Jumat

Rumah Sains Ilma, Mainan Sains untuk Anak Kreatif

Berbeda dengan gerai usaha penyedia mainan anak-anak yang lain, Rumah Sains Ilma hadir sebagai produsen mainan sains atau edukatif yang dibuat dari bahan-bahan sederhana, yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Awalnya, mainan sains dari Rumah Sains Ilma yang berlokasi di Anggrek Loka, BSD ini hanya digunakan untuk keperluan alat peraga pelajaran sains, namun melihat peluang bisnis yang cukup terbuka, Prita Dwikartiarti, Pimpinan Rumah Sains Ilma, mencoba untuk memasarkannya secara bebas.

Mainan sains telah dikembangkan oleh Rumah Sains Ilma sejak 3 tahun lalu. Namun, mainan-mainan ini baru dipasarkan secara bebas sejak satu tahun lalu.
Saat ini, mainan sains produksi Rumah Sains Ilma hanya bisa dijumpai di toko buku Gramedia WTC Serpong, Plaza Bintaro, dan Summarecon Mal Serpong. Beberapa mainan yang disediakan gerai usaha yang satu ini antara lain roket tenaga air, kipas tarik, peluncur roket, kartu ajaib, detektor banjir, dan kapal selam.

“Lewat mainan sains, kami berupaya untuk melatih anak berpikir positif sekaligus menjadi mitra orang tua dan guru dalam mengembangkan kreativitas anak. Mainan anak yang kami ciptakan tidak semata-mata hanya untuk kepentingan bermain, ada nilai-nilai pendidikan di dalamnya,” kata Prita.

Berbahan sederhana. Itulah mainan produksi Rumah Sains Ilma. Sebagai contoh, mainan roket tenaga air, mainan terbuat dari botol air mineral yang dikombinasikan dengan botol tempat film kamera. Kemudian ada mainan kipas tarik yang terbuat dari botol air mineral berbalut tali kain dan sedotan.

Prita juga menjelaskan, mainan-mainan sains tersebut dapat digunakan untuk anak-anak mulai usia 3 tahun. Tiap-tiap mainan dikemas secara menarik serta dilengkapi dengan panduan penggunaannya.Selain itu, mainan sains buatan Rumah Sains Ilma ini juga terjamin keamanannya. “Mainan sains ini aman dan tidak sulit untuk digunakan,” lanjut Prita.

Aneka mainan sains dari Rumah Sains Ilma ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Harga mainan bervariasi mulai Rp 10 ribu.