Selasa

Nusa Robotic Center - Menjelajahi Dunia Robot

Memang, tujuan akhir dari pendidikan robotik adalah mampu menciptakan robot. Namun terlepas dari hal itu, ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari robotic seperti kemampuan bersosialisasi dan pengusaan lebih terhadap subjek-subjek pelajaran tertentu.

Sejak awal 2008 lalu, Nusa Robotic Center hadir di komunitas kita. Berlokasi di Ruko Golden Boulevard, BSD, Nusa Robotic Center menghadirkan kursus membuat robot untuk anak-anak mulai usia 6 tahun hingga remaja.

Disampaikan oleh Sigit Angdrew, Assistant Manager Nusa Robotic Center, robotic merupakan sebuah bidang pendidikan multi ilmu. Banyak hal yang bisa dipelajari siswa melalui kegiatan belajar robotic. “Robotic merupakan sebuah karya intelegensi rekaan manusia yang memiliki banyak manfaat,” katanya.

Di Nusa Robotic Center sendiri, ada dua materi dasar yang akan diterima siswa, yaitu konstruksi robot dan programming. Sementara itu, tingkat pendidikan Nusa Robotic Center dibagi menjadi tiga level, yakni basic, intermediate, dan advance.

Pada level basic, kegiatan belajar lebih banyak diberikan untuk materi dasar-dasar robotic dan konstruksi robot. Sedangkan pada dua level selanjutnya, materi pelajaran akan ditekankan pada bidang programming.

Kegiatan belajar di kelas dilakukan dengan sistem kelompok. Satu kelompok terdiri maksimal 3 orang untuk 1 set robot. Sementara itu, pertemuan kelas diadakan seminggu satu kali, dengan durasi selama 2 jam.

Lebih jauh Sigit menjelaskan, pembelajaran robotic dari Nusa Robotic Center dikemas ke dalam tema-tema yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, contohnya seperti eksplorasi luar angkasa dan robotics untuk kesehatan. Pada tema-tema ini, Nusa Robotic Center menitikberatkan pada penggunaan sensor dan programming daripada robot-robot tersebut.

Kegiatan belajar robotic di Nusa Robotic Center dihadirkan dengan konsep dan suasana yang menyenangkan. Lebih dari itu, para guru yang bertugas di Nusa Robotic Center adalah orang-orang berpengalaman, serta memiliki latar belakang pendidikan bidang ilmu komputer.