Sabtu

Liputan Rumah Sakit - Bergeliat dengan Fasilitas Modern

Seiring berkembangnya wilayah Serpong, Karawaci, dan sekitarnya, diperlukan fasilitas kesehatan untuk masyarakatnya. Rumah sakit yang menjadi indikator kelengkapan fasilitas kesehatan banyak bertumbuh di komunitas tersebut. Bagaimana memilihnya?

Perkembangan pembanguan rumah sakit di beberapa penjuru negeri ini memang terlihat kian banyak dari segi jumlah. Karena tingginya kebutuhan masyarakat akan fasilitas kesehatan yang mumpuni, terkadang rumah sakit dikategorikan sebagai lahan bisnis yang cukup prospektif. Tidak heran, rumah sakit dikatakan sebagai industri yang banyak dilirik oleh investor, baik dalam maupun luar negeri.

Rumah sakit-rumah sakit pun harus memiliki berbagai program, layanan, dan fasilitas yang dapat melirik perhatian masyarakat. Misalnya, dengan menyediakan alat-alat kesehatan dengan teknologi terkini yang dapat membantu pemeriksaan atau penyembuhan suatu penyakit. Atau dengan menyediakan ruang rawat dengan fasilitas seperti hotel dengan pendukung lainnya.

Sehingga tidak heran bila keberadaan rumah sakit-rumah sakit tersebut sering diidentikan dengan kompetisi. Saling berebut masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit-rumah sakit tersebut. Tapi, bila diartikan demikian, sebagian besar rumah sakit yang diwawancarai AdInfo, merasa keberatan.

Mereka bilang, dengan banyaknya rumah sakit-rumah sakit yang tumbuh di wilayah ini, malah akan memberikan kontribusi yang positif terhadap masyarakat di sini. Mereka pun menganggap rumah sakit lain sebagai partner dalam memberikan layanan kesehatan buat masyarakat luas.

Jika harus menilai, rumah sakit mana yang bagus dan terbaik di wilayah ini, mungkin agak sulit. Bahkan boleh dibilang tidak etis dan susah harus dimulai dari mana. Pastinya, setiap rumah sakit berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik buat masyarakat.

Tidak dipungkiri bila masyarakat pun bingung untuk memilih karena pilihan rumah sakit yang semakin banyak. Namun, hal yang kerap dijadikan batasan untuk memilih adalah biaya. Masyarakat sering kali memilih rumah sakit dari kemampuan mereka dalam membayar biaya pengobatan.

Hal tersebut dikarenakan dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini masyarakat semakin diberikan banyak pilihan dalam memilih mutu pelayanan dari sebuah rumah sakit yang belakangan ini semakin banyak dari segi jumlahnya.

Sedangkan jika ditilik lebih mendalam, berinvestasi dalam dunia kesehatan memang harus diakui bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Dan mungkin hal tersebutlah yang membuat para kalangan pengusaha jaman sekarang ini mulai membidik area bisnis pembangunan Rumah Sakit.

Rumah Sakit sebagai bisnis

Menggeluti bisnis rumah sakit dalam era sekarang ini, ternyata memang bukanlah menjadi hal yang mudah dilakukan. Selain harus dapat bersaing dalam hal menyajikan peralatan dan tim medis yang berkualitas, untuk menghadapi geliat persaingan antar Rumah Sakit, setiap peneglola juga harus dapat menciptakan beberapa produk unggulan yang bersifat kekhususan seperti yang dilakuakn pihak pengelola Rumah sakit Putra Dalima yang memilih mengkhususkan pelayanan bagi ibu dan anak.

Dalam bisnis rumah sakit, pelayanan yang berkualitas menjadi kunci sukses. Dan yang disebut dengan pelayanan tidak lagi hanya sekedar memberi layanan berupa menyediakan alat-alat kedokteran yang canggih dan gedung yang tampak megah. Namun lebih mengarah kepada bagaimana melayani konsumen (pasien), ataupun keluarga pasien.

Dalam kelanjutannya, jika pelaku bisnis di bidang rumah sakit tidak mampu memberikan pelayanan dengan cukup maksimal, dipastikan rumah sakit yang dibangun dengan modal yang cukup besar tersebut akan mengalami kehancuran atau pertumbuhan yang tidak baik.

Dan guna meningkatkan keahlian para tenaga medisnya, sebuah instansi pengelola bisnis rumah sakit juga harus melengkapi tenaga medis yang akan melayani calon pasiennya dengan berbagai tambahan-tambahan pengetahuan. Seperti yang dilakukan pihak pengelola Rumah Sakit Eka Hospital yang terlebih dahulu membekali para calonnya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan agar kelak ketika perawat akan melayani pasiennya dapat menunjukan kualitas pelayanan terbaik.

Beralih ke prospek bisnis, jumlah rumah sakit di komunitas ini, terbilang layak untuk dikatakan cukup padat. Sebab masyarakat umum kini semakin banyak dapat melihat pembangunan yang baru dibuat. Entah itu rumah sakit berstandar internasional maupun yang skala biasa-biasa saja.

Untuk meraih sukses, sebuah institusi pengelola rumah sakit juga haruslah mendapatkan dukungan kualitas stafnya. Keahlian dalam melayani para pasien dan keluarganya dan kemampuan pengelola rumah sakit dalam memberikan ruang perawatan dan sekitar lingkungan yang terbilang bersih.

Bukan hanya itu saja, di dalam meraih kesuksesan merenggut hati para pasiennya, para pengelola rumah sakit di kawasan komunitas kita ini juga harus mengedepankan aspek yang namanya aspek sosial.

Menghadapi Persaingan

Ada kalanya seseorang yang merintis usaha menghadapi persaingan. Namun pada kenyataannya, ketatnya persaingan, bukanlah hal yang menjadi rintangan. Agar usaha rumah sakit ini berjalan baik, sebuah institusi pengelola rumah sakit harus dapat menghadapi persaingan tersebut dengan cara mensiasati persaingan yang cukup baik.

Rumah sakit dapat berjalan baik walau dengan persaingan yang ketat. Untuk itulah seperti yang dijelaskan di atas, rumah sakit haruslah bisa mengkaji strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran sendiri bukan hanya bisa mendapatkan total nilai penjualan yang baik namun lebih dari itu, pihak pengelola rumah sakit juga harus dapat menjaga kestabilan dari segi mutu pelayanannya.

Berikutnya, agar sebuah rumah sakit ramai dikunjungi oleh pasiennya, maka lakukan strategi promosi yang meliputi penyediaan tenaga ahli, menawarkan harga yang kompetitif, serta membuat variasi jasa.

Kemudian, aspek yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk menyelenggarakan sistem pengendalian keuangan, seperti buku transaksi pemasukan dan pengeluaran harian, buku laba rugi bulanan, dan lain-lain. Buatlah sistem pencatatan yang sederhana, yang tujuannya agar Anda dapat menjalankan usaha dengan tertib.

Dan yang terakhir, agar bisa mendapatkan untung yang besar, sebuah rumah sakit juga harus dapat memiliki target waktu tertentu dalam usaha mendapatkan sejumlah keuntungan yang hendak diperoleh. Karena bagaimanapun semakin sebuah rumah sakit bisa cepat mendatangkan keuntungan, itu artinya rumah sakit tersebut dapat segera mengembangkan lagi kualitas dari mutu pelayanan yang ia berikan kepada para pasiennya. Dan itu berarti keuntungan yang lebih lagi dari segi pelayanan dapat diperoleh oleh konsumennya.

Rumah Sakit di komunitas

Mencari rumah sakit di komunitas ini bukanlah perkara yang sulit. Sejauh mata memandang akan dengan mudah sebuah rumah sakit ditemukan oleh masyarakat luas. Bisnis rumah sakit dewasa ini dapat dikatakan sebagi salah satu bisnis yang tengah berkembang bahkan bisa dikatakan bisni di bidang ini telah menjadi salah satu bisnis primadona.

Kebanyakan rumah sakit yang hadir di komunitas kita kali ini, hadir di lokasi yang cukup strategis seperti lokasi-lokasi yang cukup banyak dilalui oleh banyak orang dan juga kawasan yang terbilang mudah dijangkau.

Lokasi memang menentukan. Tetapi, jika berbicara tentang kebutuhan konsumen, tentu salah satunya mereka akan memilih sebuah rumah sakit yang bukan hanya letaknya strategis melainkan aspek keramah tamahan dalam sebuah pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut.

Jadi, di mana pun lokasi rumah sakit tersebut tidak akan jadi masalah yang akan menentukan akan berkembang atau tidaknya rumah sakit tersebut.

Beralih ke soal tarif, rumah sakit biasanya menetapkan tarif yang hampir sama alias tak jauh beda. Entah dikoordinir atau tidak, dari hasil di lapangan, tarif yang diberlakukan beberapa rumah sakit di kawasan ini relatif hampir sama.

Dari tarif, kita singgung soal layanan kesehatan yang disediakan. Meski pada mulanya rumah sakit tempat seseorang mendapatkan perawatan kesehatan, namun dalam perkembangannya rumah sakit jaman sekarang sudah mulai memberikan pelayanan pada para pasiennya seperti sebuah hotel melayani para konsumennya.

Hal seperti ini sebenarnya bukan masalah, justru semakin baik karena segala sesuatunya butuh pengembangan. Tak hanya tarif yang selalu dikembangkan, pelayanan pun wajib dilebarkan.

Karena bagaimana pun di saat sebuah instansi rumah sakit ingin mendapatkan jumlah calon pasien yang terbilang banyak, maka mau tidak mau rumah sakit tersebut harus bisa menaikan lebih lagi mutu dari pelayanan yang diberikan kepada para pasien dan juga kepada sikeluarga pasien.

Hal tersebut dirasa sangatlah penting, karena dewasa ini banyak sekali jumlah masyarakat yang telah mengetahui bagaiman cara membedakan antara rumah sakit yang berkualitas tinggi dan mana yang tidak mempunyai kualitas yang tingi tersebut.

Lebih jauh, kalau kita berbicara mengenai pola pelayanan, biasanya yang dijadikan pusat perhatian khalayak dalam menilai pelayanan dari sebuah rumah sakit adalah dari segi aspek kebersihan yang tergambar dari lingkungan sekitar rumah sakit tersebut.

Fasilitas Rumah Sakit

Di seputar komunitas ini, kita bisa dengan mudah mendapati kian banyaknya jumlah rumah sakit - rumah sakit swasta yang bisa dikatakan mewah dan megah. Beberapa rumah sakit swasta yang notabenenya terbilang elit itu, dapat tampak oleh kasat mata, menggunakan beberapa fasilitas berupa alat-alat kedokteran yang terbilang canggih dan modern.

Dan sudah barang tentu, kalau kita melihat kecanggihan dari alat kedokteran yang digunakan para pengelola rumah sakit baru tersebut, sudah pasti total nilai investasi yang ditanamkan untuk membangun rumah sakit itu juga bisa dikatakan terbilang mahal, ataupun besar kisaran budget yang harus dikeluarkan.

Namun, walau jumlah total investasi yang dikeluarkan tersebut cukup besar, hal tersebut tidaklah membuat para kalangan investor menjadi ragu dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Sungguh besar mungkin nilaitotal investasi yang harus ditanam untuk membangun sebuah rumah sakit di kawasan komunitas kita, tetapi para kalangan investor tetap akan berani menginvestasikan dananya untuk berkecimpung dibidang pembangunan rumah sakit karena keuntungan yang akan diperoleh juga terbilang menjanjikan.

Walau terbilang sudah cukup canggih fasilitas-fasilitas yang digunakan oleh para pengelola rumah sakit yang terdapat dikomunitas kita, namun itu semua masih tetap tidak menjamin bahwa masyarakat di komunitas ini akan lebih memilih tidak berobat keluar negeri atau singkat kata dapat dikatakan, para calon pasien tersebut akan lebih memilih berobat di rumah sakit - rumah sakit yang terdapat di komunitas ini.