Rabu

Enam Kompleks Terlewati

Proyek jalan tol Kunciran-Serpong-Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 26,4 kilometer bakal melintasi enam kompleks perumahan dan kawasan niaga di wilayah Kota Tangerang.

Daerah-daerah yang dilintasi proyek tol ini adalah kawasan niaga Cengkareng Business Centre, Daan Mogot Arcadia, Kota Modern, Banjar Wijaya, Alam Sutera, dan Duta Bintaro.

Kepala Subbidang Sarana dan Prasarana, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Hadi Baradin kepada Kompas, Senin (11/2), menjelaskan, tim Direktorat Jasa Marga Departemen Pekerjaan Umum dalam sepekan ini ke lapangan dan mengecek daerah yang akan dilintasi proyek tol tersebut.

Hadi menambahkan, Pemkot Tangerang berkepentingan agar proyek tol ini tidak menimbulkan persoalan dalam masyarakat. Karena itu, sebelum ada kesepakatan dengan investor, daerah mana saja yang dilintasi, dicek ke lapangan lebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah.

"Soalnya daerah di Kota Tangerang daerah padat penduduk. Jadi, kami harus lebih hati-hati. Kami berharap pembebasan lahan mengutamakan solusi yang baik untuk warga dan investor," kata Hadi.

Kepala Bappeda Kota Tangerang Dadang Durachman menjelaskan, Dirjen Bina Marga Hermanto Dardak hari Senin pagi meninjau calon lokasi tol Kunciran-Serpong- Bandara dan jalan arteri di sisi tol Tangerang-Jakarta yang akan dibangun.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang Benyamin Davnie menjelaskan, proyek tol Serpong-Tigaraksa sepanjang 30 km diharapkan terwujud. Jalan tol ini akan melintasi lima kecamatan dan membuka wilayah Tangerang barat. (KSP)-(Kompas, 12/02/08)