Kamis

Komposisi Lukisan pada Dinding

Dalam sebuah rumah, bagian yang paling banyak dan mudah untuk didekorasi adalah dinding. Dinding mempunyai bagian/bidang yang cukup luas dan rata untuk dijadikan wadah penempatan elemen dekor.

Pada saat ini, elemen dekor yang akan dibahas adalah benda seni yang digantung di dinding, benda-benda itu antara lain, lukisan, foto, poster, dsb.

Dalam penempatan lukisan di dinding, hal yang terpenting adalah ukuran dan komposisi lukisan. Lukisan yang sangat besar sebaiknya tidak diletakkan pada dinding yang sempit dan mempunyai berbagai furniture kecil di bawah atau di sekitarnya, begitu juga sebaliknya untuk lukisan kecil.

Usahakan penempatan lukisan tersebut berada pada level mata. Jadi peletakan lukisan tersebut sebatas pada tinggi mata manusia, kecuali pada kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan. Namun perlu diingat pula untuk tidak meletakkan lukisan dengan bingkai besar tepat di atas sofa. Karena akan mengganggu orang yang duduk di sofa tersebut, atau bahkan akan mengenai kepala orang tersebut.

Untuk beberapa lukisan kecil yang ingin dipajang, kita harus membuat komposisi pada dinding yang ingin ditempati. Komposisinya tergantung dari bentuk dinding. Apakah dinding itu memanjang secara horizontal atau vertikal? Komposisi atau penyusunan lukisan ini penting sebelum Anda memasang lukisan dinding, hal ini untuk menghindari bongkar pasang paku karena posisi lukisan tidak bagus.

Anda bisa menggambarkannya di kertas terlebih dahulu beberapa perkiraan ukuran lukisan-lukisan tersebut seperti pada contoh.

Komposisi memanjang ke samping membuat dinding terasa lebih lebar sedangkan komposisi vertikal membuat dinding terasa lebih tinggi.

Selain pengaturan lukisan-lukisan ini secara komposisi, juga perlu diperhatikan warna dasar dari lukisan tersebut. Pengaturan warna harus disesuaikan dengan selera anda. Apakah dinding akan ditampilkan dengan paduan warna yang terang dan bersih, atau gelap, atau kontras antara terang dan gelap?

Pengaturan lukisan dinding ini memang terkadang terlihat sederhana. Namun, jika kita mengaturnya dengan baik dan benar, tentunya hasil yang didapat juga akan lebih baik daripada sembarang menaruh lukisan.

Hal ini lebih berpengaruh lagi jika Anda mempunyai rumah yang mewah. Karena segala bentuk lukisan, foto, atau poster itu dipasang di dinding untuk bisa dinikmati bukan sekedar untuk memenuhi dinding. Selamat mencoba.