Rabu

Melati Mas Residence & Serpong Park - Beda Kelas, Tapi Tetap Satu Pengembang

Kawasan permukiman Melati Mas Residence atau yang dahulu dikenal Vila Melati mulai dikembangkan oleh PT Cowell Development, Tbk. (Cowell) yang dahulu dikenal dengan PT Internusa Arta Cipta, sejak tahun 1984 silam. PT Internusa Arta Cipta sendiri merupakan salah satu pengembang pelopor untuk daerah Serpong yang berdiri pada tahun 1981 dan baru menjadi perusahaan publik pada tahun 2007 dengan nama PT Cowell Development Tbk.

Melati Mas Residence merupakan salah satu proyek perumahan pertama di daerah Serpong. Tipe perumahan dan area komersial yang dijual pada Melati Mas Residence adalah segmen menengah dan atas. Pada saat ini produk perumahan yang dipasarkan berada pada kisaran harga mulai dari Rp 400 jutaan hingga Rp 1,5 Milyar.

Menurut Wawan Sanwani Marketing Manager Melati mas Residence, tingkat hunian dari Melati Mas Regency telah mencapai 90% dimana tahap pertama pengembangan dari Melati Mas Residence mencapai 120 hektar dengan 5.000 unit rumah yang telah terjual semua.
“Saat ini, pengembangan Melati Mas Residence telah mencapai tahap kedua dengan total area 40 hektar, dengan target bangunan 500 unit rumah. Untuk tahap ini masih terdapat sisa 15 hektar untuk 200 unit rumah,” kata Wawan Sanwani.

Tipe perumahan yang ada di Melati Mas Residence terdiri dari Vicenza, New Virence, Valencia, Byzantine, Modern Grande, serta beberapa komplek ruko sebagai produk properti komersial.

Lebih jauh Wawan Sanwani menjelaskan, seiring dengan makin pesatnya perkembangan Melati Mas Residence, pada tahun 2004, PT Internusa Arta Cipta yang sekarang adalah Cowell mulai mengembangkan perumahan baru dengan nama Serpong Park.

“Dengan pengembangan ini perusahaan mencoba untuk memasuki segmen pasar yang berbeda melalui penjualan jenis rumah dengan harga yang lebih terjangkau dari Melati Mas Residence,” tegas Wawan Sanwani.

Serpong Park menawarkan harga kompetitif dibandingkan dengan para pesaing yang umumnya para pengembang besar di daerah sekitarnya. Dengan harga bersaing serta letaknya yang tidak begitu jauh dari Melati Mas Residence merupakan keunggulan yang dimiliki oleh Serpong Park, di tengah persaingan yang ada di kawasan Serpong. Harga jual rumah Serpong Park mulai Rp 188 juta hingga Rp 521 juta.

Tahap pertama pengembangan dari Serpong Park mencapai 25 hektar dengan jumlah bangunan 1.400 unit rumah, dimana telah terjual sebanyak 700 unit. Saat ini memasuki pengembangan dari Serpong Park telah mencapai tahap kedua dengan total area mencapai 10 hektar untuk 850 unit rumah. Tipe rumah yang ada di Serpong Park terdiri dari Noble, Dominion, Previllege, Absolut, Sovereign, Silvero, Zenith, serta Serpentine, dan bangunan komersial ruko.