Jumat

Nail Art, Makin Cantik dengan Kuku Berhias

Memiliki kuku yang indah nan cantik adalah pesona keinginan yang sudah dimulai sejak Dinasti Ming, di negeri Cina ketika kaum wanita bangsawan membiarkan kuku mereka panjang lebih dari 12 inchi. Untuk menjaga keawetan kuku, mereka memakai sarung yang terbuat dari emas dan perak.

Sekarang ini, para wanita pun sudah memiliki cara untuk menjaga kuku-kukunya agar tetap cantik dan terlihat indah. Ada beberapa cara menghias kuku yang bisa digunakan oleh kaum hawa dalam menghias kuku di jari jemarinya. Di antaranya adalah dengan artificial nails atau kuku palsu yang terbuat dari UV Gel, Acrylic dan Acrygel.

Di samping itu, agar terlihat lebih indah dan nyentrik, kuku bisa juga dihias dengan berbagai gambar, ornamen dan warna di atasnya. Bahan yang digunakan untuk menghias tersebut bisa bermacam-macam di antaranya adalah dengan menggunakan bubuk acrylic atau bahkan stiker.

Dijelaskan oleh Ayu, pengelola Juliette House of Beauty WTC Matahari, dengan bubuk acrylic kita bisa membuat kreasi tersendiri dengan warna yang colorful. Kita juga bisa membuat gambar apa pun seperti bunga, kartun, pita atau kupu-kupu misalnya. Seperti halnya kita melukis dengan cat air, bubuk acrylic yang akan menjadi media untuk menghias kuku tersebut akan dicampur dengan acrylic liquid agar mudah dalam membuat hiasan atau gambar.

“Jika dibayangkan, cara pengerjaannya cukup rumit karena media gambarnya (kuku) cukup kecil. Perlu ketelitian dalam membuatnya agar gambar yang kita buat bagus dan jelas,” kata Ayu.

Hiasan kuku dengan cara tersebut bisa dilakukan di atas kuku asli maupun kuku palsu. Daya tahan hiasan berbeda-beda, dibanding dengan kuku asli, hiasan yang dibuat di atas kuku palsu ketahanannya bisa mencapai sekitar 1 bulan.

Harga yang ditawarkan untuk melukis kuku tersebut tergantung dari jari yang ingin dihias. Untuk satu jari atau kuku, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 10.000. Harga pun tergantung dari tingkat kesulitan gambar yang diinginkan.

Lebih jauh Ayu menegaskan, lama pembuatan kuku hias tergantung dari tingkat kesulitan gambar. Untuk satu jari saja, bisa memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Bahkan, jika semua tangannya di hias, bisa seharian penuh.

Kemudian, kalau ingin praktis, ada juga cara menghias kuku dengan kuku palsu yang sudah diberi gambar. Lebih dari itu, ada juga cara menghias kuku dengan stiker 3 dimensi yang terbuat dari bahan berbusa dan plastik. Stiker yang kebanyakan dipasok dari Jepang dan Korea tersebut kedap air dan bisa bertahan sekitar 1 mingguan. Cara menghias kuku dengan stiker bisa lebih mudah apabila dibandingkan dengan lainnya walaupun tetap memerlukan ketelitian karena ukurannya yang kecil.

Hias kuku atau nail art merupakan satu bagian dari proses mempercantik diri. Tak hanya kulit atau rambut, dengan kecanggihan teknologi dan berbagai perangkatnya, kuku yang mungil pun dapat pula dirias sehingga penampilannya makin trendi.