Kamis

Arti Feng Shui

Mari kita coba mengulas kembali kajian Feng Shui yang selama ini ada. Pemikiran Feng Shui modern telah melahirkan berbagai metoda dan peraturan-peraturan tertentu. Beberapa orang lebih memilih menerapkan Feng Shui tradisional yang lebih berdasarkan sejarah dan tradisi masyarakat Cina kuno.

Ada pula orang yang lebih memilih menerapkan Feng Shui intuitive, yang lebih dapat dikatakan sebagai hasil pengembangan di zaman modern. Feng Shui ini lebih mengesampingkan peraturan dan tradisi dari masa lalu dan membiarkan intuisi mereka sebagai patokan utama dalam bekerja. Masih terdapat perdebatan mengenai mana Feng Shui yang lebih tepat, antara Feng Shui modern yang terlalu terbuka, atau Feng Shui tradisional yang terlalu kaku.

Apa itu Feng Shui? Feng Shui adalah adalah satu dari sekian banyak rahasia Cina kuno. Secara harafiah, Feng Shui dapat diartikan sebagai “angin dan air”. Feng Shui dipercaya sebagai suatu ilmu yang membangun keharmonisan antara langit [astrological] dan bumi [geological], yang akan digunakan untuk mendapatkan kebajikan hidup [Qi]. Orang dahulu percaya bahwa Qi dapat dibawa melalui angin/ udara [Feng] dan disebarkan melaluinya, namun Qi akan larut terbawa jika bersentuhan dengan air [Shui].

Lebih lanjut, Feng Shui dikenal sebagai suatu teknik/metode penataan bangunan berdasarkan astronomi untuk memaksimalkan kemampuan hidup seseorang. Namun pada aslinya, Feng Shui hanyalah suatu metoda untuk memilih tempat hidup [bertempat tinggal] dan juga memilih area yang menguntungkan untuk mengolah bisnis, yang pada zaman dulu berlanjut pula dengan pertanian. Karena pada dasarnya, pemilihan tempat yang baik untuk bertempat tinggal akan berpengaruh pada aspek-aspek hidup Anda seperti halnya kesehatan, kemakmuran, hubungan asmara, dll.

Jika Anda mengangggap hal itu hanya tahayul atau bahkan mempunyai kekuatan mistis, cobalah berpikir begini: Jika kita mempercayai bahwa apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan terjadi, maka singkirkan semua tahayul dan pernyataan semacamnya. Seperti contoh “berjalan di bawah tangga atau melihat kucing hitam akan membawa kesialan untuk Anda”. Hal tersebut sama sekali tidak akan membawa kesialan. Tapi, jika Anda mempercayai bahwa hal-hal tersebut akan membawa kesialan untuk Anda, secara sadar atau tidak sadar Anda akan menarik kesialan itu ke dalam diri Anda.

Jadi, jika Anda mempercayai bahwa pemilihan tempat tinggal dan pemilihan tempat kerja Anda akan berpengaruh pada segala aspek dalam kehidupan, maka mengapa tidak belajar untuk menerapkan prinsip Feng Shui ke dalam hidup Anda?

Feng Shui mencoba menghilangkan semua hambatan dalam hidup kita dengan cara yang sangat mudah. Anda mungkin perlu mengatur kembali perletakan furnitur Anda, atau mungkin menggantung sesuatu seperti kristal di pojok ruangan. Seringkali, aksi-aksi yang harus Anda lakukan bersifat realistik/logis.

Kita beri contoh, jika Anda memindahkan kursi yang menghalangi pintu utama. Hal ini menjadikan ruangan lebih berenergi, karena kursi yang menghambat aliran energi telah disingkirkan. Ketika Anda menciptakan energi positif yang mengalir dengan baik, aliran energi akan memberi keuntungan pada Anda di berbagai aspek dengan cara yang positif.

Tapi, pernahkah Anda merasakan perasaan tidak nyaman ketika berada di dalam ruangan yang perletakan furniturnya tidak tertata dengan baik? Atau bagaimana warna ruangan membuat Anda merasa depresi? Dengan prinsip Feng Shui, Anda dapat mengatasi rintangan-rintangan ini dengan mudah.

Aliran energi positif yang mengalir di dalam rumah kita akan segera berpengaruh pada kehidupan kita. Keuntungan yang terasa dapat berbentuk kesehatan dan hubungan yang membaik, kreatifitas yang berkembang, berkurangnya depresi, merasa lebih hidup, perasaan lebih aman, dan juga tentunya status finansial yang lebih baik.

Kemudian, apakah Feng Shui dapat membuat Anda kaya? Saya yakin, bahwa hidup tidak akan semudah pernyataan itu. Namun, secara pasti, jika Anda mengaplikasikan Feng Shui di dalam kehidupan Anda dengan tepat dan didukung pemikiran yang terkonsentrasi, yakinlah bahwa hal tersebut dapat memberi banyak perubahan dalam kehidupan Anda – salah satunya dapat berarti peningkatan kemakmuran Anda!

Beberapa sumber, buku, website tertentu menyatakan bahwa jika Anda menetapkan Feng Shui dalam kehidupan, maka Anda akan menjadi sukses. Tetapi Feng Shui bukan hanya melulu soal kekayaan. Feng Shui berbicara tentang menciptakan lingkungan di mana energi positif dapat mengalir baik agar dapat meningkatkan taraf kehidupan di berbagai aspek.

Feng Shui tidak akan membawa pengaruh negatif ke dalam hidup Anda ! Ini adalah sesuatu yang pasti, kecuali Anda salah menafsirkan prinsip Feng Shui ke dalamnya. Atau Anda membutuhkan bimbingan yang tepat untuk mengaplikasikan Feng Shui? Anda dapat menghubungi konsultan untuk masalah ini. Pernahkah Anda mendengar pernyataan seperti “kolom/tiang yang berada di tengah lorong/jalan [yang tidak dapat dipindahkan] akan menghambat aliran energi yang mengalir, dan dapat menyebabkan”?
Cerita semacam ini dapat menciptakan salah pengertian jika Anda salah menafsirkannya. Jika Anda terpengaruh oleh cerita semacam ini, Anda akan terus terbayangi dengan masalah tersebut. Pikiran akan menstimulasi badan, yang akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda!

Feng Shui melihat kita sebagai salah satu bagian dari alam semesta. Hal tersebut berarti bagaimana Anda mengatur diri dan lingkungan agar dapat dengan kehidupan Anda. Jika Anda mengikuti aliran energi yang ada dalam alam semesta, maka kehidupan Anda yang selaras tadi akan dapat berjalan dengan lancar – sejalan dengan alam semesta.