Minggu

Liputan Usaha Bengkel Mobil - Berkembang dengan Merek Mobil Tertentu


Di tengah mobilitas manusia yang makin tinggi, keberadaan alat transportasi terutama mobil jelas sangat dibutuhkan. Pun begitu, bagi yang memiliki kendaraan roda empat ini ada baiknya tahu bagaimana merawat mobil, atau setidaknya mengetahui bengkel mobil yang tepat untuk merawat atau memperbaiki mobilnya.

Meski akhir-akhir ini tengah dilanda krisis global, namun secara umum, dalam satu dasawarsa terakhir, perekonomian negeri ini bisa dibilang berangsur membaik. Akibatnya, banyak warga masyarakat yang dapat hidup layak dan sejahtera. Terlebih ada sebagian yang hidup lebih dari cukup dengan memiliki banyak harta, seperti rumah, apartemen, atau mobil.

Di sekitaran Jabotabek khususnya, jumlah mobil yang ada terbilang sangat banyak. Jumlahnya mungkin ada ratusan ribu unit atau bahkan lebih. Melihat kondisi ini, jelas jika mengatakan bengkel mobil merupakan potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, setiap mobil minimal butuh perawatan, dan perawatan itu hanya bisa dilakukan oleh bengkel mobil.

Setiap produsen mobil memiliki bengkel resminya masing-masing. Pun begitu, bengkel independen yang dikelola perorangan juga ada, dan bahkan bisa bersaing dengan bengkel-bengkel resmi tadi.

Kunci utama dalam bisni bengkel mobil sebenarnya terletak pada pelayanan dan mekanik. Kedua hal ini cukup penting adanya. Pelayanan jelas harus yang terbaik, jangan asal ‘tembak’ dalam menangani setiap keluhan konsumen yang datang. Kemudian untuk mekaniknya, akan semakin lebih baik jika yang bekerja adalah orang yang berpengalaman dan mengenal mobil beserta seluk beluknya dengan sangat baik.

Dalam bengkel mobil, tersedia banyak layanan. Utamanya adalah jasa servis dan perbaikan. Jasa ini dilengkapi juga dengan penyediaan suku cadang.

Mobil yang beredar di tanah air, berasal dari banyak pabrikan. Sejumlah merek mobil ternama hadir mengembangkan industri otomotif Indonesia. Masing-masing mobil dari tiap produsen punya karakter sendiri-sendiri. Dan untuk perawatan atau perbaikannya sudah pasti juga butuh pemahaman akan masing-masing karakter mobil tadi.

Variasi jasa

Dalam perkembangannya, bisnis bengkel mobil di luar bengkel resmi mengususkan jasanya pada jenis mobil dengan merek tertentu. Dengan cara ini, keunggulan yang dimiliki bisa semakin ditonjolkan.

Jasa yang terspesifikasi, begitu memang seharusnya untuk dapat bersaing dengan bengkel mobil lainnya. Terlebih, jumlah bengkel mobil yang ada di sekitar kita bukan satu dua jumlahnya, tapi banyak. Agar dapat bertahan, tentu harus ada nilai lebih yang dimiliki.

“Sejak awal kami memang terampil dan terlatih menangani mobil Peugeot. Karena itulah, bengkel kami hanya menyediakan layanan untuk mobil-mobil Peugeot,” kata Willy, Pengelola bengkel mobil Kencana Mas.

Tak hanya jenis mobil, jenis layanan juga dapat dibedakan. Seperti bengkel PitStop 2 BSD. Tidak seperti bengkel mobil lainnya yang menyediakan jasa perawatan dan perbaikan hingga ke masalah yang berat, PitStop 2 BSD justru hanya menyediakan layanan perawatan ringan semisal ganti oli, ganti ban, atau spooring dan balancing.

“Di kawasan Serpong ini, kebanyakan mobil yang ada adalah mobil-mobil baru. Menurut kami, mobil baru tak begitu perlu layanan servis berat. Yang dibutuhkan justru servis ringan yang cepat,” kata Ivan Mexroy, Pengelola PitStop 2 BSD yang berada di kawasan Ruko Golden Boulevard, BSD.

Dalam bengkel mobil, berbagai jenis layanan memang dapat dikerjakan secara bersama-sama atau terpisah. Misalkan, ada sebuah bengkel hanya mengerjakan perbaikan atau mengganti spare parts mesin mobil, ada juga yang hanya mengganti oli mesin dan yang berhubungan dengan oli, ada yang hanya mengganti knalpot, ada pula yang hanya mencuci mobil, dan sebagainya. Mereka yang mempunyai modal besar dapat melakukannya sekaligus yang dikenal dengan one-stop shopping bengkel mobil.

Bengkel mobil memang memiliki pelayanan yang luas dengan jalur pemasukan yang banyak pilihan. Karenanya tak salah jika bengkel mobil disebut sebagai bisnis emas yang sangat menjanjikan.

Bengkel waralaba

Bisnis bengkel mobil memang mengundang rezeki. Pasalnya, jika sudah merasa cocok, konsumen pemilik mobil hanya percaya pada satu bengkel. Dengan begitu, si pemilik mobil tadi akan menjadi pelanggan tetap dari bengkel mobil itu. Bengkel mobil tidak sekedar menjual jasa, tapi juga menjalin komunikasi untuk menimbulkan rasa saling memahami dengan konsumennya.

Memulai bisnis bengkel mobil memang butuh pengetahuan teknis yang lumayan. Tapi, sekarang ini, dengan berkembang sistem usaha waralaba, Anda yang tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang mobil juga bisa ikutan menggeluti bisnis jasa otomotif ini.

Caranya adalah dengan membuka bengkel mobil yang menjual dan memasang suku cadang. Tak perlu pengetahuan khusus, tinggal membeli waralaba dari bengkel terkenal.
Pun demikian membuka bengkel mobil waralaba juga ada syaratnya, antara lain punya modal dan lokasi strategis. Bagai meluncur di jalan bebas hambatan, bisnis mobil melaju kencang.

Dengan waralaba ini, Anda bisa langsung membuka bengkel dan menyandang nama yang sudah beken. Anda tak perlu pusing memulai semuanya dari awal. Pewaralaba yang akan memasok semua suku cadang, melatih para mekanik Anda, menetapkan standar kualitas pelayanan, sekaligus mengawasinya.

Contoh bengkel mobil yang berkonsep waralaba adalah bengkel Shop & Drive yang ditawarkan oleh PT Astra Otoparts Tbk. Kemudian ada bengkel Fast, yang dihadirkan oleh PT Wacana Mitra Perkasa. Keduanya tidak menawarkan waralaba bengkel yang memperbaiki kerusakan mesin mobil, tetapi hanya menjual dan memasangkan suku cadang baru. Sederhana bukan.

Pentingnya mekanik

Sementara itu, usaha bengkel membutuhkan setidaknya satu mekanik yang cukup andal dengan pengalaman sekitar 10 tahun agar bisa memberikan instruksi kepada beberapa pembantu mekanik yang mulai belajar perbaikan mesin.

Mekanik senior ini harus dibantu satu mekanik yang lebih muda pengalamannya sebagai pengganti mekanik senior ketika ada pelanggan lain datang, yang dikenal sebagai asisten supervisor mekanik.

Kedua mekanik ini harus bisa bekerja sama untuk keharmonisan usaha bengkel serta instruksi yang baik kepada mekanik junior. Bila pemilik dana ingin membuat bengkel yang besar, kedua mekanik sangat dibutuhkan. Namun, bila pemilik dana ingin membuat bengkel kecil, hanya satu mekanik senior atau asisten supervisor mekanik saja yang diperlukan.

Mekanik sangat berperanan dalam rangka kelangsungan usaha, pemilik dapat melakukan profit sharing atas keuntungan yang diperoleh. Artinya, pemilik dana harus transparan dalam pendapatan yang diperoleh. Transparansi tersebut sangat penting supaya para mekanik ini mempunyai kepuasan bekerja.

Peluang usaha di komunitas

Di komunitas kita, bisnis bengkel mobil terus tumbuh dan berkembang. Banyak bengkel mobil baru bermunculan, dengan menawarkan beragam kelebihan. Sementara itu, di kawasan Serpong, BSD, dan Gading Serpong, ada beberapa titik lokasi yang sengaja disediakan oleh pengembang setempat untuk menjadi pusat bisnis otomotif alias bengkel mobil. Dengan begitu, hal ini menandakan jika bisnis bengkel mobil punya tempat yang khusus di hati masyarakat luas, terutama para konsumennya.

Para pemilik mobil yang ada di kawasan Serpong memang dimanjakan untuk urusan perawatan dan servis mobil. Mereka bisa memilih bengkel sesuka hati. Dari sekian banyak pilihan, pasti ada satu dua yang cocok pelayanannya.

Dari banyak pilihan itu, bengkel mobil tentunya juga bersaing untuk urusan biaya. Sekali lagi, dengan begitu, konsumen yang memilih bisa jadi mendapat harga yang hemat dengan kualitas pelayanan yang terbaik.

Bisnis bengkel mobil di komunitas memang berpeluang sukses. Sebab, populasi mobil di kawasan ini sangat banyak. Tak hanya pemain lama, muka-muka baru yang menggeluti bisnis bengkel mobil juga bisa kecipratan rejeki.

Peluang memang ada, tapi jangan lupa ada juga kendala yang menghadang bisnis bengkel mobil seperti penuturan Toni, Pengelola Anugrah Motor, menurutnya akhir-akhir ini karena krisis global harga spare part merangkak naik. Karena hal ini terjadi penurunan omzet di bengkelnya. “Sebenarnya ada banyak kendala di bisnis bengkel mobil. Yang paling hangat, ya krisis global. Karena krisis, harga suku cadang naik. Konsumen yang datang jadi agak sepi,” tukasnya.

Di bisnis bengkel mobil, peran suku cadang sangat penting. Jika harga suku cadang naik, konsumen akan sedikit merengek. Hal seperti ini yang harus diantisipasi oleh pengelola bengkel mobil.

Nah, bagi pemilik mobil, di tengah masa yang serba mahal, ada baiknya mulai hidup hemat. Untuk mobil, hindari kerusakan fatal dengan melakukan perawatan rutin secara teratur. Dengan begitu, pengeluaran untuk merawat mobil Anda bisa ditekan sehemat mungkin.

Tetap dicari

Bengkel mobil akan selalu dibutuhkan. Bisnis ini tidak pernah sepi. Setiap pemilik mobil pasti akan memerlukan bantuan dan jasa bengkel mobil. Seperti bahan bakar minyak untuk kendaraan, bengkel mobil sama pentingnya.

Bagi para konsumen, memilih bengkel mobil juga tak bisa sembarangan. Meski banyak pilihan, alangkah baiknya jika menyeleksi terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Cara yang termudah adalah dengan meminta referensi dari teman atau kerabat dekat, cari informasi bengkel mana yang pelayanannya bagus.

Soal biaya, mungkin relatif. Dari satu bengkel mobil ke bengkel lainnya, harga dan tarif tak akan berbeda jauh. Tapi, sekali lagi, yang jelas kentara perbedaannya adalah kualitas dan personal approach–nya si pengelola bengkel. Komunikasi antara pengelola bengkel dengan konsumen juga terbilang penting.

Pada bisnis bengkel mobil, kejujuran mutlak sangat dibutuhkan agar bisa sukses. Dalam melayani konsumen, akan sangat baik jika pengelola bengkel terbuka akan masalah dan biaya yang akan dihadapi konsumen. Jika sudah begini, konsumen akan semakin memahami pengelola bengkel, dan mungkin akan suka kepada bengkel tersebut.

Seiring perkembangan teknologi dunia otomotif, bengkel mobil juga harus terus berinovasi. Terutama untuk peralatan dan skil para mekanik. Semakin bagus mabil yang dilayani, semakin canggih teknologi yang digunakannya.

Meski krisis, bisnis bengkel mobil akan senantiasa berlari kencang. Bisnis ini sudah seperti bisnis utama di kota-kota besar. Banyaknya kendaraan atau mobil yang berlalu lalang, memungkinkan bisnis bengkel mobil eksis sepanjang jaman.