Jumat

Studi IT di Australia

Diasuh Oleh Karsono dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Karena sudah menjadi tekad anak kami yang ingin melanjutkan studinya di Australia, maka dengan sekuat tenaga kami ingin mewujudkan cita-citanya dengan mulai menabung sejak beberapa tahun yang lalu. Kami harap dapat diberikan informasi perguruan tinggi yang cocok untuk anak kami, yang ingin belajar dalam Computer Networking? Kami dengar ada yang dapat langsung masuk Tahun Pertama tanpa harus melalui Foundation lagi. Moh. Fajar, BSD.

Jawaban:

Memang ada satu jalur bagi tamatan SMA yang ingin langsung kuliah di perguruan Tinggi tanpa melalui jalur Foundation lagi yaitu melalui program yang tersedia di TAFE (Technical and Further Education) dimana selain menawarkan program Diploma hingga Associate Degree juga hingga program Bachelor Degree.

Salah satu TAFE yang bergengsi di Melbourne adalah Box Hill Institute of TAFE (BHIT) yang mempunyai program unggulan Bachelor of Computer Systems (Networking) dengan lama kuliah 3 tahun, dengan biaya AUD$ 12,800/tahun.

Biaya ini relatif sangat murah jika dibanding dengan uang kuliah yang ditawarkan oleh universitas lainnya di Melbourne maupun di Australia pada umumnya, yang biayanya mencapai AUD$ 24 ribu/tahun.

Dengan biaya kuliah yang hanya 50% daripada biaya di universitas lainnya,, sudah banyak pelajar internasional dan juga Indonesia yang mengambil kesempatan ini.
BHIT adalah perguruan tinggi negeri yang mengkhususkan diri pada Technical and Further Education. BHIT sebagai Perguruan Tinggi Negeri didanai oleh Pemerintah Australia sehingga dapat menawarkan fasilitas yang modern, ragam jurusan yang tersedia berstandar tinggi dan staf pengajarnya sepadan dengan uang kuliah yang dibayar. Lulusan BHIT sejajar dengan lulusan dari universitas lainnya di Australia dan juga diakui di luar negeri, jika anak Anda ingin melanjutkan studinya ke Program S2.

Berikut ini adalah mata kuliah yang didapat pada tahun pertama, yang akan mempelajari 8 mata kuliah dasar seperti Analogue and Digital Fundamentals, Networking and Routing Basics, Switching Principles and WAN Technologies, Computer System Hardware and Software, Computer Architecture, Mathematics for Computing, Internet Technologies dan Industry Practises, dimana kesemuanya merupakan perkenalan kemampuan dan pengetahuan yang utama sebagai dasar untuk tahun selanjutnya.

Tahun kedua mempelajari 8 mata kuliah lanjutan yaitu Advanced Routing, Multi User Operating Systems Administration, Object oriented Design and Programming, Business Management, Emerging Technologies 1, Remote Access, Operating Systems 1 dan Strategic Project Management.

Dan di tahun ketiga mempelajari Network Security, Multilayer Swithcing atau Operating Systems 2 atau Database and Information Retrieval 1, Entrepreneurship and Innovation, Computer System Project A, Emerging Technologies 2, Internetworking Troubleshooting atau Operating Systems 3 atau Database dan Information Retrieval 2, Computer Systems Innovation Project dan Computer systems Project B.

Di samping menyelesaikan studi Bachelor-nya, setiap mahasiswa dapat juga mengambil beberapa sertikasi yang dapat menunjang profesinya dikemudian hari seperti sertikasi Comp TIA A+ -PC Hardware and Software, Comp TIA Network + -Networking, CISCO CCNA-Networking, Microsoft MCP-Microsoft Operating System, SUN Java J2E-Object Orientated Programming, Comp TIA UnixLinux+ -Operating System, Network Security CISCO Firewall Specialist-Network Security, Computer Architecture, Mathematics for Computing dan Business.

Juga pada tahun ketiga dengan menseleksi stream yang cocok, para mahasiswa memperoleh sertikasi dalam CISCO CCNP-Networking, Microsoft MCSA-Microsoft Operating System, Microsoft MCSE-Microsoft Operating Systems, Oracle OCA-Database Management.

Box Hill Institute dengan bangga telah ditunjuk menjadi Super Cisco Academy Training Center (SCATC) untuk Asia Pacific dimana Box Hill Institute akan bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dan kegiatan pelatihan intruktur untuk seluruh Asia Pacific.
Dengan demikian, ditawarkan juga program untuk menjadi CCNA, CCNP, HP IT Essential I, HP IT Essential II, Fundamental of Unix, Fundamental of Java, Fundamental of Networking Security (IOS), Fundamental of Network Security (PIX) dan Fundamental of Wireless LANs.

Persyaratan akademis yang diminta untuk diterima pada program Bachelor ini adalah lulus SMA dengan angka A untuk matematika dan IELTS 6.0 dengan minimum angka 6.0 untuk Reading dan Writing dan minimum 5.0 untuk Listening dan Speaking.

Yang menarik dari sistem perkuliahan di Box Hill Institute ini adalah jika seorang mahasiswa dapat menunjukkan nilai akademik yang tinggi pada saat duduk di tahun pertama, dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa untuk tahun berikutnya.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dan memerlukan brosur sekolah ini atau sekolah lainnya maka dapat menghubungi kami di 7051 2455 atau kirim email ke arvi@cbn.net.id. Kami akan segera mengkirimkan brosur tsb kealamat anda. Pertanyaan dari seluruh pembaca Adinfo untuk berbagai masalah sekolah keluar negeri akan dimuat secara bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.