Jumat

Soto Sip - Enaknya Soto Daging Jawa Timuran

Jika Anda penggemar soto, wajib mencicipi soto daging khas Jawa Timuran. Terbuat dari racikan bumbu rempah-rempah tradisional plus potongan daging sapi yang segar dan empuk, rasa mantap nan lezat akan mengguncang lidah Anda. Tak percaya, buktikan sendiri di Soto Sip.

Soto daging dan soto campur adalah dua menu andalan dari gerai Soto Sip. Kedua menu soto dari gerai usaha kuliner yang berada di kawasan Ruko Versailles, BSD ini bergaya Jawa Timuran. Kuatnya rasa bumbu dan sedikit asin, jadi ciri khas makanan Jawa Timur.

Soto dengan kuah bening, itulah jenis soto yang disajikan Soto Sip. Untuk soto daging, daging yang digunakan adalah daging sapi pilihan, dimana hanya potongan daging yang disajikan, bukan lemak atau yang lainnya. Sementara untuk soto campur, di dalam tersedia bermacam jeroan seperti babat, usus, dan ati.

“Hidangan soto yang kami sajikan adalah menu segar. Artinya, soto yang tersedia memang khusus untuk satu hari itu,” kata Pengelola Soto Sip, Ibu Ming.

Kuah sotonya sendiri terbilang sangat istimewa. Dibuat dari kaldu daging, rasanya benar-benar segar dan uueenaak. Berlanjut ke bagian dalam atau isi, potongan-potongan dagingnya juga cukup besar. Rata-rata seukuran dua jari manusia dewasa. Nah, untuk rasa, bumbu rupanya sangat berperan di bagian ini. Daging yang empuk makin lezat rasanya karena bumbunya mampu meresap ke bagian dalam irisan daging.

Seperti kebanyakan makanan khas nusantara lainnya, menu soto ini juga akan lebih sempurna jika dihidang bersama nasi putih. Yang istimewa dari Soto Sip, nasi putih yang disajikan tidak dihidangkan di atas piring, melainkan dibungkus dengan daun pisang. Jadi makin tradisional sepertinya.

“Padanan soto memang nasi. Dan di daerah asalnya, soto Jawa Timur-an ini dihidangkan bersama nasi putih yang dibungkus daun Jati. Tapi, karena di Jakarta daun Jati sulit didapat, maka digantikan dengan daun pisang,” tukas Ibu Ming menjelaskan.

Rasa lezat dari soto buatan Soto Sip ini bisa Anda dinikmati tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Harga soto per prosinya Rp 16 ribu.

Selain menu soto, gerai Soto Sip juga menyediakan beberapa menu pilihan lainnya, tapi tetap berciri Jawa Timur-an. Menu-menu tersebut antara lain rawon, bebk goreng, ayam goreng, serta nasi pecel. Sementara itu untuk minumannya, tersedia aneka jus buah segar dan minumang ringan.

Selain hadir di BSD, Soto Sip juga hadir di Arteri Kelapa Dua – Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, dan Cikarang Baru. Soto Sip bisa dikunjungi setiap hari, mulai pukul 09.00-21.00 WIB.