Kamis

Aikido Aikikai Dojo BSD, Harmonisasikan Tenaga Lawan

Aikido Aikikai BSD berafiliasi ke Yayasan Indonesia Aikikai yang terdaftar resmi di Hombu Dojo Jepang. Sistem pengajarannya menganut kurikulum Aikikai Hombu Dojo Jepang, yaitu aliran aikido yang sesuai dengan ajaran Morihei Ueshiba, Pendiri Aikido.

Aikido Aikikai BSD berdiri November 2004. Saat ini, Aikido Aikikai BSD berlatih di Gedung Serba Guna (GSG), Sektor 1.3, BSD. Latihan Aikido Aikikai BSD dilakukan 2 kali seminggu, yakni setiap Rabu malam dan Minggu sore. Masing-masing latihan dilangsungkan selama 2 jam.

Ditegaskan oleh Pengurus Aikido Aikikai BSD, Dedi, Aikido sendiri sesungguhnya merupakan bagian dari olahraga beladiri. Namun, tidak seperti beladiri pada umumnya, Aikido lebih menekankan pada pertahanan serta tidak menciderai lawan.

“Aikido merupakan beladiri yang lembut. Prinsipnya, Aikido mengharmonisasikan tenaga lawan dan tenaga kita sendiri, dengan teknik kunci dan bantingan,” kata Dedi.

Kelas berlatih Aikido Aikikai BSD dibuka untuk semua kalangan, baik anak-anak mau orang dewasa. Menurut Dedi, kelas Aikido Aikikai BSD dibuka mulai usia 5 tahun. “Kelas kami bagi menjadi dua, kelas anak-anak dan dewasa. Kelas anak-anak mulai usia 5 tahun sampai 13 tahun, selebihnya adalah kelas dewasa,” lanjut Dedi.

Lebih jauh Dedi menjelaskan, setiap jam latihan, akan dibagi menjadi dua sesi, yaitu latihan Taijutsu dan latihan dengan senjata atau Buki Waza.

Setiap siswa yang berlatih di Aikido Aikikai BSD ini, nantinya akan berkesempatan menempuh ujian untuk kenaikan tingkat.

Ujiannya sendiri dibagi menjadi dua, yaitu ujian Kyu atau ujian kenaikan tingkat dan ujian sabuk hitam. Ujian Kyu dilakukan sendiri oleh para Sensei Aikido Aikikai BSD dan sertifikat diterbitkan oleh Yayasan Indonesia Aikikai, sedang untuk ujian sabuk hitam langsung dilakukan oleh guru besar atau Shihan dari Hombu Dojo Jepang, dengan sertifikat internasional dari Hombu Dojo Jepang.