) menawarkan perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris.

Tahun ini DMU telah berusia 62 tahun, yang merupakan usia yang cukup bagi suatu universitas untuk diterima masyarakat dan mendapat pengakuan dari Pemerintah China.

Semula dikenal sebagai Guandong Medical College dan sejak 1949 bergabung dengan Dalian University, dan namanya menjadi Dalian Medical University. Saat ini, DMU telah berkembang menjadi universitas medis multi-disiplin yang menawarkan berbagai program seperti arts, science, management, dan lain lain.

Dengan pengembangan yang eksensif, DMU telah menjalin hubungan dengan 75 universitas dan 38 lembaga riset di 27 negara, termasuk The State University of New York (USA), Curtin University of Technology (Australia) dan State Medical University of VolgaDnepr (Ukraine), dan lainnya.

Kampus baru DMU terletak di wilayah selatan Cina, tepatnya di Lvshun Binhai Road, Dalian, Liaoning. Letak kampusnya dapat dilihat di Google Earth dan masukkan alamatnya Zhongshan Road, Dalian, Cina. Kota ini terletak di semenanjung sebelah timur Beijing.

Terdapat 45 gedung yang terpisah satu dengan yang lainnya dimana South Campus adalah area utama untuk pengajaran, tempat tinggal dan olahraga. Sedang North Campus adalah untuk proyek program yang ke dua.

Program yang ditawarkan, MBBS (Bachelor of Medicine) 6 tahun akademis, BDS (Bachelor of Dental Surgery) 5 tahun akademis dan Master of Medicine (lebih dari 30 spesialisasi) selama 3 tahun akademis.

Biaya kuliah baik untuk Under Graduate maupun Post Graduate yaitu RMB 30,000 (Rp 52,50 juta). Bagi yang ingin mengikuti perkuliahan dengan pengantar bahasa Mandarin juga tersedia.

Biaya akomodasi asrama mahasiswa sekitar RMB 12,000 per tahun single room (Rp 21 juta) dan untuk double room RMB 7,000 – 8,000 per tahun per orang (Rp 12,25 juta s/d Rp 14 juta) dengan catatan 1 RMB = Rp 1.750,-.

Tersedia 6 gedung asrama seluas 30 ribu m2 dengan 5 ruang makan seluas 500 m2 dan ada juga 2 toko buku dan 1 hotel dengan 200 kamar untuk para keluarga yang akan mengunjungi putra-putrinya.

Awal kuliah semester 1 (autumn semester) berlangsung dari September-Januari dan semester 2 (spring semester) berlangsung Maret-Juli.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau anda memerlukan brosur DALIAN MEDICAL UNIVERSITY, maka Anda dapat menghubungi kami di 7051 2455 atau di arvi@cbn.net.id. Pertanyaan dari seluruh pembaca AdInfo untuk berbagai masalah sekolah ke luar negeri akan dimuat secara bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.

Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

Wah ini postingan yang sangat menarik sekali. Sangat berguna, terima kasih. Salam kenal :)