Selasa

Hunian Asri di Foresta yang Hijau

Konsep hunian yang hijau memang tengah menjadi primadona pada industri properti. Tak ketinggalan, pengembang papan atas, PT BSD Tbk, turut pula menghadirkan produk properti perumahan bernuansa asri dan alami, seperti Foresta.

Foresta merupakan kawasan hunian menengah atas yang dibangun di atas lahan seluas 72 hektar. Kawasan perumahan ini dikembangkan di wilayah barat BSD, dengan pola cluster yang mengusung konsep hunian komunitas hijau (green community concept).

Foresta yang menjadi proyek kawasan hunian pertama untuk pengembangan BSD barat, dikembangkan dalam 12 cluster. “PT BSD akan menjadikan Foresta sebagai sebuah kawasan hijau dan nyaman. Kehadiran lingkungan yang hijau, asri, dan ditambah dengan rimbunnya pepohonan yang ada, akan membuat para penghuni Foresta merasakan kehidupan keseharian yang sangat dekat dengan alam,” kata Idham Muchlis, Corporate Communication Senior Manager PT BSD Tbk.

Pada setiap cluster dibangun kawasan hijau yang berfungsi sebagai paru-paru cluster sekaligus sebagai community park. Dalam kawasan Foresta sendiri juga akan dilengkapi jogging track dan cycling path sepanjang 2,3 kilometer dengan lebar 10 hingga 15 meter yang akan menghubungkan seluruh cluster yang diberi nama Viale Foresta.

Di Foresta terdapat pula, fasilitas putting green, 3 on 3 basket ball, taman-taman serta pedestrian yang lebar dan nyaman dengan lebar 10 hingga 15 meter. Selain ditanami pohon-pohon yang rimbun, di beberapa tempat juga terdapat kursi taman, lapangan olahraga, playground, dan taman bermain anak.

Lebih jauh Idham menambahkan, Green Community Concept diterapkan pada desain rumah di Foresta. Selain setiap rumah akan ditanam sebuah pohon kayu agar lingkungannya menjadi teduh, bangunannya juga akan menerapkan desain yang memudahkan terciptanya sirkulasi udara dan cukupnya sinar matahari masuk ke dalam rumah. Penerapan desain ini akan menekan penggunaan konsumsi energi listrik. “Jadi, konsep hijau ini tidak hanya untuk lingkungan luar rumah saja,” ujarnya singkat.

Rumah di Foresta ini dijual dengan harga berkisar Rp 450 juta hingga Rp 750 juta per unit. Selain itu, Foresta merupakan proyek perdana untuk pengembangan tahap kedua BSD City. Dalam hal ini, karena proyek perdana maka pengembangan cluster itu akan dimaksimalkan.

Untuk tahap awal, lanjut Idham, akan dikembangkan dua cluster dengan jumlah unit sekitar 420 unit rumah. Kedua cluster itu itu adalah Albera sebanyak 246 unit, dan Fiore sebanyak 174 unit. Pada kedua cluster itu akan dibangun unit-unit rumah bergaya arsitektur minimalis modern dengan luas lahan dan bangunan antara lain 81/112, 90/128, 130/162 dan 130/180.

Diterapkannya Green Community Concept di Foresta bertujuan untuk memberikan pilihan pada konsumen yang menginginkan hunian yang berkualitas dan ramah lingkungan. “Lingkungan Foresta juga didesain untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor agar udara selalu bersih. Limbah rumah tangga kami pisakan antara yang organik dan non-organik,” terang Idham lagi.

PT BSD memang sangat serius terhadap kenyamanan para penghuninya. Konsep yang diterapkan merupakan wujud dari komitmen pihak PT BSD dalam melakukan pembangunan kawasan perumahan yang berwawasan lingkungan.