Kamis

Liputan Usaha Produk dan Jasa Olahraga


Minimnya Sarana Olahraga Umum Jadi Peluang

Olahraga tak hanya berguna untuk menyehatkan badan atau sekedar rekreasi jasmani semata. Sudah saatnya olahraga diolah menjadi bisnis yang menguntungkan. Dengan sedikit polesan manajemen yang handal, mengisi pundi-pundi pun bisa dilakukan. Dan olahraga yang dikomersilkan banyak macamnya, mulai dari sepakbola, billiard, senam, hingga beladiri, dan sebagainya.

Olahraga adalah salah satu industri hiburan dengan keunikan yang sangat khas dan sulit ditandingi oleh industri hiburan lainnya seperti musik dan film. Keunikan produk olahraga antara lain intangible, melibatkan emosi puluhan bahkan ratusan ribu penonton, sangat subjektif karena fans ingin tim yang didukung selalu memenangkan pertandingan, diminati segala macam kelompok masyarakat tanpa peduli kelas sosial, suku maupun agama. Namun demikian produk olahraga bisa mengakibatkan kerusuhan sosial seperti yang sering terjadi pada cabang sepakbola.

Kegiatan olahraga memiliki nilai kepada kehidupan manusia, baik nilai ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Nilai-nilai olahraga itu mempengaruhi keberhasilan pembangunan nasional, termasuk pembangunan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia. Bahkan dapat dikatakan sistem manajemen dan pembinaan olahraga merupakan bagian integral pembangunan kualitas sumber daya manusia.

Sayangnya, sebagian pihak menganggap kegiatan olahraga kurang memiliki kontribusi kepada pembangunan nasional. Padahal olahraga memiliki nilai ekonomi karena dapat meningkatkan produktivitas manusia sebagai sumber daya pembangunan.

Kesegaran jasmani yang memadai meningkatkan kemampuan kerja optimal serta dapat menghemat biaya pemeliharaan kesehatan. Pembinaan olahraga secara matang di masa depan akan memberi kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan perorangan.

Kita pun dapat mengembangkan bisnis dan kegiatan yang berkaitan dengan olahraga. Olahraga pun dapat memicu kegiatan bisnis baru, misalnya pariwisata, tempat hiburan, perhotelan, restoran, pengembangan usaha kecil terutama makanan dan minuman, yang pada akhirnya itu semua dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Saat ini masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di komunitas Serpong, Karawaci dan sekitarnya ini tidak akan sulit untuk menemukan fitness centre, bowling center, kolam renang berstandar internasional, atau klub olahraga yang dioperasikan secara bisnis. Olahraga memang menyimpan potensi untuk dikomersilkan.

Manajemen bisnis olahraga

Setiap lapisan masyarakat hendaknya memiliki kesadaran bahwa peranan olahraga dalam menciptakan bisnis sangat mungkin dan diperlukan. Mereka tidak dapat berjalan sendiri dalam melakukan industrialisasi olahraga. Karena itu hendaknya menggandeng pemilik modal sehingga bersinergi menghasilan rencana bisnis yang matang dan dapat diandalkan.

Dalam kaitan inilah, wawasan bisnis dan manajemen diperlukan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis olahraga. Hal ini penting karena maju dan berkembangnya bisnis itu akan memicu penelitian dan pengembangan, meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan ilmu dan teknologi olahraga, meningkatkan prestasi, serta memperbanyak kesempatan kerja.

Menghasilkan uang dari olahraga tidak melulu hanya melalui pertandingan saja. Lewat sarana-saranan latihan sederhana, komersialisasi olahraga juga bisa dilakukan. “Olahraga punya kesempatan untuk dibisniskan seperti di negara-negara maju. Di sana, para atlet begitu dihargai,” kata Andre Jodjana, Ketua Patriot Baseball and Softball Club, Alam Sutera.

Di komunitas Serpong sendiri banyak terdapat pusat-pusat usaha olahraga. Namun, sebagian besar yang berbentuk klub atau sasana, hanya bersifat semi komersil. “Klub Patriot lahir karena hobi dan keinginan untuk mengembangkan olahraga baseball dan softball. Masih jauh untuk mengomersilkan klub ini,” tegas Andre menambahkan.

Hal senada juga disampaikan oleh Chaeruman, Instruktur Catur Sekolah Catur 3CH, Gading Serpong. Menurutnya, Sekolah Catur 3CH tidak mencari keuntungan melainkan ingin melahirkan atlet-atlet catur profesional yang mampu berprestasi. “Sekolah catur kami dibentuk guna mengembangkan olahraga catur sekaligus melahirkan atlet-atlet catur baru,” pungkas Chaeruman.

Pengelolaan olahraga secara bisnis dapat menghasilkan keuntungan. Akan tetapi keuntungan yang dapat diraih sangat tergantung pada mutu fasilitas, produk, pertandingan atau jasa yang dijual, memiliki daya tarik dan ditampilkan pada saat yang tepat, di tempat strategis.

Langkah bisnis

Ada beberapa persyaratan agar kegiatan olahraga dapat menjadi bisnis. Pertama, masyarakat sudah memiliki kesadaran olahraga dapat membugarkan tubuh dan jiwa, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan produktivitas kerja, mengurangi biaya perawatan kesehatan. Sosialisasi peran dan fungsi olahraga seperti ini selayaknya menjadi program utama pelaku olahraga.

Selanjutnya tingkat kesejahteraan masyarakat sudah tinggi sehingga masyarakat tidak hanya bergelut memenuhi kebutuhan primer tetapi masyarakat sudah memerlukan kebutuhan tertier semisal rekreasi dan tontonan (pertandingan olahraga). Karena itu negara selayaknya mengusahakan dengan cerdas peningkatan kesejahteraan masyarakat ini.

Kemudian, para pengusaha sudah menyadari potensi dan peluang bisnis dari kegiatan olahraga. Karena itu pemerintah berkewajiban mempromosikan dan menyakinkan para pengusaha bahwa kegiatan olahraga menyimpan potensi dan peluang bisnis yang besar terutama derivasi bisnis kegiatan olahraga itu sendiri seperti transportasi, pariwisata, jasa pelayanan tempat olahraga, perdagangan peralatan olahraga.

Lalu pemilik modal dan pengurus organisasi keolahragaan serta pelaku olahraga lainnya tidak cukup hanya individu yang mencintai olahraga yang mau berkorban tenaga dan materi, tetapi selayaknya mereka memiliki jiwa wirausaha.

Pelaku olahraga tidak hanya berpikir menghabiskan dana tetapi sudah selayaknya mengerjakan bagaimana aktivitas olahraga yang dilakukan dan diselenggarakan dapat menghasilkan dana.

Pengurus dan pemilik klub atau organisasi olahraga dituntut memiliki kompetensi agar setiap event dan atau pertandingan olahraga dapat menghasilkan keuntungan finansial (uang). Karena itu hukumnya wajib bagi mereka untuk mempunyai kompetensi pemasaran.
Olahraga merupakan wahana yang memberikan kesempatan dan peluang kepada manusia untuk bersaing, menguasai, menang dan kalah. Olahraga seolah-olah menggantikan peran yang destruktif dan melenyapkan kebudayaan.

Pariwisata juga akan merupakan kegiatan serta memberikan kesempatan kepada manusia untuk bergerak, melihat, belajar, bergaul; mengenal budaya, alam sekitar, keunggulan, keajaiban ataupun keistimewaan tempat lain. Pariwisata juga akan berkembang sampai ke wisata ilmu dan teknologi, serta wisata olahraga.

Penyelenggaraan pariwisata dan olahraga akan maju dan berkembang dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pariwisata dan olahraga iuga akan mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi vang strategis. Pariwisata dan olahraga adalah subjek dan sekaligus juga objek masa depan.

Pariwisata dan olahraga adalah ujung tombak kehidupan masa depan. Kebutuhan pariwisata dan olahraga serta semua kegiatan yang berkaitan dapat memicu bisnis baru, jasa dan produk baru. Karena kepentingan dan kebermanfaatan pariwisata dan olahraga serta keterkaitannya dengan kemajuan bidang lain, maka koordinasi dan dukungan semua pihak (instansi pemerintah, induk dan cabang organisasi olahraga, pelaku usaha dan organisasinya, LSM dan organisasi kemasyarakatan lainnya) sangat diperlukan.

Minim sarana olahraga

Melihat pembangunan yang berlangsung cepat, termasuk di sektor properti yang membabat habis lahan-lahan kosong di kawasan kita ini, tak heran jika olahraga menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Terutama jika bicara tentang sarana olahraga umum yang sifatnya gratis semisal lapangan olahraga.

Seperti kata pepatah, “Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”, sebuah kalimat bijak yang sering didengar dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Tapi, bagaimana mau berolahraga kalau sarananya tidak ada?
Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk menyehatkan tubuh. Tapi, sebagian besar membutuhkan lapangan atau area yang ukurannya berbeda-beda. Sebut saja sepak bola, bola basket, bola volley, bilyar, atau bulu tangkis.

Mungkin hanya jogging yang tidak membutuhkan lapangan tertentu untuk melakukannya. Kita bisa jalan cepat atau lari di sepanjang jalan raya di mana pun.

Kalau dilihat dari animo masyarakat, sebenarnya mereka masih sangat ingin berolahraga. Coba lihat saja setiap Sabtu atau Minggu pagi di beberapa ruas jalan perumahan, tidak sedikit orang yang jogging. Atau kalau mau lihat di Taman Kota BSD, di sana banyak orang yang lari pagi di jogging trak yang sengaja disiapkan untuk berolahraga.

Ketika sarana olahraga umum semakin sulit ditemukan, akhirnya timbul ide untuk mengomersilkan lapangan olahraga beserta fasilitasnya. Di jaman yang serba materialistis ini, semuanya dihitung dengan uang. Kalau mau keluar keringat, bayar dulu!

Trend lapangan olahraga komersil sekarang ini adalah penyewaan lapangan futsal. Lihat saja di beberapa wilayah Serpong dan Tangerang, hampir semuanya memiliki lapangan futsal.

Rekreasi bersama

Selain untuk mengolah tubuh dan menjaga kesehatan, sarana olahraga bisa juga dijadikan tempat untuk berekreasi. Atau bisa pula sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama anggota keluarga.

Sebut saja seperti sport center yang banyak berdiri sebagai fasilitas buat perumahan-perumahan. Di sana biasanya, bukan hanya satu lapangan olahraga yang disediakan, tapi bisa beberapa sarana olahraga.

Sesuai dengan namanya, di situlah kelebihan sarana olahraga seperti sport center. Karena disediakan berbagai sarana seperti kolam renang, billiard, fitnes, tenis lapangan, bulutangkis, dan sebagainya, maka bila satu keluarga datang ke sana, masing-masing bisa berolahraga sesuai kesenangannya.

Lalu di mana rekreasinya? Ya, dengan datang bersama keluarga, itu sudah merupakan rekreasi. Bersenang-senang bersama keluarga sambil berolahraga.
Ambil contoh ketika satu keluarga yang beranggotakan suami, istri, dan satu anaknya. Mereka datang ke sport center yang ada fasilitas kolam renangnya. Di sana, suami dan istrinya mungkin tidak berolahraga sesungguhnya, tapi hanya menemani anaknya yang ingin bermain air. Bersenang-senang menikmati kebersamaan bersama keluarganya.

Tapi, meski begitu, ada juga keluarga yang anggotanya memang benar-benar serius berolahraga. Namun, kalo mereka datang bersama-sama, itu juga namanya rekreasi. Intinya, asal bisa melepas kepenatan dan menghilangkan stres.

Keberadaan sport center yang merupakan salah satu fasilitas dari kompleks-kompleks perumahan, memiliki keuntungan tersendiri buat para penghuninya. Selain lebih lengkap, mereka pun tidak perlu jauh-jauh kalau ingin berolahraga.

Penggunanya bisa membayar dengan cara menjadi member yang biasanya berlaku selama satu tahun, atau membeli tiket per satu kali kedatangan. Biasanya, setiap sport center pasti memiliki cara pembayaran seperti itu.

Kalau ingin menjadi member, berarti pelanggannya harus membayar beberapa ketentuan, seperti uang pangkal, uang administrasi, dan uang bulanannya. Besarannya bervariasi, biasanya uang pangkal berkisar antara 1 – 2 juta. Sedangkan uang bulanan berkisar antara Rp 200 – 500 ribu.

[+/-] Selengkapnya...

Aikido Aikikai Dojo BSD, Harmonisasikan Tenaga Lawan

Aikido Aikikai BSD berafiliasi ke Yayasan Indonesia Aikikai yang terdaftar resmi di Hombu Dojo Jepang. Sistem pengajarannya menganut kurikulum Aikikai Hombu Dojo Jepang, yaitu aliran aikido yang sesuai dengan ajaran Morihei Ueshiba, Pendiri Aikido.

Aikido Aikikai BSD berdiri November 2004. Saat ini, Aikido Aikikai BSD berlatih di Gedung Serba Guna (GSG), Sektor 1.3, BSD. Latihan Aikido Aikikai BSD dilakukan 2 kali seminggu, yakni setiap Rabu malam dan Minggu sore. Masing-masing latihan dilangsungkan selama 2 jam.

Ditegaskan oleh Pengurus Aikido Aikikai BSD, Dedi, Aikido sendiri sesungguhnya merupakan bagian dari olahraga beladiri. Namun, tidak seperti beladiri pada umumnya, Aikido lebih menekankan pada pertahanan serta tidak menciderai lawan.

“Aikido merupakan beladiri yang lembut. Prinsipnya, Aikido mengharmonisasikan tenaga lawan dan tenaga kita sendiri, dengan teknik kunci dan bantingan,” kata Dedi.

Kelas berlatih Aikido Aikikai BSD dibuka untuk semua kalangan, baik anak-anak mau orang dewasa. Menurut Dedi, kelas Aikido Aikikai BSD dibuka mulai usia 5 tahun. “Kelas kami bagi menjadi dua, kelas anak-anak dan dewasa. Kelas anak-anak mulai usia 5 tahun sampai 13 tahun, selebihnya adalah kelas dewasa,” lanjut Dedi.

Lebih jauh Dedi menjelaskan, setiap jam latihan, akan dibagi menjadi dua sesi, yaitu latihan Taijutsu dan latihan dengan senjata atau Buki Waza.

Setiap siswa yang berlatih di Aikido Aikikai BSD ini, nantinya akan berkesempatan menempuh ujian untuk kenaikan tingkat.

Ujiannya sendiri dibagi menjadi dua, yaitu ujian Kyu atau ujian kenaikan tingkat dan ujian sabuk hitam. Ujian Kyu dilakukan sendiri oleh para Sensei Aikido Aikikai BSD dan sertifikat diterbitkan oleh Yayasan Indonesia Aikikai, sedang untuk ujian sabuk hitam langsung dilakukan oleh guru besar atau Shihan dari Hombu Dojo Jepang, dengan sertifikat internasional dari Hombu Dojo Jepang.

[+/-] Selengkapnya...

Golden Horse Basket Ball Camp, Olahraga Basket untuk Generasi Muda

Klub basket ini sudah berdiri sejak tahun 2007 lalu. Saat ini dalam Golden Horse Basket Ball Camp telah bergabung lebih dari 30 anggota. Usia anggota Golden Horse Basket Ball Camp ini sendiri bervariasi mulai 8 sampai 15 tahun.

Saat ini, Golden Horse Basket Ball Camp berlatih di Sport Center Alam Sutera, Jl. Raya Sutera Utama, Alam Sutera, Serpong. Waktu latihan dilangsungkan seminggu satu kali, selama 2 jam. Latihan digelar setiap Sabtu pagi, pukul 09.30-11.30 WIB.

Menurut Pengurus Golden Horse Basket Ball Camp, Riyanto Darmawan, Golden Horse Basket Ball Camp hadir untuk memberi wadah bagi generasi muda di sekitar Serpong dan Tangerang, untuk memaksimalkan hobi dan bakatnya di bidang olahraga, khususnya basket.

“Serpong dan Tangerang memiliki potensi yang luar biasa untuk perkembangan olahraga basket. Karena itu, Golden Horse Basket Ball Camp hadir untuk memaksimalkan setiap potensi yang ada,” kata Riyanto.

Tidak hanya sekedar berlatih, para anggota Golden Horse Basket Ball Camp juga akan mendapat program jangka panjang yang jelas. Riyanto menyebutkan, Golden Horse Basket Ball Camp memiliki agenda kerja yang terkonsep dengan apik seperti mengadakan pertandingan-pertandingan persahabatan, mengikuti kompetisi basket, atau uji coba ke dalam dan luar kota.

“Golden Horse Basket Ball Camp memiliki tujuan yang jelas. Para anggota dilatih untuk mampu berprestasi di bidang olahraga basket,” tegas Riyanto menambahkan.
Mengenai pelatih yang ada, pelatih di Golden Horse Basket Ball Camp adalah orang-orang terampil di olahraga basket. Secara teori dan teknis, mereka sangat menguasai. Selain itu, para pelatih yang ada juga telah memiliki sertifikat resmi kepelatihan.

“Para anggota yang tergabung dalam Golden Horse Basket Ball Camp selalu dibekali dengan pengetahuan teori dan praktek yang maksimal,” lanjut Riyanto.
Dalam waktu dekat, Golden Horse Basket Ball Camp juga akan membuka kelas untuk orang dewasa. Kelas dewasa ini nantinya akan dilatih oleh pelatih internasional.

[+/-] Selengkapnya...

Gold’s Gym, Makin Bugar dengan Fitnes

Berdiri pertama kali di California, USA, pada tahun 1965, hingga kini Gold’s Gym telah hadir di 630 lokasi, di 32 negara. Gold’s Gym sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak akhir 2006 lalu. Di tanah air, Gold’s Gym hadir di 8 lokasi, dan salah satunya berada di Summarecon Mal Serpong, Gading Serpong.

Dijelaskan oleh Club Manager Gold’s Gym Gading Serpong, Oktria Setyawan, Gold’s Gym hadir sebagai tempat olahraga kebugaran yang serius. Maksudnya, bagi yang ingin mendapatkan manfaat terbaik dari fitnes, Gold’s Gym adalah pilihan yang tepat.

“Dengan program yang tepat serta instruktur yang profesional, Gold’s Gym memberi kualitas fitnes yang terbaik untuk masyarakat luas,” kata Oktria menjelaskan.

Profesional dan berkualitas, itulah yang ditawarkan oleh Gold’s Gym. Para instruktur yang ada, adalah orang-orang pilihan, yang telah mendapat gemblengan dari Institut Ade Rai. Sementara mengenai kualitas, tiap-tiap program yang ada dirancang sesuai tujuan masing-masing anggota atau peserta fitnes di Gold’s Gym. Beberapa program latihan yang bisa dipilih di Gold’s Gym antara lain Cardio Exercise, Spinning, Aerobics, dan Yoga.

Gold’s Gym sendiri menawarkan paket latihan dengan sistem member. Secara garis besar, sistem member ini tersedia dalam dua pilihan yakni member dengan personal instruktur dan member non personal instruktur. “Member bisa memilih sistem keanggotaannya,” lanjut Oktria.

Sementara itu, dari sisi kesehatan, Gold’s Gym turut pula menyediakan ahli gizi yang akan membantu para member menetapkan pola makan. Dan bagi anggota baru, Gold’s Gym memberi 2 sesi free berlatih bersama personal isntruktur serta satu kali konsultasi dengan ahli gizi.

Layanan olahraga kebugaran yang disediakan Gold’s Gym dihadirkan untuk pria dan wanita. Sementara untuk usia berlatih, Oktria menyebutkan, sesuai kebijakan Gold’s Gym, usia latih di Gold’s Gym minimal 16 tahun.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Grand Bowling, Tempatnya Olahraga Bola Gelinding

Grand Bowling hadir dengan konsep unik dan menarik, serta jarang ditemukan di arena bowling lainnya. Mengusung konsep modern minimalis pada fisik bangunan, Grand Bowling yang berlokasi di Mal WTC Matahari, Serpong Lantai 5 (lima), juga menawarkan konsep “Bowling untuk Keluarga“. Grand Bowling yang mempunyai jumlah lintasan Brunswick 22 buah, tidak hanya menawarkan permainan bowling saja, tetapi juga menawarkan “one stop entertainment“.

Selain cafe dan lounge yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman ringan, Grand Bowling dengan luas kurang lebih 2000 m persegi ini, juga memiliki Kid’s Zone, arena khusus anak-anak, dengan berbagai jenis permainan, termasuk permainan elek tronik yang sedang digandrungi, dan permainan bowling mini khusus untuk anak-anak.

Dua meja bilyar juga akan menambah fasilitas Grand Bowling terasa semakin lengkap. Para pebowler yang sedang menunggu rekannya bermain, dapat bermain bola sodok ini. Tidak ketinggalan pula, Grand Bowling juga melengkapi fasilitasnya dengan Pro Shop, outlet yang selalu siap melayani permintaan para pebowler untuk perlengkapan bowling dan apparel.

Hal yang paling penting yang tentunya sangat diperhatikan oleh Grand Bowling adalah soal pelayanan atau servis kepada tamu. Oleh karenanya, sebelum Grand Bowling dibuka, para instruktur dan petugas lainnya telah dilatih secara terus-menerus, tidak hanya soal teknis, tetapi juga cara melayani dan menghadapi tamu dengan baik.

Menurut Grand Bowling Manager, Weilan Waty Sibuea, kehadiran Grand Bowling ini akan berdampak besar bagi animo masyarakat untuk bermain bowling, dan tentunya membuat bowling menjadi olahraga permainan yang digandrungi masyarakat. “Bagi mereka yang pemula, tidak perlu takut untuk memulai bermain bowling, karena kami telah mempersiapkan pelatih level nasional yang selalu siap membantu apabila ada kesulitan dalam bermain bowling,“ ucap Weilan.

“Ke depan, kami akan segera mengadakan turnamen, liga, dan aktifitas menarik lainnya sehingga tidak membuat bosan tamu-tamu yang datang ke Grand Bowling,“ tegas Weilan.

[+/-] Selengkapnya...

Marcopolo Water Adventure, Olahraga Air di Atas Gedung

Marcopolo Water Adventure hadir di atas pusat perbelanjaan Serpong Town Square (SeToS). Marcopolo Water Adventure diciptakan dengan mengusung konsep taman air pertama di atas mal.

“Di sini masyarakat dapat merasakan sensasi olahraga berenang di ketinggian. Kenapa demikian? Karena selain pertama dibangun di atas mal, dari tempat ini pula pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar Serpong dari ketinggian,” kata Andi, General Manager A&P SeToS.

Desain bangunan Marcopolo Water Adventure terbilang unik. Di sini, kita dapat menemukan patung-patung hewan laut seperti udang, kura-kura hingga burung bangau dan pelikan dalam ukuran besar sebagai hiasan kolam renang. Tak hanya itu, sebuah bangunan bergaya arsitektur suku Indian yang berwarna kecokelatan juga akan kita jumpai.

Mengalihkan pemandangan ke arah yang lain, mata ini akan tertuju pada sebuah kapal – seperti kapal Pinishi berukuran besar berwarna kebiruan yang dapat digunakan untuk bersantai karena memiliki bangku kayu. Dari sini pula kita dapat melihat pemandangan lebih jauh.

Setidaknya ada tiga kolam yang dimiliki oleh Marcopolo Water Adventure. Masing-masingnya terhubung satu sama lain. Kolam-kolam di sini memiliki kombinasi warna biru dan hitam.

Tempat olahraga air yang satu ini menyediakan banyak permainan dan fasilitas. Di sini, kita dapat merasakan terjangan buih kecil di kolam arus sepanjang 200 meter. Kemudian, kita juga bisa meluncur dari beberapa slide dengan berbagai ukuran, yang tentunya akan membuat jantung ini berdetak kencang.

Pengelola Marcopolo Water Adventure juga tak melupakan ‘kesenangan’ pengunjung anak-anak. Marcopolo Water Adventure menyediakan area kolam tersendiri untuk anak-anak.

Bagi pengunjung yang belum mahir berenang, pengelola Marcopolo Water Adventure telah menyediakan kelas privat belajar renang untuk anak-anak dan dewasa. Ditangani oleh pelatih-pelatih renang yang handal, dengan cepat teknik berenang yang baik dan benar akan dapat kita kuasai.

[+/-] Selengkapnya...

Patriot Baseball & Softball Club, Pembinaan Baseball Sejak Dini

Dalam usaha memperkenalkan olahraga baseball kepada anak-anak, bekerja sama dengan Pengurus Cabang Perbasasi Kabupaten Tangerang, terbentuklah klub yang bernama Patriot Baseball & Softball. Klub Patriot hadir untuk membina dan mencari anak-anak berbakat dalam olahraga baseball dan softball.

Pelatihan diberikan secara rinci, mulai teori pengenalan olahraga baseball dan softball, tehnik dasar, teknik dasar pitching, fielding drills, base running, game situation dan advance skill development. Patriot Club menggunakan fasilitas Pengcab Perbasasi Kabupaten Tangerang berupa lapangan baseball di Alam Sutera, di samping Masjid Griya Sutera.

Menurut Ketua Patriot Baseball & Softball, Andre Jodjana, Patriot Club akan mendidik anak-anak agar memiliki dasar-dasar teknis olahraga baseball yang benar dan baik. Melalui Baseball, skill anak bisa membentuk dan melatih kerja sama tim yang baik, serta memiliki karakter yang positif dan mandiri. Bahkan, anak-anak yang berprestasi akan dipacu untuk menjadi atlet baseball dan softball bagi Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten pada umumnya.

“Olahraga baseball dan softball memang kurang populer di masyarakat kita. Namun, dengan hadirnya Patriot Club ini, diharapkan akan semakin banyak orang yang mengenal baseball dan softball,” kata Andre.

Lebih jauh Andre menuturkan, pembinaan secara selektif dan terfokus memerlukan calon atlet dengan kriteria yang dibagi menurut usia, yakni T-Ball League untuk 5-7 tahun, Minor League 8-10 tahun, Little League 11-12 tahun, Senior League 13-14 tahun, dan Big League 15-19 tahun.

“Patriot Club sangat serius dalam mengembangkan baseball dan softball. Karena itu, setiap tahun, kami selalu mengagendakan agar para siswa Patriot Club dapat mengikuti kompetisi baseball dan softball yang ada,” tegas Andre menambahkan.

Sementara itu, latihan di Patriot Club ini dilangsungkan seminggu dua kali, yakni pada hari Minggu dan Rabu. Sedangkan untuk pelatihnya, sebagian besar adalah atlit baseball dan softball profesional.

[+/-] Selengkapnya...

Sekolah Catur 3CH, Prestasi Dalam dan Luar Negeri

Guna semakin memasyarakatkan olahraga catur, di bilangan Gading Serpong Sektor 1A, hadir Sekolah Catur 3CH. Sekolah catur ini berdiri sejak pertengahan tahun 2007 lalu. Saat ini, dalam Sekolah Catur 3CH telah bergabung 5 siswa, dengan usia antara 6 sampai 14 tahun.

Kelas catur di Sekolah Catur 3CH diadakan seminggu sekali, dengan durasi selama 4 jam. Menurut Instruktur Catur Sekolah Catur 3CH, Chaeruman MN. WNM., materi yang diberikan berupa teori dan rumus-rumus atau teknik bermain catur.

“Bagi siswa pemula, utamanya akan kami berikan pengetahuan dasar tentang catur. Tapi bagi siswa yang sudah mahir, penguasaan teknik bermain lebih kami optimalkan,” kata Chaeruman menegaskan.

Para siswa yang bergabung dalam Sekolah Catur 3CH ini sendiri juga diwajibkan untuk memiliki mental bertanding yang kuat. Dan untuk menciptakan hal tersebut, Sekolah Catur 3CH diharuskan mengikuti kejuaraan-kejuaraan catur yang ada.

“Murid-murid Sekolah Catur 3CH wajib berkompetisi. Dan kami telah mengikuti beberapa kejuaraan catur, baik tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Chaeruman menambahkan.

Mengenai sosok pelatih, saat ini Sekolah Catur 3CH menempatkan Cheruman sebagai pelatih tunggal. Chaeruman sendiri merupakan mantan atlit catur profesional, yang telah malang melintang di dunia catur nasional.

Sementara itu, tidak hanya sekedar berlatih dan berkompetisi, Sekolah Catur 3CH ini sangat peduli dengan prestasi anak didiknya. Sebagai contoh, Sekolah Catur 3CH telah melahirkan dua pecatur muda sarat prestasi. Mereka adalah Christoper Timothy (8 tahun) dan Christine Elisabeth (6 tahun).

Christoper telah tampil di beberapa kejuaraan catur dengan prestasi yang sangat membanggakan. Agustus 2007, Christoper turun di turnamen catur HUT Kota Tangerang dan berada dalam peringkat ke-6. Kemudian, Januari 2008, Christoper kembali bertanding di turnamen catur Percagros dan meraih juara ke-2. Selanjutnya, pada ajang International World Series School Chess Championship, Singapura Juli 2008, Christoper meraih juara 3 dunia beregu dan perorangan peringkat 5 dunia.

Sementara Christine, menjuarai turnamen kejuaraan catur Percagros, beregu juara 2 dunia, dan perorangan juara 3 dunia pada ajang International World Series School Chess Championship, Singapura Juli 2008.

[+/-] Selengkapnya...

Jangan Dulu Bicara Prestasi Olahraga

Di masa yang serba komersil seperti sekarang ini, segala sesuatunya butuh uang, termasuk untuk mengeluarkan keringat dengan berolahraga. Akibat minimnya lahan, olahraga harus dibayar dengan uang.

Menyedihkan memang ketika ingin mendapat badan yang sehat harus dibayar dengan uang. Tapi apa daya, karena semakin sedikitnya fasilitas olahraga yang gratis, mau tak mau kita yang hendak berolahraga harus rela sedikit merogoh kocek.

Di komunitas Serpong dan Karawaci sendiri, banyak tempat yang menyediakan jasa penyewaan sarana untuk berolahraga. Pun demikian, bagi warga komunitas kita ini, keluar uang sedikit asal sehat rasanya tak jadi soal. Selama itu menyenangkan dan dalam batas-batas kewajaran, semuanya sah-sah saja.

Tujuan dari olahraga tentu adalah sehat. Dengan raga dan jiwa yang sehat, maka pikiran kita juga akan semakin ‘sempurna’ daya konsentrasinya. Jika begitu, semoga saja apa yang kita kerjakan bisa berhasil, berjalan sesuai harapan.

Banyak pilihan tempat olahraga di komunitas tercinta ini. Bagi yang serius, atau yang bercita-cita menjadi atlet olahraga profesional, beberapa tempat memang lahir untuk menjadikan anggotanya menjadi atlet pro. Luar biasa bukan.

Sementara itu, bagi yang hanya ingin sekedar cari keringat, tempat olahraga yang murah meriah juga ada. Asal bisa bergerak dan memacu jantung, tempat seadanya sudah cukup.

Olahraga sudah jadi kebutuhan. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menjadikan olahraga sebagai suatu gaya hidup alias kemewahan. Akibat komersialisasi, olahraga menjadi bagian dari symbol kemapanan.

Di luar negeri, olahraga benar-benar dipuja, dihargai setinggi langit. Lain halnya di tanah air. Di masa jayanya, seorang atlet akan dikalungi berjuta pujian, tapi begitu pamornya turun atau setelah pensiun, masyarakat akan dengan cepat melupakannya. Tragis memang, tapi seperti itulah kenyataannya.

Bicara tentang prestasi, olahraga nasional sepertinya hanya berjalan di tempat. Apapun bidang olahraganya, selalu saja jauh dari juara. Belum lagi atlet yang bertanding itu-itu saja, seakan tak ada gantinya. Sebenarnya, apa yang salah dengan olahraga di tanah air, atletnya, pelatihnya, pengurusnya, atau pemerintahnya?

Terlalu rumit bagi kita yang ada di komunitas Serpong dan Karawaci ini untuk memikirkan hal-hal seperti itu. Yang kita bisa hanyalah terus berolahraga agar bisa sehat, kendati harus membayar.

Olahraga adalah suatu kebiasaan yang baik. Apalagi jika dibiasakan sejak dini. Jika semua anak di negeri ini rajin berolahraga, tentu semuanya akan sehat, dan kedepannya, akan lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang berbadan sehat sekaligus memiliki jiwa yang sehat pula. Sehingga pada akhirnya, akan mampu melahirkan kebijakan-kebijakan yang benar-benar membela kepentingan rakyat.

Sementara itu, membisniskan olahraga sebenarnya bukan hanya sekedar wacana. Olahraga punya potensi untuk ‘diuangkan’. Apalagi di komunitas ini, masyarakatnya sudah sangat peduli dengan olahraga. Jika pandai dan jeli melihat peluang, berbisnis olahraga akan jadi suatu pilihan yang tepat, sekaligus bermanfaat untuk orang lain. Ingin berbisnis olahraga, kenapa tak mencoba?

[+/-] Selengkapnya...

Tips Jadwal Olahraga Harian Bagi yang Sibuk

Anda tak sempat berolahraga karena sibuk? Barangkali Anda bisa mencoba mengikuti jadwal olahraga harian yang dapat dilakukan di sela-sela kesibukan Anda berikut ini. Beberapa tips sehat berolahraga ini dikutip dari sportindo.com.

Senin
Bawalah pedometer ketika berjalan kaki. Seorang profesor fisiologi di Amerika mengatakan bahwa melihat angka-angka dapat menjadi insentif kuat untuk memicu orang berjalan menempuh jarak yang lebih jauh dari sebelumnya. Sebuah studi yang diterbitkan di the International Journal of Obesity menunjukkan bahwa berjalan kaki 9.000 atau lebih langkah per hari mengurangi resiko menderita penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Selasa
Cobalah untuk berjalan kaki ke tempat kerja atau tempat lainnya. Kalau Anda naik mobil, parkirlah mobil di tempat yang jauh. Kalau naik bis atau kereta, turunlah agak jauh dari tempat perhentian. Cobalah berjalan sejauh 1 km, kira-kira selama 15 sampai 20 menit. Berjalan dengan kecepatan tiga sampai empat km per jam adalah kecepatan yang diperlukan untuk mendapatkan kesehatan jantung dan urat darah yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit jantung.

Rabu
Cara lain untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan membakar lebih banyak kalori adalah berjalan-jalan di kantor. Pergilah ke kantin di bawah untuk minum kopi. Gunakan mesin faks yang ada tiga lantai di atas. Daripada mengirim e-mail ke teman kerja Anda, berjalanlah ke kantornya. Gunakan printer yang letaknya paling jauh dari meja Anda.

Kamis
Letakkan beberapa barbel ringan di meja untuk Anda angkat ketika sedang beristirahat kerja. Cara lain, ikatkan pemberat (misalnya 1 Kg) pada remote control TV. Anda dapat melakukan olah raga kecil-kecilan dengan menggerakkan otot tangan ke atas dan ke bawah setiap kali mengganti saluran kira-kira selama 5-10 menit. Studi menunjukkan bahwa latihan mengangkat dan menahan beban seperti ini mengurangi resiko terkena banyak penyakit, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung.

Jumat
Manfaatkan waktu menunggu Anda. Berjalan-jalanlah di sekitar gedung kantor pada waktu istirahat atau sekitar ruangan ketika sedang mengantri layanan dokter. Tarik otot-otot tubuh ketika sedang duduk atau berdiri dalam barisan. Tarik perut hingga tulang belakang dan tahan dalam lima hitungan.

Sabtu
Daripada melewatkan olah raga rutin, lebih baik memperpendek waktu dan menambah intensitasnya untuk meningkatkan kualitas latihan anda. Misalnya, Anda bisa mengurangi waktu bersepeda di tempat fitnes, tetapi selingi dengan dua atau tiga kali bersepeda cepat selama satu menit.

Minggu
Sekali-kali rencanakan kencan dengan melakukan kegiatan olah raga bersama. Bersepeda atau bermain tenis bersama bisa membantu menguapkan energi syaraf. Lagipula, berolah raga lebih murah daripada pergi berkencan di restoran atau bioskop kan?

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Selasa

CENTRA AUTO AC - Spesialis Perawatan, Perbaikan, dan Pemasangan Baru AC Mobil (Denso)

Agar dapat berkendara mobil dengan nyaman, AC mobil harus selalu dalam kondisi prima. Sistem AC mobil juga memerlukan perawatan, sama seperti dengan mesin mobil. Dan untuk mengatasi kebutuhan AC mobil anda, kini telah hadir Centra Auto AC, yang menspesialisasikan dirinya dalam hal perawatan, perbaikan dan pemasangan baru AC mobil.

Centra Auto AC yang berlokasi di Ruko Sutera Niaga I, Alam Sutera, Serpong ini, hadir di komunitas kita sejak Oktober 2008 lalu. Dijelaskan oleh Pimpinan Centra Auto AC, Eka Laksmono, sebelum hadir di Serpong, Centra Auto AC sudah lebih dulu ada di Bekasi sejak 2005. Terutama menangani semua mobil yang memakai AC Denso seperti mobil-mobil buatan Jepang. Kendati demikian, Centra Auto AC juga menangani mobil-mobil yang tidak memakai AC Denso seperti buatan Eropa, Korea, dll.

“Bengkel kami mempunyai 3 komitmen. Pertama adalah Quality, maksudnya, kualitas kerja merupakan target utama kami, karena kami menjalankan standard kerja yang sesuai dengan pabrikan Denso. Kedua Reliability, maksudnya, semua teknisi kami sudah melewati training standard pabrikan Denso, sehingga kami dapat diandalkan dalam menganalisa masalah AC mobil, kemudian menjelaskan kepada pelanggan kondisi yang sebenarnya serta tindakan yang akan dilakukan. Yang ketiga adalah Satisfaction, maksudnya, dengan kualitas kerja kami yang bagus serta ditunjang dengan ketepatan analisa masalah AC mobil dan tindakan yang dilakukan, maka diharapkan pelanggan kami akan puas,” tegas Eka.

Sebelum membuka bengkel, Eka sendiri sempat bekerja di PT. Denso Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Berbekal pengalaman dan training-training dari Denso, Eka pun memberanikan diri untuk membuka bengkel AC sendiri.

Selain melayani konsumen di bengkelnya, Eka melalui grup Centra-nya juga telah dipercaya oleh sebuah grup bengkel resmi mobil ternama di Indonesia, yang mendapatkan penghargaan JD-POWER No. 1 (kepuasan konsumen) di tahun 2007 dan 2008, untuk menangani masalah AC mobil di bengkel tersebut. Hingga saat ini, Centra Auto AC telah melayani 8 cabang bengkel mobil besar tersebut, antara lain di Jakarta Barat, Karawang, Bogor, Cibinong, Depok dan Cibubur. Centra Auto AC buka setiap hari, dari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

Centro Pujasera - Tempat Jajannya De Latinos

Bakso dan siomay tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Kedua makanan ini memang makanan rakyat, yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Selain lezat dan enak, kedua makanan ini juga tidak terlalu mahal.

Centro Pujasera merupakan tempat makan yang menyediakan beragam makanan lezat seperti bakso, siomay, nasi rames, nasi uduk, pempek, laksa, dan bubur ayam. Kesemua makanan yang tersedia di pujasera yang berlokasi di Ruko Centro Havana, De Latinos, BSD ini memang makanan yang umum kita kenal sehari-hari.

Di Centro Pujasera, Anda yang datang dapat menyantap aneka hidangan yang tersedia dengan santai dan nyaman. Ruang makan Centro Pujasera tertata dengan apik, sementara itu, di bagian luarnya juga disediakan beberapa meja makan. Centro Pujasera sendiri mampu menerima tamu hingga 50 orang.

“Selain makan di dalam gedung, kami juga menyediakan ruang makan di halaman. Jadi, konsumen yang ingin makan di tempat terbuka, ruangnya sudah kami sediakan,” kata Pengelola Centro Pujasera, Alan.

Lebih jauh Alan menuturkan, tiap-tiap menu, kecuali siomay, dikelola oleh mitra Centro Pujasera. Pun demikian, menurut Alan, para mitra Centro Pujasera adalah para pedagang yang sudah berpengalaman. “Sebelum bergabung, kami mencoba makanan para mitra. Jika rasanya memang layak jual, baru kami ajak kerja sama,” tukas Alan menambahkan.

Mengenai harga makanan, Alan menyebutkan, harga makanan yang disediakan terbilang sangat terjangkau. Harga makanan di Centro Pujasera berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

Sementara itu, untuk minumannya, selain tersedia aneka minuman ringan, Centro Pujasera juga menyediakan es campur dan jus buah. Centro Pujasera jua menyediakan layanan pesan antar. Centro Pujasera buka setiap hari, mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

Deadseventies - Distro Lokal Tembus Eropa

Generasi muda masa kini selalu ingin tampil trendi. Berbalut busana terkini, mereka tampil dengan sejuta ekspresi. Tak terkecuali produk-produk distro yang kian digemari para kawula muda. Keberadaan distro makin hari, makin dicari.

Sebagai sebuah merek produk, deadseventies sudah ada sejak tahun 2000 lalu. Ketika itu, produk deadseventies hanya dipasarkan dengan cara mensuplai ke beberapa distro. Baru pada November lalu, deadseventies resmi memiliki store sendiri, dan berlokasi di Meruya Ilir, Jakarta Barat .

Dijelaskan oleh General Manager deadseventies, Hendrayansyah, segala kebutuhan berbusana, dari ujung kaki hingga ujung rambut disediakan oleh deadseventies. Terlebih, produk-produk deadseventies memiliki kekuatan pada karakter yang mencirikan kebebasan.

“Kebanyakan produk kami, baik itu, t-shirt, kemaja, atau sweater dan jaket, berkarakter nge¬-pop, penuh permainan warna-warna cerah. Selain itu, untuk bahan, deaddeventies menggunakan bahan kualitas nomor satu,” kata Hendra menerangkan.

Bicara tentang produk atau pakaian distro, berarti bicara tentang produk terbatas. Mengenai hal tersebut, Hendra menuturkan, produk-produk deadseventies dibuat terbatas, maksimal 40 potong. Selain itu, deadseventies juga memiliki produk limited edition, yang jumlah produksinya hanya 24 potong.

Lebih jauh Hendra menerangkan, selain di store sendiri, produk deadseventies juga dipasarkan di beberapa kota besar di Indonesia. Terlebih, tak hanya bermain di tingkat nasional, produk-produk deadseventies juga sudah dipasarkan di beberapa negara luar seperti Belanda, Australia, dan Malaysia.

Mengenai harga produk, Hendra menuturkan, harga produk deadseventies berada pada kisaran harga Rp 55 ribu hingga Rp 210 ribu-an. deadseventies Store buka setiap hari, mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Informasi lebih lengkap, kunjungi www.deadseventies.com.

[+/-] Selengkapnya...

Kuwat Reflexology & Nature Spa - Untuk yang Serius Merawat Diri

Terkadang berbagai kegiatan yang kita lakukan membuat tubuh kita menjadi lelah dan terasa tidak fit. Untuk itu, memanjakan diri dengan berkunjung ke tempat refleksi dan spa bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Kuwat Reflexology & Nature Spa menyediakan layanan untuk merelaksasi diri seperti refleksi, spa, lulur, dan massage. Kesemua treatment ini dilakukan oleh terapis-terapis yang profesional serta menggunakan produk-produk alami yang berbahan dasar rempah-rempah Jawa.

Kuwat Reflexology & Nature Spa hadir di komunitas kita sejak November lalu dan berlokasi di Ruko Tol Boulevard, BSD. Pun demikian, sebenarnya gerai usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2000 lalu dan banyak terdapat di beberapa hotel besar di kawasan Jakarta, Bandung, dan Batam.

“Sebelumnya, kami sudah lebih dulu ada di beberapa hotel seperti Hotel Ibis Jakarta, Grand Serela Bandung, Hotel Mercure Batam, dan Hotel Ibis Semarang. Hingga saat ini, sudah ada 10 gerai Kuwat Reflexology & Nature Spa,” kata Pimpinan Kuwat Reflexology & Nature Spa, Nurlili.

Bermacam layanan perawatan tubuh yang disediakan, lanjut Nurlili, dihadirkan bagi konsumen yang benar-benar ingin melepas lelah. Tidak ada perawatan yang ‘macam-macam’ di Kuwat Reflexology & Nature Spa ini. “Bagi yang ingin serius merawat diri, di sini tempatnya,” pungkas Nurlili.

Mengenai tarif layanan yang disediakan, Nurlili menyebutkan, tarif yang dipasang terbilang sangat bersaing dengan gerai usaha yang lain. Untuk spa, tarifnya Rp 150 ribu, refleksi Rp 35 ribu per 90 menit, dan lulur Rp 60 ribu.

Selama masa promosi, hingga 3 bulan ke depan, Kuwat Reflexology & Nature Spa tengah mengadakan program promo yaitu diskon 20% di bawah jam 12 siang. Diskon ini berlaku untuk semua treatment. Kuwat Reflexology & Nature Spa buka setiap hari, mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

Mandiri Property - Solusi Tepat Jual-Beli Properti

Seiring makin menjamurnya produk properti di komunitas Serpong dan sekitarnya ini, kehadiran agen properti kian pula dibutuhkan oleh masyarakat. Tak hanya menjadi perantara, agen properti turut pula hadir dengan berbagai pelayanan yang memudahkan.

Mandiri Property adalah agen properti terbaru yang hadir di komunitas kita. Mandiri Property resmi beroperasi sejak November 2008 lalu. Berkantor di Ruko Villa Melati Mas, Serpong, Mandiri Property siap membantu masyarakat untuk segala urusan transaksi produk properti, seperti jual, beli, atau sewa.

Poduk properti yang disediakan Mandiri Property banyak pilihannya, mulai dari rumah, ruko, kavling, gudang, dan sebagainya. “Segala produk properti bisa didapat melalui Mandiri Property,” kata Pimpinan Mandiri Property, Meliana Goenawan.

Produk properti primary dan secondary, atau produk baru dan seken dapat pula ditemukan melalui Mandiri Property. Untuk produk baru, Mandiri Property telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pengembang papan atas di sekitara Serpong dan Tangerang ini.

“Beberapa pengembang properti besar di Serpong dan Tangerang telah mempercayakan penjualan produknya kepada kami. Bagi kami, hal ini adalah sebuah kehormatan,” tukas Meliana menambahkan.

Saat ini, dalam Mandiri Property telah bergabung 12 marketing handal yang siap melayani konsumen. Sedangkan untuk lokasi produk, sebagian besar masih berada dalam kawasan Serpong dan Tangerang.

Mengenai pembiayaan transaksi, Melianan menyebutkan, Mandiri Property juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah bank nasional untuk pembiayaan KPR. Terlebih, Mandiri Property juga menyediakan layanan konsultasi bagi konsumennya.

“Kami hadir dengan konsep one stop solution. Tak hanya menjual, membeli atau menyewakan produk, kami juga siap memberi konsultasi seputar transaksi properti,” pungkas Meliana.

Pada prinsipnya, Mandiri Property bekerja dengan konsep kekeluargaan. Antara Mandiri Property dan konsumen, selalu dibina hubungan dan komunikasi yang baik. “Kami mengangap konsumen sebagai mitra kerja yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya,” ujar Meliana menegaskan.

[+/-] Selengkapnya...

Wijaya Petshop - Bantu Merawat Hewan Kesayangan

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan adalah kesenangan. Dan untuk membantu para pemilik hewan peliharaan dalam mengurus binatang kesayangannya, di komunitas kita ini hadir banyak petshop yang menyediakan jasa dan produk khusus untuk hewan-hewan peliharaan.

Aneka kebutuhan hewan peliharaan, terutama untuk anjing dan kucing disediakan oleh Wijaya Petshop. Gerai usaha yang berlokasi di Ruko Beryl, Gading Serpong ini menyediakan rupa-rupa produk kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan, kandang, serta aksesoris perawatannya. Kemudian, Wijaya Petshop juga menghadirkan jasa grooming dan salon.

“Kami hadir dengan jasa dan produk yang lengkap untuk hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing. Untuk produk makanannya, sebagian besar adalah produk import,” kata Yusin Wijaya, Pengelola Wijaya Petshop.

Sementara itu, selain makanan, Wijaya Petshop juga menyediakan aneka produk aksesoris hewan peliharaan seperti kandang, tali rantai, sisir, dan mainan hewan. Kesemuanya itu tersedia dengan lengkap.

Khusus untuk layanan grooming dan salon, Yusin menjelaskan, layanan ini disediakan untuk anjing dan kucing. Layanan mandi standar meliputi penggunaan shampo, bersihkan telinga, potong kuku, dan bersihkan bulu belakang.

Untuk anjing, layanan mandi disediakan terpisah berdasarkan katagori ukuran anjing, yakni anjing kecil, sedang, dan besar, dengan tarif yang berbeda pula. Mandi untuk anjing kecil tarifnya Rp 30 ribu, anjing sedang Rp 50 ribu, dan anjing besar Rp 75 ribu. Sedangkan untuk kucing, disamaratakan dengan tarif sebesar Rp 40 ribu.

Wijaya Petshop turut pula menyediakan layanan grooming dan salon ke tempat konsumen. Kemudian, gerai usaha ini juga menyediakan layanan grooming dan salon antar jemput. Untuk kedua layanan ini ada biaya tambahan sebagai pengganti transportasi.

Sebagai pelengkap, Wijaya Petshop juga menyediakan jasa penitipan hewan peliharaan. Wijaya Petshop buka setiap hari, dari Senin hingga Sabtu.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Kejuaraan Liong dan Barongsai Internasional, Meliuk Berani Beradu Gengsi

Atraksi para pemain barongsai yang berusia relatif muda memukau ribuan pengunjung pusat perbelanjaan BSD Junction. Lewat atraksi lantai dan tonggak, para pemain barongsai yang bertarung dalam ajang kejuaraan barongsai dan liong bertaraf internasional ini meliuk-liuk beradu ketangkasan.

BSD City menjadi tempat diselenggarakannya Turnamen Liong dan Barongsai tingkat nasional dan internasional 2008. Selain Asean Cup 2008, Turnamen Liong dan Barongsai yang diselenggarakan oleh Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) dan didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini juga akan memperebutkan President Cup 2008 yang merupakan piala bergilir Presiden Republik Indonesia.

Sebanyak 10 barongsai dari 6 negara Asean dan sekitarnya, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunai Darusaalam, Hongkong, dan Taiwan, beradu ketangkasan di atas Tonggak dalam Asean Cup 2008 yang berlangsung pada Selasa, 9 Desember 2008 lalu. Sedangkan untuk President Cup 2008 digelar selama dua hari, yaitu Minggu dan Senin, 7-8 Desember 2008 dan diikuti oleh 30 tim barongsai lantai dan tonggak yang berasal dari berbagai wilayah seluruh Indonesia.

“Asean Cup 2008 sendiri merupakan kejuaraan barongsai tonggak yang baru pertama kali digelar. Sementara President Cup 2008 merupakan kejuaraan yang rutin digelar PLBSI sejak tahun 2001, dan untuk tahun ini merupakan ajang President Cup yang keenam. Dan BSD Junction telah terpilih menjadi tempat berlangsungnya kedua turnamen tersebut,” kata Gandi Salistjanto, Property General Manager BSD Junction.

Selain dari Asean Dragon and Lion Dance Federation (ADLDF) yang merupakan federasi perkumpulan liong dan barongsai se-Asia Tenggara, penyelengaraan Asean Cup 2008 dan President Cup 2008 juga mendapat dukungan dari International Dragon and Lion Dance Federation (IDLF) atau federasi liong dan barongsai sedunia. Bahkan pihak IDLF sendiri telah mengirimkan utusannya dari Malaysia untuk menjadi dewan juri di Asean Cup 2008 ini.

Indonesia sendiri, untuk Asean Cup 2008 menurunkan tiga tim barongsai tonggak. Ketiga tim tersebut merupakan tim barongsai pilihan yang berhasil menempati urutan pertama, kedua, dan ketiga dalam turnamen President Cup 2008.

Piala untuk Malaysia

Ketangkasan bermain barongsai di atas tonggak dari tim Malaysia rupanya belum dapat ditumbangkan oleh peserta yang lainnya. Tak heran jika 28 juara barongsai dunia pernah disabetnya, tak terkecuali juara pada piala Asean Cup 2008 ini.

Kendati tim Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah telah menurunkan 3 tim terbaiknya, yaitu Kong Ha Hong, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) A dan PSMTI B, ketangkasan tim dari negeri jiran ini belum dapat tergeserkan.

Pun demikian, usaha dari 3 tim tuan rumah yang telah disaring melalui kejuaraan President Cup 2008 tidaklah terlalu buruk. Selisih skor 0,04 dengan pemegang piala Asean Cup 2008 cukup memuaskan.

Kekalahaan nilai tim Indonesia dari tim Malaysia yang tipis disebabkan karena kelelahan setelah 2 hari sebelumnya berjuang dalam piala President Cup 2008. tapi, dari segi kualitas permainan dan pengalaman, tim Indonesia tak kalah dengan tim Malaysia.

Untuk perolehan skor, posisi pertama diduduki oleh Kun Seng Keng Lion and Dragon Dance Association dari Malaysia dengan skor 9,14, dilanjutkan skor 9,10 untuk Kong Ha Hong dari Indonesia dan urutan ketiga Chin Wan Thai Yu Wei dari Hongkong dengan nilai 9,05.

Pada kejuaraan ini, penilaian dilakukan atas dasar ekspresi singa atau naga, keserasian gerak antara kepala dan ekor, kerapian kostum dan aksesoris, serta tingkat kesulitan yang dilakukan singa atau naga. “Ada banyak penilaian yang diberikan,” kata Wakil Ketua Panitia Kejuaraan Liong dan Barongsai Internasional 2008, The Pu Ming.

Lebih jauh The Pu Ming menyebutkan, kejuaraan liong dan barongsai ini diselenggarakan dalam rangka memasyarakatkan barongsai. Terlebih, pengenalan budaya dan olahraga melebur menjadi satu dalam atraksi barongsai. “Kami harapkan masyarakat Indonesia akan semakin mengenal barongsai,” pungkas The Pu Ming lagi.

Sementara itu, perjuangan tim Malaysia untuk menjuarai piala Asean Cup 2008 membawa sedikit insiden kecil. Salah satu pemain dari tim Malaysia, yang bernama Chan Kok Fu, mengalami cedera saat melakukan aksinya di atas tonggak dan dirasakan setelah pertandingan usai. Saat itu juga, pemain barongsai yang memegang ekor tersebut dilarikan ke rumah sakit Eka Hospital, Serpong.

“Cedera yang dialami Chan Kok Fu disebabkan karena kelelahan akibat padatnya jadwal pertandingan,” kata Loo Poi Yap, pelatih Kun Seng Keng Lion and Dragon Dance Association.

Kejuaraan Liong dan Barongsai Internasional 2008 ini sendiri berlangsung dengan sangat meriah. Para peserta tampak begitu antusias mengikuti kejuaraan bergengsi ini. Selain itu, kemeriahan juga semakin terlihat dengan banyaknya penonton yang menyaksikan perhelatan tahunan ini.

Yang menarik dari Kejuaraan Liong dan Barongsai Internasional ini adalah sebagian besar peserta berusia sangat muda, sekitar 12 sampai 15 tahun. Para pemain muda itu tampil sebagai pemeran utama yang mengendalikan naga dan singa.

Kemudian, tak hanya didominasi peserta laki-laki, peserta perempuan, yang tampil pada bagian penabuh gendering juga tampak terlihat. Dengan gagah dan penuh semangat, genderang terus bertabuh menyemangati sang naga.

[+/-] Selengkapnya...

Hunian Asri di Foresta yang Hijau

Konsep hunian yang hijau memang tengah menjadi primadona pada industri properti. Tak ketinggalan, pengembang papan atas, PT BSD Tbk, turut pula menghadirkan produk properti perumahan bernuansa asri dan alami, seperti Foresta.

Foresta merupakan kawasan hunian menengah atas yang dibangun di atas lahan seluas 72 hektar. Kawasan perumahan ini dikembangkan di wilayah barat BSD, dengan pola cluster yang mengusung konsep hunian komunitas hijau (green community concept).

Foresta yang menjadi proyek kawasan hunian pertama untuk pengembangan BSD barat, dikembangkan dalam 12 cluster. “PT BSD akan menjadikan Foresta sebagai sebuah kawasan hijau dan nyaman. Kehadiran lingkungan yang hijau, asri, dan ditambah dengan rimbunnya pepohonan yang ada, akan membuat para penghuni Foresta merasakan kehidupan keseharian yang sangat dekat dengan alam,” kata Idham Muchlis, Corporate Communication Senior Manager PT BSD Tbk.

Pada setiap cluster dibangun kawasan hijau yang berfungsi sebagai paru-paru cluster sekaligus sebagai community park. Dalam kawasan Foresta sendiri juga akan dilengkapi jogging track dan cycling path sepanjang 2,3 kilometer dengan lebar 10 hingga 15 meter yang akan menghubungkan seluruh cluster yang diberi nama Viale Foresta.

Di Foresta terdapat pula, fasilitas putting green, 3 on 3 basket ball, taman-taman serta pedestrian yang lebar dan nyaman dengan lebar 10 hingga 15 meter. Selain ditanami pohon-pohon yang rimbun, di beberapa tempat juga terdapat kursi taman, lapangan olahraga, playground, dan taman bermain anak.

Lebih jauh Idham menambahkan, Green Community Concept diterapkan pada desain rumah di Foresta. Selain setiap rumah akan ditanam sebuah pohon kayu agar lingkungannya menjadi teduh, bangunannya juga akan menerapkan desain yang memudahkan terciptanya sirkulasi udara dan cukupnya sinar matahari masuk ke dalam rumah. Penerapan desain ini akan menekan penggunaan konsumsi energi listrik. “Jadi, konsep hijau ini tidak hanya untuk lingkungan luar rumah saja,” ujarnya singkat.

Rumah di Foresta ini dijual dengan harga berkisar Rp 450 juta hingga Rp 750 juta per unit. Selain itu, Foresta merupakan proyek perdana untuk pengembangan tahap kedua BSD City. Dalam hal ini, karena proyek perdana maka pengembangan cluster itu akan dimaksimalkan.

Untuk tahap awal, lanjut Idham, akan dikembangkan dua cluster dengan jumlah unit sekitar 420 unit rumah. Kedua cluster itu itu adalah Albera sebanyak 246 unit, dan Fiore sebanyak 174 unit. Pada kedua cluster itu akan dibangun unit-unit rumah bergaya arsitektur minimalis modern dengan luas lahan dan bangunan antara lain 81/112, 90/128, 130/162 dan 130/180.

Diterapkannya Green Community Concept di Foresta bertujuan untuk memberikan pilihan pada konsumen yang menginginkan hunian yang berkualitas dan ramah lingkungan. “Lingkungan Foresta juga didesain untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor agar udara selalu bersih. Limbah rumah tangga kami pisakan antara yang organik dan non-organik,” terang Idham lagi.

PT BSD memang sangat serius terhadap kenyamanan para penghuninya. Konsep yang diterapkan merupakan wujud dari komitmen pihak PT BSD dalam melakukan pembangunan kawasan perumahan yang berwawasan lingkungan.

[+/-] Selengkapnya...

Jumat

dr. Liliana Setiawan - Dokter Kecantikan bonVita beauty care, Cantik dan Sehat untuk Semua

Setiap wanita ingin tampil cantik. Namun terkadang, karena perawatan tidak dilakukan dengan sebaik-baiknya, cantik sempurna yang diinginkan malah jauh dari harapan. Berawal dari hal itu, menjadikan Lili memberanikan diri menyelami dunia medis kecantikan.

Dilahirkan dari keluarga sederhana, tak membuat dr. Liliana Setiawan atau yang akrab disapa Lili patah semangat untuk belajar. Kegigihannya menimba ilmu, berhasil menyandingkan gelar dokter di depan namanya.

Anak pertama dari 4 bersaudara ini mengaku tidak berlatar belakang keluarga kaya. Justru sebaliknya, wanita kelahiran Madiun, Jawa Timur, 7 Mei ini terbiasa hidup prihatin.

“Meski hidup sederhana, soal pendidikan orangtua saya sangat memperhatikan sekali. Dan hal itu saya balas dengan belajar sungguh-sungguh agar berhasil,” kata Lili.
Prestasi pendidikan Lili sendiri terbilang jempolan. Sejak SD hingga SMA, ia selalu mendapat rangking.

Selepas bangku SMA, tahun 1994, Lili melanjutkan studinya ke Universitas Atma Jaya, Jakarta, untuk program studi kedokteran. Diakuinya, perpindahan dari daerah ke ibukota, sedikit mempengaruhi prestasi belajar. “Waktu kuliah, nilai akademis saya naik turun. Tapi lama kelamaan, akhirnya bisa kembali normal,” tegas Lili yang tinggal di Perumahan Melati Mas, Serpong ini.

Selesai menamatkan kuliah kedokterannya, Lili langsung bertugas di beberapa tempat, antara lain sebagai dokter dengan status pegawai tidak tetap yang sering kita dengar dengan istilah PTT untuk Dinas Kesehatan RI. Di sini, selama satu tahun Lili mengabdikan dirinya untuk masyarakat Pulau Laut Timur di Kalimantan Selatan.
Kemudian, setelah selesai tugas di Kalimantan tadi, Lili bergabung dengan sebuah yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan. Kali ini Lili menjadi dokter umum di daerah Tanjung Kait, Tangerang, Banten.

Saat ini, Lili bertugas di klinik kecantikan bonVita beauty care. Lili menjelaskan, ia lebih menyukai bidang kecantikan, ketimbang menjadi dokter umum. Alasannya, ia adalah orang yang cepat iba, dan tidak tega melihat orang lain sakit. “Saya sedih jika melihat orang sakit, pernah saya menangis gara-gara ada oma meninggal di depan saya,karena itu saya coba kembangkan bidang lain, terutama kewanitaan & kecantikan,” pungkas Lili yang mengaku memiliki hobi memasak ini menambahkan.

Kecantikan, kata Lili lagi, tidak jauh dari kehidupannya sehari-hari. Sebagai wanita, tentu ia juga ingin tampil cantik. Dan melalui profesinya sebagai dokter, pengetahuannya akan dunia kecantikan dari sisi medis, ia sebarkan kepada orang lain, terutama para pasiennya.

Pengetahuan Lili akan dunia kecantikan, didapatnya dari berbagai sumber, terutama dari pelatihan dan workshop-workshop kecantikan. Selain itu, Lili juga gemar menimba ilmu dari buku atau internet.

Lebih jauh istri dari dr. Budiarto ini mengisahkan, kesehariannya sebagai dokter menuntutnya untuk siap bertemu dengan segala sifat dan karakter pasien. Untuk hal itu, Lili selalu melayani dengan sebaik-baiknya. Baginya, pasien adalah relasi yang harus dihargai. “Sebagai dokter, saya berusaha menjelaskan setiap tindakan atau obat yang saya berikan dengan sejelas-jelasnya kepada pasien. Pokoknya, pasien wajib tahu apa yang dilakukan dokter, terutama untuk perawatan,” tukas Lili.

Disinggung mengenai harapannya, Lili mengungkapkan jika suatu saat nanti ia ingin memiliki klinik kecantikan sendiri. Dengan begitu, ia bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. “Ke depan, saya ingin punya klinik kecantikan sendiri,entah kapan. Tapi yang penting saat ini, saya masih ingin belajar dan belajar,” papar dokter cantik ini menutup perbincangan dengan AdInfo.

[+/-] Selengkapnya...

Herbal China untuk Perbaikan Organ Utama

Seiring makin majunya zaman, ilmu medis dan kedokteran turut pula berkembang dengan melahirkan teknik, obat, atau peralatan baru untuk menyembuhkan bermacam penyakit. Namun, secanggih dan sehebat apapun metode medis konvensional, tetap saja obatnya diberikan adalah obat berbahan kimia yang tak akan mungkin melebur dengan tubuh manusia.

Kimia, apapun bentuk memang tak sejalan dengan unsur tubuh manusia. Begitu pun dalam perihal pengobatan. Banyak penyakit teratasi dengan obat kimia, namun kesembuhan itu biasanya hanya bersifat sementara, karena penyakit itu akan kambuh lagi pada suatu saat atau biasa dikenal dengan istilah penyakit simtomatis.

Pengobatan medis konvesional akan bekerja maksimal jika dibarengi dengan pengobatan alternatif, yang mengacu pada penggunaan obat-obatan herbal. Seperti yang sediakan oleh pengobatan China Herbs, yang berlokasi di Ruko Tol Boulevard, BSD ini. Menurut Pengelola China Herbs, Ir. Ch. Djianto Santoso, pengobatan China Herbs bersifat komplementer atau melengkapi pengobatan medis konvensional.

“Pengobatan yang kami lakukan, khususnya dengan ramuan herbal, merupakan pelengkap dari pengobatan dokter. Ramuan herbal China Herbs ini dapat mengatasi berbagai penyakit,” tegas Djianto.

Djianto juga menjelaskan, pengobatan medis konvensional umumnya mengatasi penyakit dengan seketika, namun tidak pada sumber penyakitnya. Menurut Djianto, sumber penyakit manusia ada pada 5 organ utama, yaitu jantung, ginjal, liver, limpa, dan paru-paru. “Penyebab timbulnya penyakit adalah karena salah satu atau beberapa organ tubuh utama tidak bekerja dengan baik. Dan di sinilah pengobatan kami bekerja, yakni memperbaiki fungsi kerja organ tubun manusia, agar normal seperti sedia kala,” ujarnya.

Lebih lanjut Djianto menyebutkan, sebagai contoh, penyakit cuci darah, jika pada pengobatan medis konvensional melalui dokter atau rumah sakit, pasien akan selalu meminum obat dan terapi dengan alat untuk mencuci darahnya, maka pada metode China Herbs, pengobatan justru dilakukan dengan mengembalikan fungsi kerja ginjal.

“Pengobatan kami akan berjalan beriringan dengan pengobatan dokter. Jika dokter mengatasi penyakit yang sedang diderita, maka kami menyembuhkan sumber penyakitnya,” tukas Djianto lagi.

Dalam teknis pengobatannya, pengobatan China Herbs ini menggunakan metode indentifikasi atau pemeriksaan penyakit melalui wajah pasien. Teknik ini berumber pada konsep pengobatan China yang sudah dikembang sejak dulu kala. Meski sederhana, metode ini diyakini Djianto sangat akurat hasilnya. “Penyakit manusia bisa dilihat dari wajah pasien. Penyakit itu seperti emosi yang tergambar pada raut wajah manusia,” jelas Djianto.

Ramuan atau obat herbalnya sendiri, dibuat dari tanaman obat asli China, dan dikemas dalam bentuk modern seperti kapsul atau tablet. Obat ini telah melalui riset dan penelitian yang amat panjang. Terlebih, obat ini juga telah mendapat izin edar dari BPPOM Indonesia, FDA USA, dan TGA Australia.

Selain, dengan teknik pemeriksaan melalui raut wajah, Djianto juga menguasai teknik pemeriksaan berdasarkan golongan darah manusia. Menurut Djianto, pada dasarnya setiap manusia telah memiliki kelebihan dan kekurangan, pada bidang kesehatan, yang tidak akan berubah karena bersifat struturil manusia. “Tiap-tiap manusia punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, yang sudah dibawa sejak lahir. Dan kekurangan (kesehatan) itu bisa dilihat dari golongan darah yang dimilikinya,” papar Djianto.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, baik melalui metode wajah atau golongan darah, barulah pasien akan ditindaklanjuti dengan pemberian obat herbal. Pemberian obat herbal ini sendiri, jumlah dan dosisnya akan disesuaikan dengan tingkat penyakit yang diderita pasien.

[+/-] Selengkapnya...

Studi IT di Australia

Diasuh Oleh Karsono dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Karena sudah menjadi tekad anak kami yang ingin melanjutkan studinya di Australia, maka dengan sekuat tenaga kami ingin mewujudkan cita-citanya dengan mulai menabung sejak beberapa tahun yang lalu. Kami harap dapat diberikan informasi perguruan tinggi yang cocok untuk anak kami, yang ingin belajar dalam Computer Networking? Kami dengar ada yang dapat langsung masuk Tahun Pertama tanpa harus melalui Foundation lagi. Moh. Fajar, BSD.

Jawaban:

Memang ada satu jalur bagi tamatan SMA yang ingin langsung kuliah di perguruan Tinggi tanpa melalui jalur Foundation lagi yaitu melalui program yang tersedia di TAFE (Technical and Further Education) dimana selain menawarkan program Diploma hingga Associate Degree juga hingga program Bachelor Degree.

Salah satu TAFE yang bergengsi di Melbourne adalah Box Hill Institute of TAFE (BHIT) yang mempunyai program unggulan Bachelor of Computer Systems (Networking) dengan lama kuliah 3 tahun, dengan biaya AUD$ 12,800/tahun.

Biaya ini relatif sangat murah jika dibanding dengan uang kuliah yang ditawarkan oleh universitas lainnya di Melbourne maupun di Australia pada umumnya, yang biayanya mencapai AUD$ 24 ribu/tahun.

Dengan biaya kuliah yang hanya 50% daripada biaya di universitas lainnya,, sudah banyak pelajar internasional dan juga Indonesia yang mengambil kesempatan ini.
BHIT adalah perguruan tinggi negeri yang mengkhususkan diri pada Technical and Further Education. BHIT sebagai Perguruan Tinggi Negeri didanai oleh Pemerintah Australia sehingga dapat menawarkan fasilitas yang modern, ragam jurusan yang tersedia berstandar tinggi dan staf pengajarnya sepadan dengan uang kuliah yang dibayar. Lulusan BHIT sejajar dengan lulusan dari universitas lainnya di Australia dan juga diakui di luar negeri, jika anak Anda ingin melanjutkan studinya ke Program S2.

Berikut ini adalah mata kuliah yang didapat pada tahun pertama, yang akan mempelajari 8 mata kuliah dasar seperti Analogue and Digital Fundamentals, Networking and Routing Basics, Switching Principles and WAN Technologies, Computer System Hardware and Software, Computer Architecture, Mathematics for Computing, Internet Technologies dan Industry Practises, dimana kesemuanya merupakan perkenalan kemampuan dan pengetahuan yang utama sebagai dasar untuk tahun selanjutnya.

Tahun kedua mempelajari 8 mata kuliah lanjutan yaitu Advanced Routing, Multi User Operating Systems Administration, Object oriented Design and Programming, Business Management, Emerging Technologies 1, Remote Access, Operating Systems 1 dan Strategic Project Management.

Dan di tahun ketiga mempelajari Network Security, Multilayer Swithcing atau Operating Systems 2 atau Database and Information Retrieval 1, Entrepreneurship and Innovation, Computer System Project A, Emerging Technologies 2, Internetworking Troubleshooting atau Operating Systems 3 atau Database dan Information Retrieval 2, Computer Systems Innovation Project dan Computer systems Project B.

Di samping menyelesaikan studi Bachelor-nya, setiap mahasiswa dapat juga mengambil beberapa sertikasi yang dapat menunjang profesinya dikemudian hari seperti sertikasi Comp TIA A+ -PC Hardware and Software, Comp TIA Network + -Networking, CISCO CCNA-Networking, Microsoft MCP-Microsoft Operating System, SUN Java J2E-Object Orientated Programming, Comp TIA UnixLinux+ -Operating System, Network Security CISCO Firewall Specialist-Network Security, Computer Architecture, Mathematics for Computing dan Business.

Juga pada tahun ketiga dengan menseleksi stream yang cocok, para mahasiswa memperoleh sertikasi dalam CISCO CCNP-Networking, Microsoft MCSA-Microsoft Operating System, Microsoft MCSE-Microsoft Operating Systems, Oracle OCA-Database Management.

Box Hill Institute dengan bangga telah ditunjuk menjadi Super Cisco Academy Training Center (SCATC) untuk Asia Pacific dimana Box Hill Institute akan bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dan kegiatan pelatihan intruktur untuk seluruh Asia Pacific.
Dengan demikian, ditawarkan juga program untuk menjadi CCNA, CCNP, HP IT Essential I, HP IT Essential II, Fundamental of Unix, Fundamental of Java, Fundamental of Networking Security (IOS), Fundamental of Network Security (PIX) dan Fundamental of Wireless LANs.

Persyaratan akademis yang diminta untuk diterima pada program Bachelor ini adalah lulus SMA dengan angka A untuk matematika dan IELTS 6.0 dengan minimum angka 6.0 untuk Reading dan Writing dan minimum 5.0 untuk Listening dan Speaking.

Yang menarik dari sistem perkuliahan di Box Hill Institute ini adalah jika seorang mahasiswa dapat menunjukkan nilai akademik yang tinggi pada saat duduk di tahun pertama, dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa untuk tahun berikutnya.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dan memerlukan brosur sekolah ini atau sekolah lainnya maka dapat menghubungi kami di 7051 2455 atau kirim email ke arvi@cbn.net.id. Kami akan segera mengkirimkan brosur tsb kealamat anda. Pertanyaan dari seluruh pembaca Adinfo untuk berbagai masalah sekolah keluar negeri akan dimuat secara bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Motor, Belum Bisa Dibatasi

Sepeda motor di Indonesia belum bisa dibatasi jumlahnya. Pasalnya, sebagian besar masyarakat masih menilai motor sebagai alat transportasi yang murah dan terjangkau.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sinduwinata, Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap motor masih tinggi karena masyarakat masih mengangap harga motor masih terjangkau dan lebih praktis.

Tiap tahun, angka penjualan sepeda motor di Indonesia, terus meningkat. Pada tahun 2007 lalu saja, sekitar 4,7 juta unit motor laku terjual atau meningkat sekitar 6% dibanding tahun 2006. Mendekati akhir 2008 ini diperkirakan akan terjual 6 juta motor baru.

Padahal, dengan bertambahnya jumlah sepeda motor di jalanan, akan timbul berbagai masalah. Misalnya, masalah keselamatan pengendara di jalan raya karena minimnya sarana dan prasarana jalan bagi pengendara motor.

Semakin bertambahnya jumlah motor juga disebabkan karena belum tersedianya moda transportasi yang memadai buat masyarakat. “Motor banyak dipilih oleh masyarakat karena memang kita belum memiliki moda transportasi lain yang memadai. Misalnya, subway atau bis yang terbilang cukup nyaman dan mencukupi kebutuhan masyarakat, “ kata Mentri Perindustrian, Fahmi Indris ketika membuka Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2008.

Saat ini, motor banyak digunakan oleh masyarakat kategori produktif. Profil pengendara motor di Indonesia terdiri dari : karyawan swasta 29%, wiraswasta 27%, pelajar/mahasiswa 24%, karyawan pemerintah/TNI/POLRI 8%, dan lain-lain 12%. Dengan begitu, industri sepeda motor di Indonesia tidak bisa dipungkiri perannya sebagai penggerak sektor riil.

Di samping itu, industri motor juga memiliki peran dalam penyediaan lapangan kerja. Sekarang, industri motor terdiri dari 40 industri perakitan, 195 industri komponen lapis pertama, 600 industri komponen lapis kedua, 18.000 authorized sales/services & parts, dan 12.000 outlet non authorized sales.

Dengan demikian, industri ini telah mampu memberikan kesempatan kerja pada sekitar 400.000 orang. Mereka semua tersebar mulai pekerja industri perakitan sampai bengkel, belum termasuk dari sektor informal seperti usaha tambal ban.

Bukan hanya itu, nilai ekspor sepeda motor dan komponennya pun mengalami peningkatan yang signifikan. Sampai September 2008, tercatat sebanyak 51 ribu unit motor telah di ekspor ke berbagai negara atau meningkat 99% dibanding total ekspor 2007 sebesar 25 ribu unit.

Melihat kenaikan penjualan sepeda motor tiap tahunnya, industri motor dan turunannya seperti tidak terkena dampak krisis global. Masyarakat masih mengandalkan motor sebagai alat transportasi utama. Lihat saja di kala jam kerja, hampir di setiap perempatan, motor berjejal memenuhi jalan.

Jika industri ini terus meningkat dan permintaan masyarakat masih cukup tinggi, maka pemerintah harus sigap dengan membenahi sarana dan prasarana jalan. Bila tidak, motor dan penggunanya akan tetap dituding sebagai biang kemacetan.

Industri Motor

Industri sepeda motor tidak bisa terlepas dari produsen otomotif yang menaunginya. Tercatat beberapa merek motor beredar di Indonesia. Sebut saja Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan sebagainya.

Mereka semua bersaing dalam hal penjualan dan menggaet minat masyarakat. Lihat saja dalam ajang pamer sepeda motor JMCS 2008 awal Desember lalu. Sebanyak 70 perusahaan mewakili industri otomotif, ambil bagian dalam perhelatan 2 tahunan tersebut.

Bukan hanya dalam angka penjualan, mereka pun berlomba memamerkan teknologi yang digunakan. Misalnya, ada industri motor lokal yang telah mampu diproduksi dengan teknologi ramah lingkungan dengan standar emisi EURO-2. Dengan teknologi tersebut, bahan bakar motor akan bisa lebih dihemat. Konsumsi bahan bakarnya sekitar 50 – 60 km/liter.

Kemudian ada pula Kanzen dengan Kanzen Hybrid. Sepeda motor bebek ini memberikan alternatif teknologi yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia yang kaya akan gas alam. Motor ini memiliki 2 sistem pasokan bahan bakar, bensin dan LPG sehingga sangat ekonomis.

Sedangkan Kanzen MPM mengusung teknologi baru dengan sistim transmisi triptonik. Sistim pemindahan gigi dapat dioperasikan secara fully automatic dengan cara hanya memutar gas. Motor langsung jalan.

Kanzen MPM juga dapat difungsikan secara semi automatic. Caranya, pengendara bisa melakukan pemindahan gigi melalu tombol yang terletak di tangan kiri.

Semakin maraknya “pemain” di industri sepeda motor tentunya akan berdampak positif buat masyarakat. Bukan hanya harga sepeda motor yang akan bersaing, tapi juga meningkatnya kualitas produk yang lebih ramah lingkungan dan minim pemakaian bahan bakar.

ASIMO Bisa Berlari

Honda tampil menawan dalam JMCS 2008 dengan menghadirkan ASIMO (Advance Step in Innovative Mobility) sebagai bukti dari kehebatan teknologinya. ASIMO merupakan robot berbentuk manusia (humanoid) generasi terbaru (version 2.0) yang dapat berdampingan harmonis dengan manusia.

ASIMO telah mengalami penyempurnaan signifikan, diantaranya : mampu berlari, berjabat tangan, bermain bola, menari, menyayangi, dan mempunyai beberapa bahasa tubuh seperti manusia (terkejut, marah, bahagia).

Saat pembukaan JMCS 2008, Menteri Perindustrian, Fahmi Idris, sempat berjabat tangan dengan robot ini. Begitu juga dengan pengunjung di hari pertama yang menyaksikan ASIMO berlari dan bermain bola. ASIMO dapat menendang bola dan berlari dengan kecepatan maksimum 6 km/jam.

ASIMO merupakan robot humanoid pertama di dunia yang telah berumur sekitar 9 tahun. Setelah mengalami beberapa perubahan, berat robot yang juga bisa berjalan lambat ini bertambah menjadi 50 kg dengan tinggi sekitar 131 cm.

Angka Penjualan

Meski dalam JMSC 2008 ini banyak motor yang dipajang, tapi masing-masing ATPM tidak mengutamakan penjualan produk. Di sini, mereka hanya “memamerkan” produk, namun bila ada yang mau membeli, tidak ditolak.

“Kalau ada yang mau beli, masa ditolak?” kata Manager Promosi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Heri Setianto yang mampu menjual sekitar 200-an unit motor. Angka tersebut sedikit meningkat dibanding 2006 yang terjual 150-an unit.

Begitu pula dengan Honda, angka penjualannya tidak sebanding ketika di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Tapi, meski begitu, Honda mampu menjual sekitar 600-an unit dari targetnya yang 500 unit motor.

Sama halnya dengan Suzuki, kalau di PRJ produk mereka laku terjual sekitar 5000 unit, di sini mereka hanya laku sekitar 200 unit. Angka tersebut juga sudah melampui target yang hanya 150 unit.

Seperti yang telah disebutkan, tidak masalah bagi ATPM atau importir umum bila dalam ajang ini tidak banyak produk yang terjual. Hanya imej yang coba ditebarkan dalam event 2 tahunan ini. Begitu juga dengan teknologi yang diterapkan dalam produk-produk mereka. Makanya, tak heran bila dalam JMCS 2008 banyak motor-motor konsep yang desainnya futuristik, hemat bahan bakar, dan bernuansa masa depan.

Mereka (ATPM dan importir umum) hanya berharap pada animo masyarakat setelah pameran. Setelah melihat berbagai produk motor, bukan tidak mungkin bila masyarakat akan membelinya di lain hari.

[+/-] Selengkapnya...

Melihat Bakat Anak Lewat Sidik Jari

Bakat, atau kelebihan seseorang di suatu bidang memang tak mudah ditemukan. Bakat tidak hanya didapat dari warisan garis keturunan. Dan untuk menjadikan bakat teraktualisasi, perlu ada intervensi atau pengasahan atas kapasitas bakat tadi. Tapi, jika belum tahu bakat apa yang terpendam dalam diri anak-anak kita, bagaimana mengasah bakatnya agar menjadi kemampuan khusus?

Guna mengetahui bakat anak, orangtua perlu menstimuli dan mengetesnya. Antara lain dengan memaksimalkan seluruh modalitas sang anak, misalnya dari pendengaran, penglihatan, pencecapan, perabaan, dan sebagainya, sejak anak berumur 6 bulan.

Pun demikian, sesungguhnya menggali potensi bakat anak, bisa dilakukan dengan banyak cara. Yang lazim dilakukan orangtua adalah dengan mengikutkan anak-anaknya pada bermacam-macam kursus sekaligus. Cara ini memang bukan tindakan yang keliru, namun, agar lebih terarah serta tidak membuang waktu dan biaya, kini tersedia tes-tes yang telah teruji keakuratannya. Dengan demikian, potensi anak dapat langsung diketahui dan orangtua dapat sedini mungkin memberikan arahan yang tepat.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, ditemukan cara baru untuk mengetahui potensi anak sejak dini, yaitu dengan fingerprint test atau tes sidik jari. Fingerprint test adalah sebuah metode yang didasarkan pada ilmu dermathoglypic, yaitu ilmu yang mempelajari guratan-guratan di kulit. Dimana telah banyak dilakukan penelitian ilmiah tentang sidik jari ini. Antara lain dilakukan oleh Govard Bidloo sejak 1685 sampai dengan Marcelo Malpigh Kritine Bonnevie (1923). Dalam prosesnya, pembentukan sidik jari sudah dimulai saat janin berusia 13 minggu, bersamaan dengan pembentukan otak, dan sempurna pada minggu ke-21. Sidik jari manusia ditentukan oleh DNA, yang berhubungan erat dengan perkembangan sistem saraf. “Tes sidik jari telah melalui proses penelitian yang sangat panjang,” kata Sebastiana Linawati dari Yayasan Polaris (Children Education & Counseling).

Menurut Linawati, yang dijumpai di kediamannya di kawasan Alam Sutera, fingerprint test ini sudah bisa dilakukan sejak anak berusia di bawah 1tahun. Namun, untuk kemudahan pengambilan data, sebaiknya dilakukan pada usia minimal 2 tahun, juga sangat berguna bagi para profesional (orang dewasa).

Proses pengambilan sidik jari ini sangat sederhana, kesepuluh jari tangan di-scan, dengan alat scan seperti mouse yang terhubung dengan komputer penyimpanan data. Dari pola sidik jari dan telapak tangan dapat dilakukan penghitungan berdasarkan TNGT (total nerve growth factor) mulai jumlah alur, pola, ketajaman sudut dan pola segitiga telapak tangan (ATD). Untuk pengambilan data ini dibutuhkan waktu sekitar 10-20 menit. Setelah data diambil, analis akan memprosesnya sekitar 5 hari. Selanjutnya, tim psikolog akan memaparkan hasilnya kepada orangtua si anak. “Saat konsultasi inilah dapat digali masalah yang ada antara bakat, kendala yang ada, pengaruh pola asuh serta stimulasi lingkungannya. Dimana hal ini semua saling berkaitan dalam pengembangan potensi anak,” ujar Linawati menjelaskan.

Hasil tes dan keakuratan

Nilai keakuratan Fingerprint test boleh dikatakan 90%, karena tidak dipengaruhi kondisi emosional dan tidak dibutuhkan pengetahuan otak. “Dan karena sifat sidik jari yang abadi, hasil tes ini berlaku seumur hidup, investasi 1 kali seumur hidup memang cukup mahal,” ujar Lina sambil tersenyum menyebutkan biaya Fingerprint test tersebut berkisar antara Rp1,2 juta sampai dengan Rp1,5 juta.

Dari hasil tes tersebut dapat diketahui antara lain: potensi individu, kapasitas otak kanan dan kiri, basik karakter, gaya belajar anak dan saran profesi berdasarkan pengembangan hasil Multiple Intelligences yang sudah tidak asing lagi bagi kita. “Bahkan dengan alat finger print terbaru yang kita miliki dapat diketahui 10 kecercasan Multiple Intelligences yang sekarang berkembang” ujar Lina, dimana dalam waktu dekat ini Yayasan Polaris yang bergabung dengan SMART Solution akan mengadakan seminar dan Fingerprint test di daerah Serpong.

“Apapun hasil tes yang diperoleh, orangtua harus tetap membantu anak menstimulasi 3-4 kecerdasan yang tertinggi dan jangan terlalu merisaukan kecerdasan terendah, karena potensi tertinggi paling mudah dikembangkan, dengan berkembangnya potensi tersebut, kecerdasan yang lain juga akan berkembang. Terlebih, orangtua juga tidak boleh memaksakan kehendaknya,” tukas Lina menutup pembicaraan.

[+/-] Selengkapnya...

Tipe Perempuan yang Disebali Laki-laki

Rasanya seluruh energi Anda sudah dikerahkan untuk memperoleh kekasih, tapi tidak satupun pria yang bertahan lama menjadi kekasih Anda. Pertanyaanpun muncul, apa sih yang laki-laki cari dari seorang perempuan? Pintar dandan? Tubuh aduhai atau pintar masak?

Anda boleh saja berpikiran seperti itu, tetapi kebanyakan laki-laki tidak berpikir seperti itu ketika mengajak kencan seorang perempuan pertama kali. Masalah baru muncul setelah ia sudah menjadi kekasih Anda. Bila si pria merasa ada yang tak berkenan di hatinya, pelan-pelan ia pun akan mundur teratur.

Daripada Anda pusing memikirkan apa yang ia inginkan, lebih baik Anda cari tahu sikap apa yang mesti Anda hindari agar laki-laki incaran Anda tidak menjauh. Berikut ini tipe-tipe wanita yang konok tidak disukai para kaum Adam, dikutip dari conectique.com.

Perempuan yang pamer otak, punya kekasih pintar adalah suatu kebanggan bagi lelaki. Tetapi bukan berarti ia merasa nyaman bila kekasihnya secara berlebihan memamerkan kepintarannya. Misalnya saja selalu mendebat pendapat orang lain dan merasa paling tahu akan semua hal. Sikap seperti itu bukan akan membuat lelaki terkesan tetapi justru bakal menjauhi Anda. Lelaki tidak membutuhkan seorang saingan yang selalu memberinya kritik atau menunjukkan kesalahannya melainkan seorang sparing partner yang mampu memberi tanggapan yang tepat.

Bila Anda tak mau si dia meninggalkan Anda, mulailah untuk bisa menahan diri dalam memberikan pendapat. Atur kata-kata Anda saat berbicara agar sang kekasih tidak merasa 'terintimidasi 'oleh kepintaran Anda.

Selanjutnya, ada tipe perempuan yang terlalu bergantung. Benar bila Anda berpendapat lelaki akan senang jika ia merasa dibutuhkan oleh orang yang ia sayangi. Tetapi tentu saja ada batasnya. Seringkali, perempuan menganggap pacarnya adalah orang yang wajib mengantar, menjemput, menghibur, menemani belanja dan menonton. Awalnya ia memang menyukai sikap itu, tetapi lama-kelamaan ia akan berpikir bahwa Anda bukanlah perempuan mandiri. Ia berpikir, kalau untuk mengurus diri sendiri saja Anda tak mampu, bagaimana Anda bisa diandalkan untuk mengelola rumah tangga dan, nantinya, anak.

Untuk menyiasatinya, Anda harus pintar memilah-milah mana hal yang bisa Anda lakukan sendiri, dan mana yang membutuhkan bantuan kekasih Anda. Percayalah, kemandirian Anda akan membuat lelaki semakin bertekuk lutut!.

Lalu, perempuan yang selalu membicarakan pernikahan, umumnya perempuan selalu berpikir bahwa hubungan asmaranya akan berakhir di pelaminan. Akhirnya topik pernikahan pun selalu mendominasi pembicaraan dengan si dia.

Tidak bisa dipungkiri hal ini juga akan memotivasi pria untuk memikirkan kelanjutan hubungan ke arah yang lebih serius. Tetapi hati-hati, bila berlebihan akan membuat ia lari tunggang langgang. Pasalnya ia akan merasa terbebani oleh harapan Anda tersebut. Sementara Anda sendiri tidak tahu apakah kekasih Anda tersebut mau menikah atau tidak.

Karena itu, bersikaplah santai saat membicarakan topik yang bersinggungan dengan pernikahan. Bicarakan saja hal-hal yang lebih umum dan menyenangkan untuk dibicarakan tanpa perlu menyinggung hal-hal terlalu lebih detail, kecuali kalau rencana pernikahan Anda berdua memang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

[+/-] Selengkapnya...

Pesta Rakyat di Hari Jadi Kabupaten Tangerang - Ada Sunatan Massal, Donor Darah, dan Pasar Murah

Akhir Desember lalu, tepatnya Sabtu, 27 Desember, masyarakat Kabupaten Tangerang merayakan hari jadinya yang ke-65. Bersamaan dengan itu, masyarakat kabupaten yang tinggal di kawasan Serpong dan sekitarnya menggelar Pesta Rakyat untuk kedua kalinya. Perhelatan ini digelar selama tiga hari, sejak Kamis hingga Sabtu, 4-6 Desember 2008 lalu, bertempat di komplek Ruko Golden Boulevard BSD.

Tidak seperti Pesta Rakyat tahun lalu, penyelenggaraan Pesta Rakyat kali ini tak hanya dimotori oleh Yayasan Transformasi Bangsa dan Pemkab Tangerang, tetapi juga melibatkan sejumlah LSM, pemuda karang taruna dan kelompok PKK yang berasal dari berbagai kecamatan di sekitar Tangerang Selatan, seperti Serpong Utara, Cisauk, Pagedangan, Pamulang, Pondak Aren, dan Serpong.

Pesta Rakyat 2 ini dibuka oleh perwakilan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, yang didampingi oleh Gubernur Banten dan Bupati Tangerang. “Pesta Rakyat kali ini terbilang sangat unik karena karena melibatkan banyak elemen masyarakat,” kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Transformasi Bangsa, Ir. Yonathan Wiryohadi.

Di atas area seluas 10 ribu meter, digelar berbagai kegiatan yang menyentuh langsung pada kebutuhan masyarakat kecil, di antaranya pengobatan gratis, sunatan massal, donor darah, pasar murah, penjualan sembako, dan festival jajanan pasar.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pesta Rakyat 2, Dr. Bambang Susanto menyebutkan, sudah terjadi kesepakatan antara Pemkab Tangerang dengan para tokoh masyarakat agar acara ini menjadi kegiatan tahunan warga Kabupaten Tangerang. “Kegiatan ini penting untuk menjaga dan memperat kebersamaan masyarakat dalam menciptakan suasana aman dan terkendali di tengah masyarakat yang madani,” ujar Bambang.

Bambang juga menambahkan, dengan dukungan pengembang BSD dan Pemkab Tangerang sebagai mitra pendukung utamanya, Pesta Rakya 2 ini semakin lengkap, selain menjadi ajang kegiatan social, momen ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat prasejahtera.

“Dengan mengambil tema ‘Bersatu Membangun Kota’, acara Pesta Rakyat ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah di mana terjadi harmonisasi interaksi sosial antara masyarakat dari berbagai lapisan, sehingga tercipta komunikasi dan relasi yang sehat,” tegas Bambang menambahkan.

Dari berbagai kegiatan yang digelar, seluruhnya bersifat massal. Bakti social pengobatan gratis diperuntukan bagi tiga ribu orang, sementara sunatan massal untuk 100 orang, dan sembako untuk lima ribu orang lebih. Belum lagi acara donor darah dan bazaar murah yang menyediakan barang-barang terutama pakaian layak pakain dengan harga yang sangat murah.

“Untuk Pesta Rakyat tahun ini, kami memprediksi akan dihadiri lebih dari 50 ribu orang. Acara ini memang benar-benar dari dan untuk rakyat,” pungkas Bambang menjelaskan.

Ke depannya, Bambang mengungkapkan, Pesta Rakyat ini akan menjadi agenda tahunan yang dapat dikembangkan lagi dengan melibatkan lebih banyak rekanan dan mitra. Hal ini diharapkan dapat mendorong upaya terciptanya sinergi yang kuat melalui kebersamaan yang harmonis demi terciptanya masyarakat yang adil dan sejahtera.

[+/-] Selengkapnya...