Senin

Taman Wisata Tirta Sanita Ciseeng, Mandi Air Panas di Bukit Kapur

Padatnya aktivitas terkadang membuat jenuh. Butuh suatu penyegaran agar tubuh dan pikiran ini bisa kembali prima. Dan salah satu cara untuk menyegarkan diri adalah dengan berekreasi. Tapi terkadang tempat rekreasi yang didambakan berada jauh di luar kota, selain akan memakan waktu juga butuh dana yang tidak sedikit.

Di waktu yang terbatas, kita harus pandai memilih lokasi tujuan berwisata. Jika ternyata di sekitar kita ada tempat wisata yang menjanjikan dan murah meriah, tak ada salahnya untuk mencoba.

Berwisata pun akan lebih menyenangkan jika berkunjung ke tempat wisata alam. Selain dapat menyegarkan diri, kita juga bisa mengagumi keindahan alam yang begitu luar biasa.

Sesungguhnya, kawasan taman wisata alam adalah kawasan pelestarian alam dengan tujuan utama untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pariwisata dan rekreasi alam. Taman wisata alam bisa dikelola oleh pemerintah dan swasta. Seperti tempat wisata air panas Tirta Sanita, Ciseeng.

Air panas Tirta Sanita, Ciseeng merupakan salah satu obyek wisata yang unik, di mana sebuah bukit kapur yang terletak ditengah-tengah pesawahan mengeluarkan air panas dengan kadar belerang yang tinggi. Apabila dilihat dari kejauhan, bukit kapur ini akan terlihat seperti bukit yang bersalju karena pantulan kapur yang berwarna putih terdispersi oleh aliran air panas yang keluar di dalamnya.

Objek wisata alam ini merupakan pemandian air panas dengan panorama yang indah dan udara yang sejuk. Suguhan pemandangan persawahan yang cukup luas serta panorama pemandangan alam yang rimbun oleh pepohonan semakin menambah ketakjuban kita akan fenomena alam yang jarang ditemui ini.

Kandungan kadar belerang yang tinggi di air panas Ciseeng ini sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk terapi penyembuhan beberapa penyakit, terutama penyakit kulit dan reumatik. Areal di sekitar air panas ini juga kerap dipakai oleh beberapa wisatawan dengan melakukan aktivitas camping.

Sebenarnya, di sekitar lokasi Ciseeng, Kabupaten Bogor terdapat beberapa tempat wisata air panas. Namun di antara beberapa sumber mata air panas yang ada di daerah ini, hanya lokasi pemandian air panas Tirta Sanita-lah yang dikelola sebagai tempat tujuan wisata.

Terletak sekitar 20 kilometer arah selatan dari Serpong, wisata air panas Tirta Sanita menyajikan wisata alam yang begitu kental. Dijelaskan oleh Pengelola tempat wisata ini, H. Mulyana, Tirta Sanita menawarkan wisata alam berupa air panas serta petualangan alam.

“Intinya, ada dua bentuk wisata yang kami sediakan, yaitu pemandian air panas dan petualangan outbond,” kata H. Mulyana.

Pertama-tama, ketika menginjakan kaki di tempat wisata ini, pengunjung akan menemui sebuah pintu gerbang sekaligus tempat pembelian tiket masuk. Tiket masuk ke lokasi pun terbilang cukup murah. Harga tiket ditetapkan sebesar Rp. 5 ribu per orang untuk hari biasa, dan Rp 6 ribu untuk hari libur.

Memasuki gerbang pemandian air panas Tirta Sanita, tampak deretan pohon palm raja teratur rapi di sisi kiri dan kanan. Beberapa meter kemudian pengunjung akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang merupakan sentral dari lokasi pemandian ini. Kombinasi warna putih, abu-abu dan hitam terpadu dengan kontrast, serasi dengan warna hijau dedaunan pohon yang cukup banyak tumbuh di sekitarnya. Pada beberpaa bagian dari bukit ini dipahat menyerupai anak tangga sehingga memungkinkan pengunjung untuk mendakinya.
Di atas bukit kapur, terdapat sebuah kolam kecil yang berisi air. Bau belerang cukup menyengat pada air tersebut dengan warna putih kehijau-hijauan.

Wisata air panas Tirta Sanita menyediakan beberapa kolam pemandian air panas. Di sini terdapat kolam renang untuk anak-anak. Kolam ini ukurannya tidak begitu luas, kerana memang hanya diperuntukan bagi anak-anak. Untuk kolam renang anak ini, tarif masuknya sebesar Rp 4 ribu.

Setelah kolam anak, ada kolam air panas untuk orang dewasa. Kolam ini dibentuk dalam kamar-kamar kecil, dengan ukuran 2x2 m. Tarif kolam dewasa sebesar Rp 6 ribu. Dan yang terakhir adalah kolam air panas VIP yang juga diberada dalam ruangan namun dengan ukuran yang lebih besar. Tarif masuknya Rp 10 ribu.

“Ada beberapa kolam pemandian yang kami sediakan. Tempat wisata ini terbuka bagi siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa,” lanjut H. Mulyana.

Bermandi ria di Tirta Sanita ini, pengunjung tak perlu takut akan kelaparan atau kehausan, karena banyak sekali penjual makanan dan minuman di dalam kawasan ini. Bahkan begitu Anda duduk, langsung ditawarkan kelapa muda juga makanan lainnya. Selain itu, ada juga restoran yang menyajikan makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Rasanya pun lumayan enak, restoran ini terletak di tengah danau.

Jika bosan bermain air, wisata outbond rasanya perlu dicoba. Pengalaman menegangkan akan terasa lewat permainan flying fox, yang berupa meniti tali dari atas bukit kapur hingga tengah pinggir kolam. Kemudian, bagi anak-anak terdapat arena mainan anak yang berupa mobil atau motor yang menggunakan batere.

Lebih jauh H. Mulyana menuturkan, untuk semakin memeriahkan tempat wisata ini, setiap akhir pekan diadakan pertunjukan musik langsung. Hiburan musik ini semakin mengajak pengunjung yang datang untuk melepaskan segala kepenatan. “Kami ingin pengunjung yang datang ke tempat wisata ini dapat benar-benar merasa senang. Karenanya, setiap Minggu selalu kami adakan hiburan musik,” pungkas H. Mulyana.

Taman wisata Tirta Sanita dapat menjadi pilihan lokasi liburan yang tepat bagi warga komunitas. Selain murah meriah, lokasinya pun tak jauh dari komunitas ini. Melihat keindahan alam yang ditawarkan, rasanya pantas bila menyebut tempat wisata ini sebagai taman wisata alam yang bermanfaat melepas kepenatan.

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini bagus & berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer,anda bisa mempromosikan artikel anda di Infogue.com.Telah resedia plugin/widget.Kirim artikel&vote yg terintegrasi dgn instalasi mudah. Salam Blogger!
http://www.infogue.com

Benakribo mengatakan...

wahh nice banget nih, hehe, hari ini gw mo ksana ! yeyy

Hakimtea mengatakan...

Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)