Seiring kemajuan jaman, kecantikan dan sehat kian menjadi penting bagi banyak manusia terutama kaum hawa. Dan lebih dari itu, kecantikan telah menjadi sebuah komoditas bisnis yang sangat menjanjikan, dimulai dari usaha salon kecantikan, gerai spa, atau perawatan kulit.
Bagai tertutup kelambu, banyak wanita saat ini, mulai dari usia ‘baru gede’, remaja, dewasa, dan usia cukup berumur yang menjadi objek dari suatu industri kecantikan untuk merawat kecantikan dan tubuhnya. Mereka ‘dipoles’ habis agar tampil cantik yang terkadang melebihi kapasitas kemampuan fisiknya alias berlebihan.
Menilai kecantikan, tentu tak ada tolok ukurnya, sebab cantik itu adalah relatif. Penilaian tentang kecantikan abstrak dan berubah-ubah, tidak ada standar kecantikan yang pasti, dari jaman ke jaman konsep kecantikan selalu berubah-ubah.
Dalam jaman serba komersil ini citra cantik merupakan sebuah komoditas yang dapat dibuat sesuai persepsi sesuai indutri kecantikan, dan tanpa disadari banyak wanita menjadi korban kecantikan. Banyak industri mempersepsikan kecantikan dengan menampilkan sosok wanita yang ideal.
Menggeluti bisnis yang bergerak di bidang kecantikan dan perawatan tubuh dalam era sekarang, ternyata tidaklah mudah. Di samping dituntut menguasai keterampilan, juga mutu pelayanan kepada kunsumen harus bagus.
Dalam bisnis kecantikan dan perawatan tubuh, pelayanan yang berkualitas menjadi kunci sukses. Dan yang disebut dengan pelayanan tidak lagi hanya sekedar memberi layanan berupa potong rambut yang apik atau layanan facial yang aduhai tapi lebih mengarah kepada bagaimana melayani konsumen, entah itu sekedar berbicang atau mempersilahkannya untuk masuk.
Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya setiap salon kecantikan memiliki layanan jasa yang hampir sama. Perbedaan mungkin hanya berada di sektor harga, dan itupun tidak terlalu signifikan.
Beralih ke segi prospek bisnis kecantikan dan perawatan tubuh di komunitas, terbilang layak untuk ditekuni. Sebab masyarakat umum begitu banyak yang memerlukan jasa gerai penyedia layanan kecantikan dan perawatan tubuh. Entah itu sekedar potonga rambut atau layanan lain yang lebih berat seperti lulur, spa, atau menghilangkan lemak berlebih.
Untuk meraih sukses, perlu dukungan keahlian serta kemampuan pelaku bisnis salon kecantikan, guna memberikan pelayanan yang memuaskan. Lebih dari itu, banyaknya gerai usaha kecantikan dan perawatan tubuh yang bermunculan semakin membuat persaingan bisnis menjadi makin ketat. Dan yang paling kentara adalah persaingan dalam hal tarif.
Bisnis kecantikan dan perawatan tubuh tampaknya menetapkan tarif yang hampir sama alias tak jauh beda. Entah dikordinir atau tidak, dari hasil di lapangan tarif jasa salon sepertinya memiliki kesepakatan atau ada standarisasinya.
Bisnis kecantikan dan perawatan tubuh terbilang sebagai salah satu bisnis yang dapat bertahan sepanjang masa. Gerai usaha bidang ini akan selalu dicari konsumennya, terutama para wanita.
Jumat
Bisnis Kecantikan dan Perawatan Tubuh - Komersialisasi Merawat Raga
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Comment Form under post in blogger/blogspot