Kamis

Situ Cipondoh - Dulu Rawa, Sekarang Tempat Wisata

Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang memiliki tempat wisata alami berupa danau atau situ. Danau tersebut bernama Situ Cipondoh dan berada tepat di depan Kantor Kecamatan Cipondoh, di bilangan Jl. KH. Hasyim Ashari.

Awalnya, menurut cerita warga setempat, danau alami yang luasnya lebih dari seratus hektar ini hanyalah rawa tak terurus, yang berbentuk cekungan besar serta ditutupi tanaman liar eceng gondok. Namun kini, Situ Cipondoh telah disulap Pemkot Tangerang menjadi kawasan wisata alami yang cukup indah dan murah meriah.

Utamanya, fungsi dari danau ini sendiri adalah sebagai pengendali banjir. Maklum, daerah sekitar danau tersebut termasuk dataran rendah. Pun demikian, fungsi ekonomi atau yang tepatnya manfaat ekonomi rupanya juga dimiliki oleh Situ Cipondoh. Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga dijadikan lokasi pertambakan ikan air tawar.
Situ Cipondoh memang bernaung di bawah Pemkot Tangerang, namun pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat setempat. Setelah menjadi objek wisata, situ ini dikelola dan dilestarikan secara swadaya oleh warga.

Sementara itu, dari situ resmi Pemkot Tangerang disebutkan, secara geografis, Situ Cipondoh terletak di kawasan Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Pinang, Kota Tangerang dengan luas awal lebih kurang 170 hektar, yang terdiri dari perairan seluas 50 hektar dan 120 hektar berupa daratan. Batas wilayah situ di sebelah Utara dan Timur adalah Jl. KH. Hasyim Ashari, sebelah Barat adalah Perumahan Cipondoh Indah serta sebelah Selatan adalah jalan tol Jakarta-Merak.

Situ Cipondoh sejak dulu merupakan suatu kawasan yang secara fisik memiliki luas dan karakterisitik sebagai situ dan berfungsi hidrologis sebagai tandon air di wilayah Kecamatan Cipondoh, Kecamatan Pinang, dan sekitarnya, sekaligus juga sebagai reservoar.

Berdasarkan rencana tata ruang kota, untuk penataan wilayah perairan situ direncanakan sebagai kawasan konservasi, preservasi, serta kawasan rekreasi. Sedangkan wilayah daratannya direncanakan sebagai kawasan jalur hijau dan kawasan pemukiman.

Selain hamparan air yang cukup luas, tak banyak memang objek wisata lain yang dapat dinikmati di Situ Cipondoh. Pun demikian, di danau ini tersedia juga sarana rekreasi bebek terapung yang dikayuh, yang bisa membawa pengunjung berkeliling menyusuri danau.

Lebih dari itu, rindangnya pepohonan di sekitar situ juga cukup menyegarkan. Terlebih ketika siang hari, di saat matahari tepat di atas kepala. Pohon yang tinggi menjulang dengan dedaunan yang lebat serta angin semilir yang bertiup sepoi-sepoi seakan memberi rasa sejuk yang sangat luar biasa.

Diiringi gemercik air, pengunjung Situ Cipondoh juga dapat menikmati aneka hidangan lezat yang disediakan warung-warung makan di sekitar danau ini. Banyak pilihan makanan yang sajikan, ada nasi plus lauk pauk dan ada pula makanan ringan seperti siomay atau mie pangsit. Kemudian, supaya makin segar, tak ada salahnya mencopa dinginnya es buah atau es kelapa muda yang juga tersedia di sekitar danau ini. Rata-rata harga makanan dan minuman di sekitar danau ini tidaklah terlalu mahal, harganya masih termasuk wajar dan terbilang cukup terjangkau.

Pun demikian, bagi pengunjung yang datang tapi tak ingin jajan, bisa membawa makanan sendiri. Untuk tempat makannya, bisa memilih sendiri sesuka hati, mau di bawah pohon atau di bawah saung-saung yang telah disediakan.

Di hari-hari kerja, biasanya Situ Cipondoh tak terlalu ramai dikunjungi masarakat. Lain halnya jika di akhir pekan, tempat wisata air yang satu ini luar biasa ramainya. Selain area parkir yang penuh, sedikit kemacetan juga akan terjadi di jalan raya di dekat danau ini.

Situ Cipondoh merupakan salah satu tempat wisata alam kebanggaan milik warga Kota Tangerang. Sayangnya, pengelolaan atau penataan tempat wisata Situ Cipondoh terkesan masih seadanya dan sederhana. Padahal, jika digarap dengan lebih baik lagi, Situ Cipondoh memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat wisata alami yang luar biasa menarik.