Jumat

Hal yang Memengaruhi Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi dan mulut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan. Banyak orang memberi penilaian bahwa beberapa makanan dan zat tertentu membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Lalu, makanan apakah yang bisa menimbulkan masalah pada gigi?

Dikutip dari situs kesehatangigi.blogspot.com, memang beberapa makanan mempunyai efek tertentu terhadap reaksi gigi, coklat misalnya. Coklat dianggap merusak gigi, namun kandungan nutrisi dan efek coklat untuk tubuh sangatlah penting. Apakah kita harus menjauhi coklat karena ingin gigi kita sehat?

Sebenarnya tidak ada makanan yang perlu dijauhi untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat. Semua itu kembali pada proses dan waktu, yang menjadi masalah dalam hal ini adalah sisa-sisa makan yang masih menempel pada gigi.

Sisa makanan yang menempel pada gigi akan bereaksi dengan penghuni mulut yang lain seperti enzim, saliva, bakteri, kuman, asam, atau basa. Reaksi yang terjadi adalah penguraian sisa makanan yang nantinya dapat menyebabkan karies atau gigi berlubang. Selain itu, masalah yang juga ditimbulkan adalah bau mulut.

Proses terjadinya penguraian makanan itu memerlukan waktu, jadi sebaiknya kita memotong proses tersebut dengan menggosok gigi secara teratur. Apabila kita dapat memotong proses tersebut dengan rutin menggosok gigi, masalah gigi dan mulut akan berkurang bahkan hilang.

Selain makanan, proses cara makan juga memengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita, seperti makan atau minum panas dan dingin secara bersamaan atau dalam rentan waktu yang singkat. Lebih dari itu, cara makan seperti ini juga tidak baik untuk pencernaan.

Dalam konteks menjaga dan merawat kesehatan gigi, masih banyak yang menanyakan tentang waktu dan cara yang tepat untuk menggosok gigi.

Sebaiknya menggosok gigi dilakukan pada saat mulut tidak beraktifitas, karena pada saat ini terjadi proses penguraian atau pembusukan makanan dalam mulut yang nantinya akan menyebabkan karang gigi dan karies.

Sebagai contoh, waktu yang tepat adalah setelah kita sarapan pagi, karena pada saat ini kita sudah memotong proses dan menghilangkan sisa makan seperti yang telah dijelaskan tadi, dan pada malam hari sebelum tidur.

Menjaga dan merawat kesehatan gigi sungguh sangat penting. Bagi yang pernah mengalami sakit gigi, tentu tidak ingin merasakannya lagi. Karena itu, ketika gigi kita masih sehat, jaga selalu kebersihan dan kesehatannya.