Selasa

Jangan Main-main Memilih Sekolah

Sekolah saat ini merupakan sesuatu yang mahal. Berbagai sekolah menamakan dirinya sekolah nasional, sekolah nasional plus, atau sekolah yang memiliki standarisasi internasional. Orangtua bingung untuk memilih sekolah yang paling tepat.

Pendidikan merupakan bekal seorang anak untuk mengarungi hidupnya di masa mendatang. Dengan pendidikan yang baik, kemungkinan besar, seorang anak akan meraih sukses di masa dewasanya nanti.

Pun demikian, bagi para orangtua, memilih sekolah untuk anak-anaknya terkadang membingungkan. Betapa tidak? Karena terlalu banyak sekolah yang menawarkan beragam kelebihan, membuat para orangtua harus selektif dalam memilih, agar tidak salah langkah.

Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan panduan para orangtua dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya. Panduan memilih sekolah ini kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kenali visi dan misi sekolah

Visi–misi satu sekolah merupakan ukuran pertama yang kita lihat. Bila kita ingin anak-anak menjadi orang yang memahami teknologi tinggi di masa depan maka yang perlu kita cari adalah sekolah yang memiliki visi dan misi yang sama. Visi dan misi satu sekolah pada umumnya diterjemahkan melalui program unggulan. Perhatikan apakah program unggulan mereka memiliki korelasi dengan visi-misi. Ajaklah orang yang cukup paham tentang program tersebut untuk membantu memahami hal tersebut.

2. Perincian program sekolah

Hampir seluruh sekolah baik sekolah negeri atau swasta memiliki program unggulan. Yang perlu kita gali dengan lebih dalam adalah perincian program yang diperkirakan akan dapat mencapai program unggulan mereka. Kemudian, tanyakan indikator keberhasilannya.

3. Tenaga pengajar

SDM yang baik sangat menentukan pencapaian hasil yang optimal. Tak hanya itu, guru yang baik tak hanya menguasai materi pelajaran saja, tapi juga mampu membimbing anak didiknya sekaligus pandai mentransfer ilmu pengetahuannya. Dan untuk mengenali para guru yang bertugas di sekolah yang akan dipilih, jangan sungkan untuk bertanya kepada orang lain yang telah menyekolahkan anak-anaknya di sekolah tersebut.

4. Kurikulum tambahan

Perlu kecermatan menganalisa kurikulum yang ditetapkan oleh satu sekolah, terlebih dengan maraknya sekolah dengan label ’Plus’ saat ini. Sekolah yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik. Bila sekolah tersebut memiliki banyak penghargaan untuk berbagai macam prestasi akademik dan non akademik lewat berbagai kurikulum tambahan, hal tersebut juga dapat menjadi acuan.

5. Prasarana dan sarana

Prasarana dan sarana bukanlah hal yang paling utama untuk menunjang keberhasilan belajar. Kendati demikian, di masa yang serba modern ini, jelas kelengkapan fasilitas pendidikan sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, sebelum menentukan sekolah para orangtua harus tahu fasilitas apa saja yng dimiliki sekolah itu, dan untuk apa kegunaannya.

Sebagai orangtua tentunya kita memiliki “mimpi” tentang anak kita. Pilihlah sekolah yang memiliki program dan target yang dapat membentuk anak kita mencapai ’model anak masa depan yang diinginkan’. Ingat, pendidikan itu penting, jadi piliha yang terbaik untuk anak-anak Anda.