Jumat

Studi SMP –SMA Muslim di Australia / Diasuh : KARSONO dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Anak saya baru saja menyelesaikan SMP kelas 3 dan dia bisa lulus ujian nya. Saya agak kesulitan apakah di Australia ada sekolah SMA Islam yang bermutu? Tolong dijelaskan persyaratan dan informasi lainnya yang diperlukan. Terima kasih. Aisyah, Banten.

Memang tidak banyak sekolah muslim di Australia, tapi kami memang menjadi perwakilan sebuah sekolah muslim yang bergengsi di Melbourne, Australia. Sekolah ini bernama AUSTRALIAN INTERNATIONAL ACADEMY (AIA). Dulunya, terkenal dengan nama KING KHALID ISLAMIC COLLEGE (KKIC) yang didirikan tahun 1983 yang berarti telah memasuki umur ke 25 tahun. Pada waktu pendiriannya Raja King Khalid dari Saudi Arabia telah memberikan dana yang cukup besar untuk pembangunan sekolah muslim yang pertama kali didirikan di Australia.

Banyak pelajar Indonesia yang telah bersekolah di AIA ini dan jika diperlukan dapat menghubungi beberapa keluarga yang telah mengirim anak-anaknya ke AIA untuk menanyakan kesan kesannya.

Sejak tahun 1996, AIA telah mempunyai kelas International Baccalaureate (IB) sehingga para lulusan AIA yang mempunyai program IB dapat dengan mudah diterima di universitas bergengsi, baik di Australia maupun negara lainnya.

Salah satu pelajar Indonesia yang berasal dari SMA Al Hikmah Surabaya yang lulus dari AIA tahun 2004 dengan angka 99.75, Mohammad Gadi telah berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Univ of Melbourne.

Perlu diketahui bahwa di Australia, tak padang bulu meskipun dari murid penduduk Australia sendiri. Jika murid itu tidak memenuhi syarat angka yang diminta universitas yang dilamar, maka sangat sulit untuk masuk ke Fakultas Kedokteran. Dengan demikian ini berarti bahwa Moh Gadi yang lulus dari AIA tahun 2004 itu membuktikan bahwa AIA adalah sekolah bermutu sehingga dapat menghasilkan murid dengan prestasi yang tinggi.

Visi AIA adalah “memiliki alumni yang dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan mempunyai motivasi sendiri untuk memajukan Australia (bagi yang WN Australia) dan berpartisipasi secara efektif sebagai warga dunia dengan nilai-nilai Islami”.
Dalam perkembangannya, AIA telah mempunyai 4 kampus (2 di Melbourne, 1 di Sydney, dan 1 di Abu Dhabi United Arab Emirates).

AIA mempunyai murid dari berbagai macam bangsa yang beragam latar belakang etnis dan kebudayaannya. Siswa AIA diajarkan untuk bangga dengan identitas Islam mereka dan bahasa yang digunakan tetap bahasa Inggris. Bahasa Arab juga diajarkan untuk semua kelas selain bahasa Perancis dan bahasa Indonesia.

Ketika penulis berkunjung ke AIA beberapa tahun lalu, terdengar banyak pelajar dari berbagai macam bangsa yang mencoba berbicara dengan penulis dalam bahasa Indonesia yang patah patah. Oleh karena itu kehadiran pelajar dari Indonesia sangat memberi arti bagi perkembangan bahasa Indonesia di Australia pada umumnya dan di AIA pada khususnya. Kurikulum yang diajarkan adalah sama, baik di sekolah pemerintah atau swasta, tapi diberikan dengan perspektif Islami.

Jika anak lulus SMP dan bahasa Inggrisnya sudah mencapai level IELTS 5.5, maka dia bisa langsung masuk ke semester 2 Year 9 yang dimulai bulan Juli 2009 ini dan bulan Februari 2009 sudah bisa masuk ke Year 10.

Uang sekolah per tahunnya senilai AUD$ 13,000 atau senilai Rp 110 juta dengan catatan 1 AUD$ = Rp 8.500. Biaya ini belum termasuk biaya akomodasi dan biaya hidup. Untuk mereka yang lulus dengan nilai tinggi, dapat mencoba meminta beasiswa 50% dari AIA. Hubungi kami langsung untuk informasi detailnya.

Meskipun sekolah ini tergolong akademi, tapi bukan merupakan jenjang sekolah setelah selesai SMA seperti arti akademi yang kita kenal di Indonesia pada umumnya.
Dapat kami kutipkan salah satu pernyataan AIA bahwa “Our students are drawn from many different ethnic backgrounds and the unique ethnic composition creates the right atmosphere for students to become internationally oriented learners and thinkers”.

Untuk itulah, AIA menyambut dengan gembira para pelajar dari berbagai negara ke dalam komunitas AIA. Untuk menjamin bahwa para pelajar asing itu mendapat pengalaman hidup di dalam komunitas AIA dengan sukses dan productif, maka AIA berkomitmen untuk mengerahkan segala sumber dayanya untuk mendukung kesejahteraan para pelajar asing.
Di antaranya adalah laboratorium modern yang berisi seleksi lengkap dan bacaan rekreasi tersedia untuk dipinjam. Juga ada ruang komputer internet research, ruang konferensi, ruang komputer yang dilengkapi dengan ruang belajar kecil dan ruang baca yang informal. Untuk lengkapnya bisa dibuka websitenya di www.aia.vic.edu.au.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dan memerlukan brosur sekolah ini atau sekolah lainnya dapat menghubungi 7051 2455 atau kirim email : arvi@cbn.net.id. Kami akan segera mengirimkan ke alamat Anda. Pertanyaan pembaca Adinfo untuk berbagai masalah sekolah ke luar negeri akan dimuat bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.