Jumat

Soto Betawi Babeh Jenggot - Puluhan Tahun Jualan Soto

Soto Betawi sudah tersohor dan dikenal banyak orang. Pedagang soto Betawi juga tidak sedikit. Di seantero Jakarta, juga kawasan Serpong, restoran penyedia soto Betawi cukup banyak jumlahnya. Meski begitu, masing-masing dari mereka menyajikan soto Betawi dengan rasa yang berbeda.

Serupa tapi tak sama, itulah soto Betawi. Dari tampilan soto barangkali sama, tapi ketika dicicip di lidah rasanya akan berbeda. Lain tangan, lain peracik bumbu, rasanya sudah pasti tak sama.

Soto Betawi Babeh Jenggot yang berlokasi di Ruko Boulevard AA3, Gading Serpong ini menyuguhkan soto Betawi dengan cita rasa yang khas. Menurut si juru masak yang juga pengelola restoran, Ridwan Mas’ud rasa soto yang khas itu tercipta dari cara masak dan bumbu. “Terus terang, itu adalah rahasia. Jadi kalau mau punya rasa, harus punya cara masak yang istimewa juga,” terang Ridwan.

Ridwan sendiri sudah puluhan tahun malang melintang meracik dan memasak soto Betawi. Ia menuturkan, ia sudah berjualan soto Betawi sejak tahun 1957. “Sebelumnya, saya buka di Jakarta. Sekarang, sejak Februari lalu kami buka di Gading Serpong ini,” ujar Ridwan menambahkan.

Mengenai rasa Soto Betawi Babeh Jenggot yang istimewa, Ridwan memberikan sedikit bocoran, yakni mengenai daging sapi yang digunakan. Kata Ridwan, ia memakai daging sapi Australia. Alasannya, daging sapi Australia lebih empuk dan enak saat disantap.

Soto Betawi Babeh Jenggot menyediakan isi sotonya tidak cuma daging, tapi juga dicampur dengan paru dan babat. Daging yang dipakai juga bisa dipilih, daging sapi atau daging kambing. “Prinsipnya, konsumen bisa memilih, mau pakai daging saja, atau campur,” pungkas Ridwan lagi.

Mengenai jeroan tadi, Ridwan mengakui jika banyak orang yang takut makan soto karena kolesterol. Namun Ridwan menegaskan, dengan racikan bumbu dan olahan yang tepat, Soto Betawi Babeh Jenggot jauh dari kolesterol. “Pokoknya soto Betawi kami aman dan sehat untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Soto Betawi olahan Babe Jenggot ini adalah soto segar yang dimasak setiap hari. Selain rasanya yang hebat, harganya juga cukup hemat. Satu porsi soto Betawi Babeh Jenggot harganya cuma Rp 15 ribu.

Selain soto Betawi, Babeh Jenggot juga memiliki menu lain yang tak kalah enak, yaitu sate kambing, sate ayam, dan sop kaki kambing. Soto Betawi Babeh Jenggot buka setiap hari, mulai pukul 10.00-22.00 wib.