Kamis

Patriot Baseball & Softball Club, Pembinaan Baseball Sejak Dini

Dalam usaha memperkenalkan olahraga baseball kepada anak-anak, bekerja sama dengan Pengurus Cabang Perbasasi Kabupaten Tangerang, terbentuklah klub yang bernama Patriot Baseball & Softball. Klub Patriot hadir untuk membina dan mencari anak-anak berbakat dalam olahraga baseball dan softball.

Pelatihan diberikan secara rinci, mulai teori pengenalan olahraga baseball dan softball, tehnik dasar, teknik dasar pitching, fielding drills, base running, game situation dan advance skill development. Patriot Club menggunakan fasilitas Pengcab Perbasasi Kabupaten Tangerang berupa lapangan baseball di Alam Sutera, di samping Masjid Griya Sutera.

Menurut Ketua Patriot Baseball & Softball, Andre Jodjana, Patriot Club akan mendidik anak-anak agar memiliki dasar-dasar teknis olahraga baseball yang benar dan baik. Melalui Baseball, skill anak bisa membentuk dan melatih kerja sama tim yang baik, serta memiliki karakter yang positif dan mandiri. Bahkan, anak-anak yang berprestasi akan dipacu untuk menjadi atlet baseball dan softball bagi Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten pada umumnya.

“Olahraga baseball dan softball memang kurang populer di masyarakat kita. Namun, dengan hadirnya Patriot Club ini, diharapkan akan semakin banyak orang yang mengenal baseball dan softball,” kata Andre.

Lebih jauh Andre menuturkan, pembinaan secara selektif dan terfokus memerlukan calon atlet dengan kriteria yang dibagi menurut usia, yakni T-Ball League untuk 5-7 tahun, Minor League 8-10 tahun, Little League 11-12 tahun, Senior League 13-14 tahun, dan Big League 15-19 tahun.

“Patriot Club sangat serius dalam mengembangkan baseball dan softball. Karena itu, setiap tahun, kami selalu mengagendakan agar para siswa Patriot Club dapat mengikuti kompetisi baseball dan softball yang ada,” tegas Andre menambahkan.

Sementara itu, latihan di Patriot Club ini dilangsungkan seminggu dua kali, yakni pada hari Minggu dan Rabu. Sedangkan untuk pelatihnya, sebagian besar adalah atlit baseball dan softball profesional.