Senin

Bimbingan Belajar, Bukan cuma Tempat Belajar

Di bimbingan belajar (bimbel), banyak berkumpul anak-anak berbagai usia sekolah mulai dari TK hingga SMA. Bersama-sama, mereka mencoba meningkat kemampuan akademisnya dengan mengikuti pelajaran tambahan yang disediakan oleh berbagai bimbel yang ada.

Sebenarnya, lewat bimbel anak-anak tidak melulu hanya bisa mendapat pelajaran tambahan. Ada hal-hal lain yang bisa didapat anak-anak, mulai dari soal pergaulan hingga pertemanan. Dan berikut ini ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapat anak-anak yang belajar lewat bimbel.

1. Teman baru
Di tempat baru sudah pasti kenal orang baru. Begitu juga di bimbel, ada anak-anak lain dari sekolah lain atau lingkungan perumahan lain. Dengan begitu, itu berarti anak Anda akan punya teman baru.

2. Tambah wawasan
Tambah teman berarti tambah pengetahuan. Dengan adanya teman baru, maka pembicaraan-pembicaraan baru tentang hal-hal yang baru juga bisa didapat Anak-anak Anda.

3. Bersosialisasi
Berkumpul bersama orang-orang baru tentu kita harus aktif berkomunikasi agar tidak ketinggalan atau dibilang kuper. Nah, di sinilah kesempatan anak-anak, terutama anak-anak tingkat TK dan SD untuk belajar berinteraksi dengan orang lain, selain di sekolah tentunya.

4. Belajar mandiri
Tidak seperti di sekolah, kebanyakan bimbel tidak ‘melayani’ murid-muridnya dengan amat sangat, terutama untuk anak-anak TK dan SD. Di bimbel, anak-anak diajarkan untuk mandiri, mulai dari menyiapkan buku pelajaran hingga menyelesaikan latihan-latihan. Proses belajar mengerjakan segala sesuatunya sendiri ini sangat bermanfaat buat anak-anak.

5. Bermain
Selalu belajar tentu membosankan. Begitu juga belajar di bimbel. Meski terbilang lebih serius dan padat daripada sekolah, belajar di bimbel juga ada waktu bermainnya. Jadi mengikuti les tambahan lewat bimbel itu tidak selamanya memberatkan. Belajar di bimbel juga bisa dibawa senang.