Selasa

ROBOTKIDZ - Panduan Robotic dan Multimedia

Robot akan selalu menjadi hal yang menarik bagi anak-anak. Tidak hanya sebagai mainan, robot yang dikemas dalam sebuah materi pendidikan juga menarik untuk dipelajari.

ROBOTKIDZ yang berlokasi di Ruko Sektor IV, BSD menghadirkan kursus membuat robot untuk anak-anak mulai usia 5 tahun hingga tingkat SMA. Dalam materi pelajarannya, ada tiga hal mendasar yang akan dipelajari siswa yakni konstruksi robot, computer programming, serta multimedia.

Menurut Pimpinan sekaligus Pendiri ROBOTKIDZ, Ir. Hanny Agustine, yang membedakan antara ROBOTKIDZ dengan kursus-kursus robot yang lain adalah sesi Multimedia. “Materi multimedia yang kami berikan dalam kelas robot berupa pelatihan penggunaan digital video, kamera digital, serta proses video editing. Di sini, dalam proses belajar, anak-anak kami arahkan untuk merekam gerakan-gerakan robot mereka atau memotret robot-robot hasil karyanya. Kemudian, hasil foto dan video itu bisa mereka bawa pulang dalam bentuk CD,” pungkas Hanny. Kebanyakan kursus robot hanya menitikberatkan materi pelajarannya pada bagian konstruksi dan programming.

Lebih dari itu, materi kelas robotik yang dihadirkan oleh ROBOTKIDZ, kata Hanny, telah diintegrasikan dengan berbagai subjek pelajaran sekolah. “Setiap pertemuan, kami selalu memberi tema robot yang berbeda. Tema ini akan berkaitan dengan materi-materi pelajaran di sekolah seperti geografi, science, matematika, fisika, teknologi dan lain sebagainya, sehingga anak-anak memahami materi-materi itu lebih menyenangkan dengan robot”, tegas Hanny.

Kelas ROBOTKIDZ dilaksanakan dalam kelompok terdiri dari 3 anak untuk 1 set robot. Pertemuan kelas dilangsungkan selama dari 1 - 1,5 jam tergantung usia, satu kali seminggu. Untuk usia 5-7 tahun juga disediakan kelas Robotic Foundation yang dinamai Little Engineer. Di sini sejak usia dini anak-anak berlatih Early Science dan Technology melalui pendekatan Storytelling-Masalah-Solusi bersama teman-teman di kelas. Ini adalah kelas dasar robotik yang fokus pada Creative Construction, tanpa computer programming.

ROBOTKIDZ yang berdiri di bawah bendera DigiKidz ini mulai diperkenalkan sejak setahun lalu. Selain hadir di BSD, ROBOTKIDZ juga hadir di beberapa lokasi lain seperti Lippo Karawaci, Bintaro, Pondok Indah, Puri Indah, dan Kelapa Gading.