Kamis

Perlindungan Asuransi untuk Rumah, Ruko, dan Restoran - Waspada Kebakaran dan Bencana Lainnya

Kebutuhan konsumen akan asuransi harta benda khususnya produk properti sepertinya tak pernah surut. Terutama sejak bermacam bencana semisal banjir, gempa bumi, kerusuhan, dan kebakaran kerap terjadi. Jenis asuransi ini makin hari makin diminati masyarakat. Tak heran kalau hampir seluruh perusahaan asuransi menyediakan perlindungan untuk benda properti.

Perlindungan dari asuransi menjadi begitu sangat penting untuk harapan terakhir yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Asuransi memberikan manfaat yang dapat dirasakan untuk ke depannya bagi para konsumen asuransi.

Asuransi terbagi menjadi dua bidang yaitu asuransi jiwa dan asuransi kerugian, di mana asuransi kerugian terdiri dari berbagai jenis produk, seperti asuransi kendaraan, properti, pengangkutan (kargo), alat berat, dan lain sebagainya. Namun, di antara berbagai macam bentuk asuransi tersebut ada satu bentuk asuransi yang sangat berkembang sesuai dengan perkembangan properti yang sedang marak belakangan ini, yakni asuransi perlindungan properti.

Asuransi properti merupakan target arah pandang bisnis yang nyata dan menjanjikan. Bisnis asuransi properti memperlihatkan prospek yang baik untuk pengembangan bidang properti ke depan, mengingat semakin menjamurnya sarana-sarana bisnis seperti pembangunan rumah tinggal, pembangunan ruko, dan restoran atau cafe.

“Asuransi Raksa merupakan salah satu perusahaan asuransi yang bergerak di bidang asuransi kerugian, Asuransi Raksa menawarkan produk asuransi yang dikelompokkan dari produk-produk properti yang sedang berkembang,” menurut Underwriter Officer Asuransi Raksa Tangerang, Rika Purnamasari. Produk asuransi perlindungan properti yang disediakan oleh Asuransi Raksa adalah Raksa Home Care (asuransi rumah tinggal), Raksa Shopowners (asuransi ruko), dan Raksa RestoCare (asuransi restoran dan cafe).

Lebih jauh Rika menjelaskan, Raksa Homecare merupakan paket perlindungan asuransi untuk rumah tinggal berserta isinya dari bermacam resiko seperti kebakaran, kebongkaran serta berbagai pilihan jaminan lainnya. Sedangkan Raksa Shopowners adalah paket perlindungan asuransi untuk ruko dan isinya dari resiko kebakaran serta berbagai pilihan jaminan lainnya. Dan Raksa Restocare adalah paket perlindungan menyeluruh terhadap restoran atau cafe.

“Perbedaan di antara ketiga paket di atas, ada pada syarat pertanggungan dan obyek pertanggungan yang sesuai dengan bidang asuransi yang dibidik,” tukas Rika menambahkan.

Bagi nasabah atau masyarakat luas yang ingin memperoleh perlindungan asuransi properti dari Asuransi Raksa ini, Rika menyebutkan, ada beberapa prosedur yang harus dilalui. Langkah awal prosedur dimulai dari laporan jumlah nilai pertanggungan yang meliputi estimasi nilai properti beserta isinya. Yang kedua, pihak asuransi terlebih dahulu akan melakukan tahap survei, yang dimaksudkan untuk menentukan layak tidaknya properti diasuransikan. Setelah dinyatakan layak untuk mendapatkan asuransi properti, dengan berbagai kebijakan dan pertimbangan dari perusahaan asuransi, maka prosedur terakhir adalah proses administrasi.

“Berdasarkan prosedur perusahaan, waktu persetujuan perlindungan target proses administrasi umumnya satu minggu. Akan tetapi dapat pula disesuaikan dengan ketersedian waktu dari nasabah,” kata Rika lagi.

Sementara itu, besarnya premi yang harus dibayar ditentukan oleh total harga pertanggungan dan rate premi yang diberikan. Cara hitung berbagai perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan kebijakan serta pertimbangan perusahaan asuransi masing-masing. Biasanya premi minimum dihitung berdasarkan periode per tahunnya, contohnya ada pada asuransi Raksa yang mensyaratkan minimal premi Rp 100 ribu per tahun untuk asuransi rumah tinggal (Homecare) di luar biaya administrasi, tergantung paket yang ada.

Sekilas tentang Asuransi Raksa, perusahaan asuransi ini merupakan asuransi kerugian kelanjutan dari Asuransi Artapala yang didirikan pada 1975, serta telah mendapat sertifikasi ISO9002 pada 2001 lalu. Asuransi Raksa didukung oleh reasuradur yang terbaik di dunia dengan klien-klien perusahaan nasional serta berbagai produk asuransi yang inovatif.

Dalam sepuluh tahun terakhir, Asuransi Raksa berkembang dengan amat pesat. Saat ini, Asuransi Raksa merupakan salah satu dari sepuluh perusahaan asuransi terbesar di Indonesia dalam hal perolehan premi bruto. Di komunitas kita, Asuransi Raksa hadir di Ruko Alam Sutera Niaga I.