Kamis

Rumah Durian Harum, Selalu Manis

Bila sudah suka, apa pun akan dilakukan. Sama halnya dengan penyuka Durian. Di mana pun akan dicari tempat penjualannya, meski harus ke pelosok-pelosok desa.

Banyak masyarakat yang mengharapkan bisa mendapatkan rumah makan durian yang bukan hanya menjual buah-buahan berduri saja, tapi juga pelayanan yang memuaskan. Dengan alasan itulah, Rumah Durian Harum didirikan.

Dijelaskan Kepala Cabang Rumah Durian Harum, Mohamad Somadi, sejak didirikan bulan April lalu, tempatnya banyak mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama mereka yang tinggal di Serpong dan sekitarnya. Ini ditandai dengan banyaknya pengunjung yang datang tiap harinya.

Tidak seperti tempat lain yang hanya menjual durian ketika musim tiba. Di Rumah Durian Harum, sepanjang tahun, kita bisa menikmati durian. Bukan hanya durian lokal yang disediakan oleh tempat ini, tapi juga durian impor seperti, KanYao, Nokyb, Pongmanee, atau Monthong.

“Berbagai macam durian disediakan di sini. Durian lokal dari Medan, Banten, Pekalongan, atau Jepara, bisa dicari di sini. Begitu juga dengan durian impor yang sengaja didatangkan dari Thailand atau Malaysia,” kata Somadi.

Setiap harinya, Rumah Durian Harum banyak dikunjungi masyarakat pecinta durian. Menurut Somadi, setiap harinya, bisa habis sekitar 8 kwintal durian impor dan 80 kilogram durian lokal.

Durian favorit yang banyak dibeli orang adalah durian Monthong Salju yang sudah dibekukan dan bisa dimakan kapan saja. “Durian ini bisa dibeli dan dimakan orang kapan saja. Katanya, durian ini pun baik untuk kesehatan,” jelas Somadi.

Dalam menjaga kualitasnya, Rumah Durian Harum selalu menjaga tingkat kemanisan setiap durian. “Rasa manisnya harus bisa memenuhi keinginan konsumen,” kata Somadi.
Hal itu dibuktikan dengan mengetes semua durian yang akan dijual pada masyarakat. Caranya dengan menggunakan alat ukur yang memang dirancang untuk mengetahui tingkat kemanisan durian-durian yang akan dijual.

Ada pun menurut Somadi, untuk mengetahui ukuran dari tingkat kemanisan yang terdapat di dalam sebuah durian yang akan dijual pada konsumennya tersebut. Pihaknya telah memiliki tingkat kemanisan tertentu yang ditunjukan oleh alat pengukur kemanisan sebesar 20-29.

Rumah Durian Harum telah memiliki sedikitnya sekitar 3 buah cabang yang terletak di beberapa kawasan di Jabodetabek seperti, di kawasan Jalan Panjang, Serpong, dan kawasan Pondok Cabe. Di Serpong sendiri, terdapat sekitar 13 orang pelayan yang siap membantu masyarakat yang ingin menikmati manisnya durian.

Di samping durian, di tempat ini pun dijual berbagai produk olahan durian seperti, jus durian, kripik durian, permen durian, es krim durian, dan lainnya. Buat yang malas ke luar rumah, durian bisa dipesan melalui telepon dan akan diantar dengan armada tersendiri. “Biar pesan 1 buah pun, akan kami antar untuk tujuan di sekitar sini,” tutup Somadi.