Kamis

Liputan Bisnis Roti dan Kue - Berbekal Loyang, Mengadu Rasa















Meski roti dan kue bukan makanan pokok, namun bagi sebagian orang, panganan ini sering kali dibutuhkan setiap saat. Bermacam roti dan kue ditawarkan oleh toko-toko atau pedagang pinggiran. Ragamnya pun bervariasi, mulai dari kue dan roti tradisional sampai dengan yang bercita rasa internasional. Perkembangan bisnis kue kering dan roti pun tidak sebatas pada satu tempat di satu lokasi atau hanya dijajakan oleh pedagang keliling. Dewasa ini, perusahaan roti dan kue sudah berkembang pesat, bahkan tidak sedikit yang diwaralabakan.


Bisnis roti dan kue sepertinya senantiasa berdenyut kencang, lantaran makanan ini sudah sangat akrab dengan masyarakat. Kendati persaingannya kian ketat, peluang untuk melaju di bisnis roti masih sangat terbuka.

Setiap saat, hampir di semua jalan-jalan perumahan di sekitar tempat tinggal kita, banyak dilintasi oleh pedagang roti, baik dengan gerobak kayuh maupun pikulan. Bahkan, ada juga yang menggunakan motor dan mobil khusus. Mereka mengincar konsumen yang membutuhkan sarapan praktis, di pagi hari atau makanan siap santap setiap waktu.

Pun demikian, roti dan kue sebenarnya bukan saja makanan pagi hari. Roti dapat dinikmati kapan saja. Buktinya, siang atau sore hari bahkan malam sekali pun, ada saja pedagang roti yang berkeliling. Di samping melalui pedagang keliling, roti juga banyak dijajakan di toko-toko dan pasar swalayan.

Roti dan kue memang sangat akrab dengan masyarakat kita. Roti dan kue sendiri relatif mudah ditemui. Mulai dari yang murahan, kualitas sedang sampai kualitas tinggi yang mahal. Produsen roti pun bermacam-macam. Ada yang skala industri, skala menengah dan kecil, bahkan industri rumahan.

Pangsa pasar bisnis roti dan kue juga terbilang sangat luas. Dari masyarakat kecil hingga yang tinggal di perumahan elit, semuanya suka roti dan kue. Tentu, tetap saja, masing-masing target konsumen itu punya kriteria tersendiri tentang roti dan kue favoritnya.

Roti dan kue masa kini
Masyarakat memiliki roti dan kue kesukaannya masing-masing. Pun demikian, dalam bisnis roti dan kue, bukan hanya rasa yang jadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk membeli atau tidak. Masih ada ‘kriteria’ tentang asal muasal roti dan kue tersebut atau bentuk dan rupa-rupa roti dan kue tadi.

Mengapa demikian?, pengaruh gaya hidup sepertinya sudah merasuki bisnis roti dan kue. Tidak sedikit masyarakat yang mengkonsumsi panganan ini, bukan karena semata ingin memenuhi rasa laparnya. Tetapi karena mengikuti trend konsumtif dan terhanyut dalam gaya hidup serta westernisasi. Roti dan kue yang berbau asing diborong, hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan gengsi semata.

Meski begitu, dengan adanya trend dari luar negeri dalam bisnis roti dan kue, sepertinya sedikit banyak juga mempengaruhi bisnis roti dan kue lokal. Bagaimana tidak, jika persaingan dengan roti dan kue import begitu ketat, mau tidak mau pengusaha roti dan kue lokal harus memutar otak untuk mempertahankan barang dagangannya. Yang paling mudah, ya tentu saja dengan meningkatkan kualitas produk serta menampilkan produk-produk roti dan kue terbaru yang berkualitas.

Akibat ketatnya persaingan, tak heran jika belakangan banyak bermunculan jenis-jenis roti baru, yang rasanya terkombinasi bermacam-macam rasa. Hal ini adalah salah satu bentuk inovasi dari para pengusaha roti dan kue. Jenis roti dan kue yang terbaru pun disesuaikan dengan keinginan dan kebudayaan konsumen saat ini.

Roti dan kue gaya tempo dulu bukan berarti tak punya peminat. Hanya saja, jika membandingkan dengan roti dan kue masa kini, sudah pasti penggemarnya lebih banyak ketimbang penggemar roti dan kue model dulu.

“Inovasi produk selalu kami lakukan. Dalam periode tertentu, kami selalu meluncurkan roti atau kue model terbaru,” kata Pimpinan AJ Bakery & Cake, Endra Tania Tan.

Merintis bisnis
Seperti bisnis-bisnis lainnya, di luar modal finansial, memulai usaha roti dan kue memang bukan perkara gampang. Apalagi, jika yang ditampilkan adalah roti dan kue dengan merek baru, yang sama sekali belum dikenal masyarakat. Banyak hal yang bisa menjadi kendala.

Salah satunya, barangkali adalah pemasaran. Jika tak memiliki strategi pemasaran atau tenaga pemasaran yang handal, akan sulit bagi usaha roti dan kue itu untuk dapat maju. Jika tak ingin jadi pengusaha roti dan kue ‘penggembira’, kiat-kiat jitu bersaing dengan perusahaan roti dan kue yang sudah lebih dulu ada harus benar-benar disiapkan dengan matang.

Kendala tak berhenti di situ, selain pemasaran, untuk merek baru, rekruitmen karyawan juga akan sedikit merepotkan. Karyawan yang dimaksud di sini adalah orang-orang profesional, yang sudah paham betul seluk beluk bisnis roti dan kue. Biasanya, calon karyawan yang sudah terlatih ini segan untuk masuk ke dalam perusahaan roti dan kue baru. Mereka lebih menyukai bergabung dengan perusahaan roti dan kue yang sudah punya nama.

Bisnis roti memang termasuk bisnis makanan. Karenanya, salah satu pertimbangan utamanya adalah rasa. Pun demikian, soal rasa, sebenarnya itu relatif. Asal masih bisa dikecap oleh lidah, roti dengan rasa biasa saja tetap dapat bersaing dengan roti dan kue yang lain. Jadi, bagi yang hendak terjun ke bisnis roti dan kue, selama rasanya masih dapat diterima, pd saja roti dan kuenya akan dapat bersaing. Tetap semangat dan terus belajar untuk menghadirkan rasa roti dan kue terbaik.

Kendala rupanya bukan hanya milik pengusaha roti dan kue pemula. Bagi pengusaha roti dan kue yang sudah terjun, tetap saja dalam perjalanannya mereka bertemu dengan aral. Yang terbaru, seperti dituturkan Tony Linggi, Director K’s Bakery, masalah krisis energi, mulai dari bahan bakar minyak, gas, dan listrik. Imbasnya, semua bahan baku pembuatan roti dan kue mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Dan mau tidak mau, para pengusaha roti dan kue harus mengeluarkan price list baru.

“Saya rasa, masalah kenaikan harga karena krisis energi adalah masalah setiap pengusaha. Meski begitu, kami tetap menyikapinya dengan bijak. Kami tidak bisa menaikan harga seenaknya,” tukas Tony menegaskan.

Sebagai informasinya saja, dari penelusuran AdInfo, harga satu potong roti manis di kawasan Serpong dan sekitarnya berkisar antara Rp 3 ribu hingga Rp 6 ribu untuk ukuran standar. Harga ini boleh dibilang masih terjangkau dan dalam perhitungan yang masuk akal. “Untuk saat ini, harga roti di sekitar Serpong hampir sama, tak berbeda jauh,” ujar Pengelola Red Plum, Felicia Sukiri.

Bahan baku pada usaha roti dan kue memang berhubungan erat dengan kualitas roti. Bagi para pengusaha roti dan kue, harga bahan baku merupakan alat ukur untuk harga roti yang akan dijual, kualitas roti, cita rasa, menghadapi persaingan dan masih banyak lainnya termasuk pangsa pasar yang akan disasar.

Perkuat merek dan waralaba
Sebagaimana kita ketahui, merek atau brand image juga merupakan salah satu aspek utama keberhasilan sebuah bisnis roti dan kue. Bagi pengusaha pemula, tidak ada salahnya untuk merencanakan merek dagangnya dengan lebih seksama dan mendalam.

Pada berbagai perusahaan dengan skala internasional, brand image bukan saja menjadi sekedar identitas bagi konsumen, melainkan menjadi equitas (brand equity), yang bisa dinilai dengan nilai mata uang dan bisa diperjualbelikan, karena dari citra yang dimiliki, pemilik akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk pola dan perilaku konsumsi dari pelanggannya.

Kebanyakan pengusaha yang telah aware mengenai pembentukan identitas merek, mengaplikasikan ciri mereknya ke dalam berbagai media pendukung misalnya kartu nama, kemasan, dekor toko, website, kantung plastik, seragam karyawan, dan lain sebagainya. Dan pengaplikasiannya pun diperhatikan dengan seksama, terutama dari pemilihan warna dan bentuk font, yang tidak ter-distorsi antar satu media dengan media lainnya.

Perlu diketahui mengenai merek ini, bahwa tidaklah cukup dengan hanya memiliki sebuah logo yang menarik dan enak dilihat, karena berbagai aspek dari sebuah merek juga perlu mewakili unsur-unsur implisit dan konsep yang hendak ditampilkan, seperti berbagai pilihan sebagai berikut konsep harga yang terjangkau, bersih, modern, hi-tech, kualitas rasa, kualitas bahan baku, originalitas, western style, european style, berkesan merek waralaba yang telah banyak dikenal, home-made, dan lain-lain.

Sekarang ini, di sekitar komunitas kita banyak perusahaan roti dan kue baru bermunculan. Mereka hadir dengan bendera perusahaan masing-masing dan memperkenalkan merek dagangnya sendiri-sendiri. Pun begitu, ada sebagian pengusaha yang jatuh hati dengan merek roti yang sudah tenar, hingga akhirnya memilih untuk mengambil waralaba usaha roti dan kue tersebut.

Sekedar sebagai catatan, waralaba adalah suatu pengaturan bisnis dimana sebuah perusahaan (franchisor) memberi hak pada pihak independen (franchisee) untuk menjual produk atau jasa perusahaan tersebut dengan peraturan yang ditetapkan oleh franchisor.

Franchisee menggunakan nama, goodwill, produk dan jasa, prosedur pemasaran, keahlian, sistem prosedur operasional, dan fasilitas penunjang dari perusahaan franchisor. Sebagai imbalannya franchisee membayar initial fee dan royalti (biaya pelayanan manajemen) pada perusahaan franchisor seperti yang diatur dalam perjanjian waralaba.

Waralaba dapat dianalogikan sebagai perpaduan bisnis ‘besar’ dan ‘kecil’. Besar mewakili kekuatan serta sumber daya sebuah perusahaan besar, dan Kecil sebagai gambaran komitmen individual.

Kegiatan waralaba sepertinya menawarkan wirausaha dengan resiko paling kecil. Tak hanya di bisnis roti dan kue, waralaba hampir ada di setiap jenis usaha, mulai makanan hingga pendidikan.

Dalam konteks bisnis roti dan kue, konsep usaha waralaba menghadirkan standarisasi kualitas yang pasti sama. Maksudnya, dari setiap gerai roti dan kue yang diwaralabakan, konsep, kualitas, dan pelayanannya akan sama meski berbeda lokasi. Lebih dari itu, perusahaan roti dan kue waralaba umumnya cepat dikenal masyarakat karena kecepatannya mengembangkan diri. Sebagai contoh, satu perusahaan waralaba roti dan kue, dalam waktu 1 atau 2 tahun sudah bisa membuka lebih dari 5 gerai.

Memperbanyak gerai dalam waktu singkat, sedikit banyak berkaitan dengan strategi pemasaran dan penanaman citra. Jika disuguhkan pada satu merek tertentu dalam waktu yang relatif cepat dan terus menerus, niscaya, merek itu akan sangat dikenal masyarakat.

Bisnis hari raya
Sementara itu, berkaitan dengan hari lebaran, bisnis roti dan kue biasanya mengalami kenaikan pesanan. Seperti dituturkan oleh Lila, Pengelola produsen bika ambon Metro Jaya, saat hari raya, gerai usahanya mengalami kenaikan order hingga 2 kali lipat. “Menjelang lebaran, pesanan bika ambon kami meningkat dua kali lipat,” katanya.

Senada dengan Lila, Pimpinan Toko Roti dan Kue Soes Merdeka, Temy Ratnadi, juga menyampaikan pendapat yang sama. Hanya saja, Temi menambahkan, menjelang hari lebaran, ia biasa meluncurkan produk-produk khus lebaran seperti kue kering dan parcel.

“Setiap lebaran, kami selalu memproduksi kue kering dan lebaran. Hanya saja, kue kering yang kami sediakan, bukan kue kering umum yang biasa dihidangkan saat lebaran. Kami memproduksi kue-kue kering yang lebih spesial,” pungkas Temi menegaskan.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

AJ Bakery & Cake - Banyak Pilihan Roti dan Kue

AJ Bakery & Cake hadir di komunitas kita sejak September lalu. Sebelumnya, gerai usaha roti dan kue yang satu ini sudah lebih dulu hadir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, sejak tahun 1990.

Dituturkan oleh Pimpinan AJ Bakery & Cake, Endra Tania Tan, gerai usahanya ini hadir dengan konsep one stop bakery. Segala macam roti, kue dan cake ada di AJ Bakery & Cake yang berlokasi di Ruko Vila Melati Mas Square, Serpong ini. “Banyak produk roti dan kue yang kami sediakan,” katanya.

Produk-produk yang disediakan oleh AJ Bakery & Cake antara lain roti, tart, kue basah, dan kue kering. Kesemua produk ini, lanjut Endra, dibuat dengan menggunakan bahan-bahan pilihan, yang kebanyakan adalah bahan import. Dalam satu hari, AJ Bakery & Cake dapat memproduksi roti dan kue hingga lebih dari 20 ribu potong.

Lebih jauh Endra menjelaskan, gerai AJ Bakery & Cake Serpong berbeda konsep desain dengan gerai Kelapa Gading. “Di gerai Serpong, tersedia kafe yang siap menjamu konsumen dengan aneka roti dan kopi yang ditambah dengan fasilitas hot spot, sedangkan di gerai Kelapa Gading tidak ada kafe,” tukasnya lagi.

Rasa roti dan kue buatan AJ Bakery & Cake terbilang lezat. Roti dan kuenya bercita rasa Indonesia dan telah mendapat sertifikat halal dari MUI. Lebih dari itu, roti dan kue AJ Bakery & Cake ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Sebagai contoh Endra menyebutkan, untuk roti manis ukuran standar, harganya bervariasi antara Rp 4 ribu hingga Rp 6 ribu.

Koleksi roti yang dimiliki AJ Bakery & Cake sendiri sangat banyak. Endra menyebutkan jumlahnya lebih dari 1000 macam. Pun demikian, setiap 3 bulan sekali, kata Endra, AJ Bakery & Cake selalu meluncurkan produk baru. “Tiap 3 bulan selalu ada produk baru. Dan sebaliknya, roti yang kurang diminati akan kami tarik,” tegas Endra.

[+/-] Selengkapnya...

Bakpao Ramayana - Bakpao Lezat, Rasa Mantap

Bakpao Ramayana berlokasi di Ruko Golden Boulevard dan Pasar Modern, BSD. Gerai usaha ini menyediakan bakpao dengan berbagai pilihan rasa, ada bakpao ayam, bakpao sapi, bakpao keju, bakpao cokelat, bakpao tausa, bakpao kacang, bakpao tuna, bakpao spesial, dan bakpao goreng.

Bakpao Ramayana BSD merupakan cabang dari Bakpao Ramayana Makassar, yang terkenal sejak 1990 dan menggunakan resep istimewa secara turun temurun. “Bakpao yang kami buat adalah bakpao berkualitas dan padat berisi dengan harga yang terjangkau. Resepnya diambil dari resep keluarga, yang sekaligus menciptakan rasa yang sangat khas dan berbeda dengan bakpao lainnya,” ujar Fanny, Pemilik Bakpao Ramayana BSD.

Selain bakpao, tersedia juga beberapa beberapa makanan khas lainnya seperti bubur ayam dan siomay. Yang tak kalah seru, di sini Anda dapat menikmati bakpao dengan saus sambal khusus. Untuk minumannya, tersedia susu kacang kedelai, yang juga merupakan pasangan sejati bakpao, kemudian tersedia juga kopi Sulawesi (Toraja) yang didatangkan dari Makassar.

Lebih jauh Fanny menjelaskan, aneka bakpao dan menu lainnya dibuat dan dimasak sendiri. Seluruhnya dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan zat pewarna. Selain itu, tempat pengolahan dan memasak selalu melalui prosedur yang higienis dan aman bagi kesehatan.

Bakpao lezat aneka rasa dari Bakpao Ramayana ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau. “Mengenai harga, konsumen tak perlu khawatir. Harga bakpao terjangkau, sesuai dengan rasa dan kualitas bakpaonya,” tukas Fanny.

Berkaitan dengan hari raya Idul Fitri, Bakpao Ramayana juga menghadirkan produk spesial lebaran berupa parcel bakpao. Parcel bakpao ini, kata Fanny, akan dikemas dalam klakat bambu khusus tempat bakpao. Dalam parcel akan tersedia bakpao sejumlah sekitar 10 - 25 potong. Parcel bakpao ini dihargai mulai Rp 100 ribu – Rp 250 ribu. “Untuk lebaran, kami telah menyiapkan parcel bakpao,” ujar Fanny.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

K's Bakery - Roti Amerika Bergaya Jepang

Roti Jepang yang lembut menjadi ciri khas K’s Bakery. Gerai usaha roti yang berlokasi di Jl. Raya Serpong (dekat bundaran Alam Sutera) ini menyediakan banyak roti lezat nan menggugah selera, serta dalam aneka bentuk yang menarik.

K’s Bakery sendiri merupakan gerai roti waralaba yang berasal dari Kanada. Di Indonesia, untuk saat ini K’s Bakery hanya ada dua gerai di dua lokasi, yakni Kelapa Gading dan Serpong. K’s Bakery pertama kali masuk Indonesia April 2007.

“Pertama kami buka di Kelapa Gading. Setelah Serpong, dalam waktu dekat kami juga akan membuka beberapa gerai lagi di sekitar Tangerang dan Selatan Jakarta,” kata Tony Linggi, Director K’s Bakery.

Beragam roti dan kue tersedia di K’s Bakery. Produk yang disediakan antara lain roti tawar, roti manis, cookies, donat, puding, dan cake. Setiap harinya, K’s Bakery menghadirkan 200 jenis roti dan kue.

Aneka produk roti dan kue dari K’s Bakery ini dibuat dari bahan-bahan pilihan. Menurut Tony, kebanyakan bahan baku didatangkan dari luar negeri. “Dibuat dengan bahan baku pilihan, menjadikan roti kami lebih lembut dan lezat,” tegas Tony menambahkan.

Meski berasal dan Kanada dan bertipikal roti Jepang, roti buatan K’s Bakery tetap disesuaikan dengan selera Indonesia. “Cita rasanya tetap rasa Indonesia,” lanjut Tony. Bermacam roti lezat dari K’s Bakery ini ditawarkan dengan harga yang bersaing dan terjangkau. Harga roti di tempat ini bervariasi antara Rp 3 ribu hingga Rp 11 ribuan.

Beralih ke penampilan toko, gerai K’s Bakery terbilang cukup rapi dan menarik. Dekorasi ruangnya terkesan tradisional karena banyak dipenuhi ornamen kayu. Sementara itu, untuk tatanan rotinya, masing-masing roti diletakan berbaris, sehingga mudah bagi konsumen untuk melihat dan memilih.

[+/-] Selengkapnya...

Metro Jaya - Bika Ambon Lezat Asli Medan

Bika ambon Medan menjadi produk utama dari Metro Jaya. Hadir di komunitas kita sejak 2001 lalu, selain bika ambon, Metro Jaya juga menyediakan beberapa panganan lain seperti bolu gulung, brownies, kue bulan, manisan mangga, kacang telur, serta keripik singkong dan aneka kue kering.

Khusus untuk bika ambon, tersedia tiga pilihan rasa yakni bika ambon rasa biasa, keju, dan pandan. Kue bika ambon dari Metro Jaya yang berlokasi di Sutera Delima, Alam Sutera ini terbilang lezat dan gurih karena dibuat dari bahan-bahan pilihan seperti untuk manisan mangga, menggunakan gula asli bukan pemanis buatan, dan lain-lain.

“Kami memang spesialis bika ambon. Setiap hari kami selalu membuat kue ini. Bika ambon buatan kami lezat dan gurih, serta tidak menggunakan bahan pengawet,” kata Lila, Pengelola Metro Jaya.

Untuk pembelian bika ambon, Metro Jaya menyediakannya berdasarkan ukuran loyang. Menurut Lila ada tiga ukuran loyang yang disediakan yaitu ukuran 20 x 20 cm yang isinya bisa 40 potong bika ambon, kemudian ukuran 17 x 17 cm – 30 potong bika ambon, dan ukuran 10 x 20 – 15 potong bika ambon. Harga per loyang bika ambon dari Metro Jaya bervariasi antara Rp 30 ribu hingga Rp 70 ribu.

Di hari-hari biasa, Metro Jaya mampu memproduksi bika ambon hingga 60 loyang per hari. Tapi, di hari-hari besar seperti lebaran, Metro Jaya mampu memproduksi bika ambon hingga 500-700 loyang per hari. “Kalau lebaran, biasanya pesanan bika ambon meningkat,” ujar Lila menerangkan.

Sementara itu, Metro Jaya juga menyediakan layanan pesan antar gratis. Untuk kawasan Serpong dan sekitarnya pesan antar dilayani dengan pembelian minimal Rp 100 ribu, sedangkan untuk Jakarta, minimal Rp 300 ribu.

Selain menjual bika ambon langsung, Metro Jaya juga mensuplai bika ambon buatannya ke banyak toko kue di sekitar Serpong dan Jakarta. Lebih dari itu, Metro Jaya juga memiliki rekanan yang menjual bika ambon Metro Jaya di luar kota seperti Lampung, Bandung, dan Semarang.

[+/-] Selengkapnya...

Rumah Pastel Poetri - Tak Hanya Sedia Pastel

Banyak pilihan kue dan roti disediakan oleh Rumah Pastel Poetri. Gerai usaha ini memiliki koleksi kue dan roti lebih dari 100 jenis. Pun demikian, utamanya Rumah Pastel Poetri menyuguhkan pastel sebagai menu utamanya.

Renyah dan lezat adalah kelebihan dari pastel-pastel buatan Rumah Pastel Poetri. Dibuat dari bahan-bahan pilihan, aneka pastel dari gerai usaha yang berlokasi di Ruko Fifth Aveneu, Gading Serpong ini benar-benar mantap dan menggugah selera.

Pastel dari Rumah Pastel Poetri tersedia dalam lima pilihan rasa atau isi, yakni pastel ayam, pastel smoke beef, pastel sapi, pastel sayur, dan pastel panggang. Kesemua pastel lezat ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, harganya bervariasi antara Rp 2,700 hingga Rp 3 ribu per potong.

“Kami menggunakan resep original milik keluarga. Pastel kami benar-benar crispy,” kata Shella Lesmana, Pengelola Rumah Pastel Poetri. Selain pastel, Rumah Pastel Poetri juga menyediakan bermacam kue basah, kue kering, tart, roti manis, kroisan, asinan, dan kue lapis.

Sementara itu, berkaitan dengan hari lebaran, Rumah Pastel Poetri yang hadir di komunitas kita sejak Maret lalu ini juga menyediakan kue kering toples khas lebaran seperti kue nastar, pastengel, atau putri salju. Harga kue-kue kering toples ini mulai Rp 30 ribuan. Selain kue kering, gerai usaha ini juga menyediakan parcel kue untuk lebaran. “Untuk parcel, kami hanya melayani melalui pemesanan,” tukas Shella lagi.

Meski menghadirkan banyak pilihan kue dan roti, menurut Shella, tidak semua dikeluarkan atau dipanjang pada display. Alasannya karena keterbatasan ruang. Pun begitu, jika ada konsumen yang ingin mendapatkan keu atau roti yang tidak dipajang, bisa memesannya terlebih dahulu. Kata Shella, pemesanan setidaknya dilakukan satu hari sebelumnya.

Selain hadir di Gading Serpong, Rumah Pastel Poetri juga membuka gerai di Kelapa Gading, Sunter, dan Serpong. Rumah Pastel Poetri bisa dikunjungi setiap hari, mulai pukul 07.30-19.30 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Red Plum Cakes & Bakery - Kue Kering untuk Lebaran

Roti bergaya Taiwan menjadi andalan dari gerai usaha roti dan kue Red Plum yang berlokasi Ruko Fifth Aveneu, Gading Serpong ini. Aneka roti isi manis aneka rasa tersedia di Red Plum.

“Roti Taiwan terkenal karena kelembutannya. Begitu juga dengan roti buatan kami. Selain lezat, rotinya juga lembut dan padat berisi,” kata Pengelola Red Plum, Felicia Sukiri.

Red Plum hadir di komunitas kita sejak 2007 lalu. Selain menyediakan roti manis, gerai usaha roti dan kue ini juga menghadirkan aneka kue kering dan basah, serta cake. Selain hadir di Gading Serpong, Red Plum juga memiliki gerai di bilangan Tanahabang, Jakarta.

Menurut Felicia, banyak pilihan rasa dan model roti yang disediakan oleh Red Plum. Semua produk roti dan kue, kata Felicia, murni buatan Red Plum sendiri. Untuk roti isi manis ukuran standar, Red Plum menjualnya dengan kisaran harga antara Rp 4,500 – Rp 5,500.

Kemudian, roti buatan Red Plum adalah roti fresh. Setiap hari, Red Plum selalu memproduksi roti. “Kami memproduksi roti dua kali sehari. Roti yang kami jual adalah roti baru. Roti yang tidak terjual kami tarik, dan tidak dijual kembali,” tegas Felicia menambahkan.

Lebih jauh Felicia juga menuturkan, setiap bulan Red Plum selalu meluncurkan produk roti terbaru. “Agar konsumen tidak bosan, setiap bulan kami selalu menghadirkan roti jenis baru,” tukasnya.

Berkaitan dengan hari lebaran, Red Plum turut pula menyediakan bermacam kue kering. Beberapa jenis kue yang disediakan antara lain kue bangkit, nastar, putri salju, dan kue keju. Menurut Felicia, biasanya kue kering dikeluarkan 2 minggu menjelang hari raya. Kue kering dari Red Plum ini dipasarkan dengan harga antara Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per toples 0,5 kg.

[+/-] Selengkapnya...

Soes Merdeka - Soes Lezat Lengkap dengan Jajanan Oleh-oleh

Hadir di komunitas kita sejak Januari lalu, Toko roti dan kue Soes Merdeka menyediakan banyak pilihan untuk roti dan kue serta oleh-oleh khas Bandung dan beberapa daerah nusantara lainnya. Dijelaskan oleh Pimpinan Soes Merdeka, Temy Ratnadi, toko roti dan kuenya ini sudah dikenal masyarakat sejak lama karena kelezatan kue soesnya.

“Usaha kami ini adalah usaha keluarga yang sudah turun-temurun. Kue soes sudah sangat identik dengan toko roti dan kue kami ini,” kata Temy.

Soes Merdeka yang berlokasi di Jl. Raya Serpong Km. 7 ini berpusat di Bandung. Cabangnya sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk di wilayah Serpong ini. Kemudian, terhitung sejak Agustus lalu, Soes Merdeka juga membuka gerai di Restoran Bumbu Desa, BSD.

Mengenai rasa, Temy menjamin, di setiap toko roti dan kue Soes Merdeka di mana pun, rasanya akan tetap sama. Ini dikarenakan toko roti dan kue yang satu ini menghadirkan koki pembuat roti yang berasal dari Bandung atau pusat Soes Merdeka.

“Kualitas roti dan kue sangat kami perhatikan. Karena itu, juru masaknya kami datangkan dari Bandung. Kemudian, roti dan kue yang kami sediakan adalah kue fresh yang baru masak dari oven,” tegas Temy menambahkan.

Selain kue soes, toko roti dan kue Soes Merdeka juga menyediakan roti dan kue jenis lain seperti marspein, sousysbrood, cheese roll, brownies, dan kue tart.
Aneka roti dan kue yang disediakan oleh toko roti dan kue Soes Merdeka ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk kue soes misalnya, satu potongnya dihargai mulai Rp 3 ribu. Toko roti dan kue Soes Merdeka buka setiap hari, mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

Sementara itu, untuk hari lebaran, Soes Merdeka akan menghadirkan kue kering toples dan parcel kue. Menurut Temi, kue kering yang disediakan bukanlah kue kering umum, yang biasa dihidangkan ketika hari raya. “Kami akan menyajikan kue-kue kering yang berbeda,” pungkas Temi.

[+/-] Selengkapnya...

Ada Potensi di Bisnis Roti

Seperti kita ketahui, roti merupakan makanan utama orang barat. Namun kini, roti semakin diminati masyarakat Indonesia. Terbukti dengan banyaknya gerai usaha atau cafe yang menjual roti, baik sebagai menu pelengkap atau menu andalannya. Dan dalam kebiasaan masyarakat kita, roti sering disantap pada saat sarapan.

Karena perubahan gaya hidup, roti menjadi tren tersendiri di dunia kuliner. Bahkan, para pengusaha roti berlomba-lomba untuk menciptakan varian atau jenis baru yang tentunya berbeda dengan varian yang sudah ada. Tujuannya sudah pasti, apalagi kalau bukan untuk menarik minat para penggemar roti.

Bicara tentang bisnis roti, kue atau cake, sudah pasti siapa saja bisa masuk ke bisnis ini. Meski begitu, untuk bergelut di bidang ini harus punya keberanian yang luar biasa. Apa sebab? Sudah pasti karena persaingan. Pelaku usaha bisnis roti dan kue beragam stratanya, dari pembuat roti kelas rumahan hingga mereka yang bermodal kuat dan mampu menyewa tempat di mal-mal bergengsi.

Persaingan di bisnis roti dan kue saat ini lebih ketat lagi. Mundur ke belakang, jika dulu hanya ada pemain lokal, kini pemain asing pun agresif menyerbu Indonesia. Maka, agar tak sekadar hidup atau untung dari bisnis ini, masing-masing pebisnis roti dan kue wajib memiliki amunisi andalan seperti rasa enak, harga murah, inovasi atau gaya hidup.

Pelaku bisnis roti dan kue jika ingin bertahan harus cerdik melihat peluang usaha sebagai kesempatan. Memang tidak setiap pebisnis mampu menerapkannya. Pengalaman dan naluri bisnis yang tajam amat membantu mereka untuk membaca situasi di mana harus masuk. Ini berlaku bukan hanya bagi pengusaha besar, namun juga pengusaha kecil. Hal yang seringkali dianggap sepele, namun hasilnya bisa dahsyat sebab pengusaha kecil dalam waktu singkat bisa menjadi besar.

Banyak gerai usaha roti dan kue hadir di komunitas kita. Lokasinya pun terpencar, mulai dari gerai di dalam mal, ruko pinggir jalan, hingga usaha rumahan. Masing-masing dari mereka menawarkan cita rasa roti dan kue yang mantap. Perbedaannya, hanya ada pada segmen pasar yang dituju.

Belakangan, dalam satu tahun terakhir, beberapa gerai baru roti dan kue bermunculan di kawasan Serpong dan sekitarnya ini. Ini menandakan, bisnis roti dan kue memiliki potensi untuk dikembangkan. Melihat pangsa pasarnya yang begitu luas, roti dan kue tetap akan diminati meski bukan makanan utama.

Sekilas tentang roti

Seperti disebutkan dalam laman harian-lobal.com, roti di dunia mulai dibuat tahun 2600 SM oleh bangsa Mesir. Mereka juga mengenal ragi sejak 3500 SM sebagai bahan utama roti. Bangsa Romawi pun membuka sekolah spesial roti pada abad 98-117 M.

Berbagai catatan sejarah membuktikan bahwa roti dan ragi merupakan bahan makanan utama bangsa Mesir dan Romawi. Bangsa Mesir mengenal sebutan “roti matahari” karena mereka selalu menjemur adonan roti yang sudah dicampur dengan ragi di bawah sinar matahari agar mengembang sempurna.

Bangsa Romawai tak kalah serius untuk urusan roti, karena roti merupakan makanan utama mereka. Bangsa Romawi mempunyai sekitar 260 pembuat roti yang hebat pada masa 100 SM. Mereka sudah membuat roti untuk dijual. Karena itu para tukang roti itu mengembangkan aneka roti dengan sentuhan beragam cita rasa.

Dua ribu tahun lebih, ternyata teknik membuat roti tetap dikembangkan dengan penyesuaian teknologi. Sekarang banyak sekali bahan dan alat yang bisa mendukung proses pembuatan roti hingga enak dan empuk. Seperti halnya roti tawar, kini tampil dalam beragam racikan tepung gandum dan paduan aneka bahan.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Kiat Sukses Berbisnis Roti dan Kue

Bisnis roti dan kue memang tak ada habisnya. Setiap saat muncul jenis-jenis roti dan kue baru, atau setidaknya muncul gerai-gerai usaha roti dan kue baru. Hanya saja, sama seperti bisnis yang lain, perlu kepandaian mengelola usaha roti dan kue agar usaha bisa berhasil.

Mengelola suatu bisnis memang butuh kepandaian dan kesabaran. Tapi, bagi pengusaha pemula, kepandaian mengelola bisnis hanya bisa diperoleh dari buku atau cerita orang lain saja. Lain halnya dengan pebisnis yang sudah kawakan. Berbekal pengalamannya, dengan mudah ia bisa mengelola suatu bisnis dengan cepat dan tepat.

Bagi pengusaha baru yang ingin merintis bisnis roti dan kue, berikut ini kami tampilkan beberapa tips agar sukses di bisnis roti dan kue. Tips ini kami sarikan dari ’12 tips sukses berbisnis bakery, bisnisbakery.com’.

1. Percaya diri
Mengapa rasa pede merupakan hal yang penting? karena tanpa rasa percaya diri yang cukup, mungkin seorang yang sangat berbakat dan mampu menghasilkan berbagai kue yang berkualitas, lezat dan pasti digemari banyak konsumen, akan selalu merasa bahwa produk buatannya kalah baik dengan berbagai produk yang ada di pasaran. Padahal kenyataannya, banyak sekali produk yang bisa dikatakan biasa-biasa saja, bahkan di bawah standar baik kualitas (rasa, penampilan dan kemasan), mampu tampil di rak-rak berbagai toko kue dan mall, bahkan memiliki pelanggan tetap di berbagai komunitas. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya seseorang memiliki atau menciptakan resep yang kreatif, beda dari yang lain, sehingga tidak perlu merasa minder dengan pesaing, karena memiliki keunikan tersendiri, tips lain yang sangat mudah dilakukan adalah banyak-banyak melakukan survey ke berbagai tempat dan toko dengan berbagai level, niscaya rasa percaya diri akan timbul dengan sendirinya.

2. Konsistensi akan kualitas
Hal ini merupakan penentu keberlangsungan sebuah usaha, seperti yang kita ketahui, ada slogan bahwa 'rasa tidak pernah bohong', hal ini memang ada benarnya, bahwa indera perasa manusia (lidah) sangatlah sensitif dan peka, yang bisa mengenali berjuta rasa yang ada di dunia ini, dan juga ia dapat mengetahui adanya perubahan rasa dari sebuah merek kue yang sebelumnya pernah dikonsumsi. Maka dari itu, konsistensi akan kualitas khususnya rasa, perlu dipertahankan, apalagi jika produk memiliki ciri khas.

3. Fokus pada hal detail
Banyak detail yang perlu diperhatikan dalam sebuah usaha bakery dan kue, dalam hal ini, detail yang hendak kami tekankan adalah hal-hal kecil seperti kebersihan, noda pada kemasan, penampilan produk akhir, dll. Untuk menghindari ada benda-benda yang tidak diinginkan pada produk seperti rambut, potongan plastik, ataupun stepler, tingkatkan kecermatan pada setiap proses, beri pemahaman pada staff/karyawan mengenai kebersihan secara berkala, berilah contoh yang baik pada setiap kesempatan, gunakan peralatan penunjang kebersihan seperti penutup kepala, sarung tangan, buat bak cuci piring/tangan tidak terlalu jauh dari ruang produksi, inspeksi setiap produk yang baru jadi, dan seterusnya.

4. Tepat waktu
Ketepatan waktu tentunya menjadi tuntutan bagi setiap konsumen, terlebih lagi bila pesanan merupakan kebutuhan untuk sebuah event ataupun seasonal gift, cara mensiasatinya adalah dengan memiliki penjadwalan yang teratur, baik secara konvensional dengan memo dan catatan, maupun dengan dukungan teknologi seperti pda, fungsi alarm untuk reminder akan sangat berguna bagi berbagai aktivitas yang mendukung pemenuhan order secara ontime.

5. Growth & development
Kemudian, growth & development (pertumbuhan dan perkembangan), karena pada hakikatnya segala yang ada di dunia ini diharapkan untuk bertumbuh dan berkembang, maka sebuah bisnispun akan baik bila berfokus pada pertumbuhan, yaitu omzet, tingkat penjualan, efisiensi biaya, dll yang dapat diukur. Dan perkembangan, yaitu peningkatan wawasan dari pelakunya, keahlian, ketelitian, dan sense of quality yang tidak terukur namun dapat terasakan eksistensinya pada diri setiap pelakunya.


[+/-] Selengkapnya...

Arti Feng Shui

Mari kita coba mengulas kembali kajian Feng Shui yang selama ini ada. Pemikiran Feng Shui modern telah melahirkan berbagai metoda dan peraturan-peraturan tertentu. Beberapa orang lebih memilih menerapkan Feng Shui tradisional yang lebih berdasarkan sejarah dan tradisi masyarakat Cina kuno.

Ada pula orang yang lebih memilih menerapkan Feng Shui intuitive, yang lebih dapat dikatakan sebagai hasil pengembangan di zaman modern. Feng Shui ini lebih mengesampingkan peraturan dan tradisi dari masa lalu dan membiarkan intuisi mereka sebagai patokan utama dalam bekerja. Masih terdapat perdebatan mengenai mana Feng Shui yang lebih tepat, antara Feng Shui modern yang terlalu terbuka, atau Feng Shui tradisional yang terlalu kaku.

Apa itu Feng Shui? Feng Shui adalah adalah satu dari sekian banyak rahasia Cina kuno. Secara harafiah, Feng Shui dapat diartikan sebagai “angin dan air”. Feng Shui dipercaya sebagai suatu ilmu yang membangun keharmonisan antara langit [astrological] dan bumi [geological], yang akan digunakan untuk mendapatkan kebajikan hidup [Qi]. Orang dahulu percaya bahwa Qi dapat dibawa melalui angin/ udara [Feng] dan disebarkan melaluinya, namun Qi akan larut terbawa jika bersentuhan dengan air [Shui].

Lebih lanjut, Feng Shui dikenal sebagai suatu teknik/metode penataan bangunan berdasarkan astronomi untuk memaksimalkan kemampuan hidup seseorang. Namun pada aslinya, Feng Shui hanyalah suatu metoda untuk memilih tempat hidup [bertempat tinggal] dan juga memilih area yang menguntungkan untuk mengolah bisnis, yang pada zaman dulu berlanjut pula dengan pertanian. Karena pada dasarnya, pemilihan tempat yang baik untuk bertempat tinggal akan berpengaruh pada aspek-aspek hidup Anda seperti halnya kesehatan, kemakmuran, hubungan asmara, dll.

Jika Anda mengangggap hal itu hanya tahayul atau bahkan mempunyai kekuatan mistis, cobalah berpikir begini: Jika kita mempercayai bahwa apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan terjadi, maka singkirkan semua tahayul dan pernyataan semacamnya. Seperti contoh “berjalan di bawah tangga atau melihat kucing hitam akan membawa kesialan untuk Anda”. Hal tersebut sama sekali tidak akan membawa kesialan. Tapi, jika Anda mempercayai bahwa hal-hal tersebut akan membawa kesialan untuk Anda, secara sadar atau tidak sadar Anda akan menarik kesialan itu ke dalam diri Anda.

Jadi, jika Anda mempercayai bahwa pemilihan tempat tinggal dan pemilihan tempat kerja Anda akan berpengaruh pada segala aspek dalam kehidupan, maka mengapa tidak belajar untuk menerapkan prinsip Feng Shui ke dalam hidup Anda?

Feng Shui mencoba menghilangkan semua hambatan dalam hidup kita dengan cara yang sangat mudah. Anda mungkin perlu mengatur kembali perletakan furnitur Anda, atau mungkin menggantung sesuatu seperti kristal di pojok ruangan. Seringkali, aksi-aksi yang harus Anda lakukan bersifat realistik/logis.

Kita beri contoh, jika Anda memindahkan kursi yang menghalangi pintu utama. Hal ini menjadikan ruangan lebih berenergi, karena kursi yang menghambat aliran energi telah disingkirkan. Ketika Anda menciptakan energi positif yang mengalir dengan baik, aliran energi akan memberi keuntungan pada Anda di berbagai aspek dengan cara yang positif.

Tapi, pernahkah Anda merasakan perasaan tidak nyaman ketika berada di dalam ruangan yang perletakan furniturnya tidak tertata dengan baik? Atau bagaimana warna ruangan membuat Anda merasa depresi? Dengan prinsip Feng Shui, Anda dapat mengatasi rintangan-rintangan ini dengan mudah.

Aliran energi positif yang mengalir di dalam rumah kita akan segera berpengaruh pada kehidupan kita. Keuntungan yang terasa dapat berbentuk kesehatan dan hubungan yang membaik, kreatifitas yang berkembang, berkurangnya depresi, merasa lebih hidup, perasaan lebih aman, dan juga tentunya status finansial yang lebih baik.

Kemudian, apakah Feng Shui dapat membuat Anda kaya? Saya yakin, bahwa hidup tidak akan semudah pernyataan itu. Namun, secara pasti, jika Anda mengaplikasikan Feng Shui di dalam kehidupan Anda dengan tepat dan didukung pemikiran yang terkonsentrasi, yakinlah bahwa hal tersebut dapat memberi banyak perubahan dalam kehidupan Anda – salah satunya dapat berarti peningkatan kemakmuran Anda!

Beberapa sumber, buku, website tertentu menyatakan bahwa jika Anda menetapkan Feng Shui dalam kehidupan, maka Anda akan menjadi sukses. Tetapi Feng Shui bukan hanya melulu soal kekayaan. Feng Shui berbicara tentang menciptakan lingkungan di mana energi positif dapat mengalir baik agar dapat meningkatkan taraf kehidupan di berbagai aspek.

Feng Shui tidak akan membawa pengaruh negatif ke dalam hidup Anda ! Ini adalah sesuatu yang pasti, kecuali Anda salah menafsirkan prinsip Feng Shui ke dalamnya. Atau Anda membutuhkan bimbingan yang tepat untuk mengaplikasikan Feng Shui? Anda dapat menghubungi konsultan untuk masalah ini. Pernahkah Anda mendengar pernyataan seperti “kolom/tiang yang berada di tengah lorong/jalan [yang tidak dapat dipindahkan] akan menghambat aliran energi yang mengalir, dan dapat menyebabkan”?
Cerita semacam ini dapat menciptakan salah pengertian jika Anda salah menafsirkannya. Jika Anda terpengaruh oleh cerita semacam ini, Anda akan terus terbayangi dengan masalah tersebut. Pikiran akan menstimulasi badan, yang akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda!

Feng Shui melihat kita sebagai salah satu bagian dari alam semesta. Hal tersebut berarti bagaimana Anda mengatur diri dan lingkungan agar dapat dengan kehidupan Anda. Jika Anda mengikuti aliran energi yang ada dalam alam semesta, maka kehidupan Anda yang selaras tadi akan dapat berjalan dengan lancar – sejalan dengan alam semesta.

[+/-] Selengkapnya...

Komposisi Lukisan pada Dinding

Dalam sebuah rumah, bagian yang paling banyak dan mudah untuk didekorasi adalah dinding. Dinding mempunyai bagian/bidang yang cukup luas dan rata untuk dijadikan wadah penempatan elemen dekor.

Pada saat ini, elemen dekor yang akan dibahas adalah benda seni yang digantung di dinding, benda-benda itu antara lain, lukisan, foto, poster, dsb.

Dalam penempatan lukisan di dinding, hal yang terpenting adalah ukuran dan komposisi lukisan. Lukisan yang sangat besar sebaiknya tidak diletakkan pada dinding yang sempit dan mempunyai berbagai furniture kecil di bawah atau di sekitarnya, begitu juga sebaliknya untuk lukisan kecil.

Usahakan penempatan lukisan tersebut berada pada level mata. Jadi peletakan lukisan tersebut sebatas pada tinggi mata manusia, kecuali pada kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan. Namun perlu diingat pula untuk tidak meletakkan lukisan dengan bingkai besar tepat di atas sofa. Karena akan mengganggu orang yang duduk di sofa tersebut, atau bahkan akan mengenai kepala orang tersebut.

Untuk beberapa lukisan kecil yang ingin dipajang, kita harus membuat komposisi pada dinding yang ingin ditempati. Komposisinya tergantung dari bentuk dinding. Apakah dinding itu memanjang secara horizontal atau vertikal? Komposisi atau penyusunan lukisan ini penting sebelum Anda memasang lukisan dinding, hal ini untuk menghindari bongkar pasang paku karena posisi lukisan tidak bagus.

Anda bisa menggambarkannya di kertas terlebih dahulu beberapa perkiraan ukuran lukisan-lukisan tersebut seperti pada contoh.

Komposisi memanjang ke samping membuat dinding terasa lebih lebar sedangkan komposisi vertikal membuat dinding terasa lebih tinggi.

Selain pengaturan lukisan-lukisan ini secara komposisi, juga perlu diperhatikan warna dasar dari lukisan tersebut. Pengaturan warna harus disesuaikan dengan selera anda. Apakah dinding akan ditampilkan dengan paduan warna yang terang dan bersih, atau gelap, atau kontras antara terang dan gelap?

Pengaturan lukisan dinding ini memang terkadang terlihat sederhana. Namun, jika kita mengaturnya dengan baik dan benar, tentunya hasil yang didapat juga akan lebih baik daripada sembarang menaruh lukisan.

Hal ini lebih berpengaruh lagi jika Anda mempunyai rumah yang mewah. Karena segala bentuk lukisan, foto, atau poster itu dipasang di dinding untuk bisa dinikmati bukan sekedar untuk memenuhi dinding. Selamat mencoba.

[+/-] Selengkapnya...

Rabu

[+/-] Selengkapnya...

Corazza - Padukan Internet, Game Online dan Kafe

Banyak cara bisa dilakukan untuk merelaksasi diri. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang berupa internet. Internet serta game online sebagai turunannya, kini sudah begitu erat dengan masyarakat kita.

Di bilangan Ruko Paramount Digital Arcade, persis sebelah pom bensin Gading Serpong, berdiri megah gerai usaha internet dan game online, Corazza. Menurut Pengelola Corazza, Arlina, tempat usahanya ini mengusung konsep one stop shopping, karena selain menyediakan jasa penyewaan internet dan game online, Corazza juga menghadirkan cafe yang menyuguhkan aneka makanan lezat beserta minuman.

“Biasanya para gamers itu kalau main suka lupa waktu. Belum lagi kalau makan, makannya hanya seadanya. Karena itu kami menyediakan kafe yang menghadirkan bermacam menu makanan dan minuman lezat dengan harga yang terjangkau,” kata Arlina.

Corazza sendiri menyediakan komputer sebanyak 40 unit. Seluruhnya, lanjut Arlina, menggunakan monitor layar datar 19 inci dengan spek komputer tinggi. “Untuk mendapatkan grafis yang maksimal, kami menggunakan komputer dengan spesifikasi yang terbaik,” ungkap Arlina lagi.

Bagi para gamers, Arlina menyebutkan, berbagai permainan online baik internasional atau lokal tersedia di Corazza ini. Tak hanya menyediakan game untuk para pria, untuk gamers wanita tersedia juga beberapa permainan yang mengasyikan.

Sementara itu, penataan ruang Corazza terbilang sangat apik. Tata letak komputer tidak hanya berbaris tapi ada juga yang ditata dengan model meja bundar ala pesawat Star Trek. “Ruang komputer kami tata senyaman mungkin. Kami ingin memberi pilihan kepada konsumen,” tukas Arlina.

Untuk tarif penyewaan internet dan game online, Arlina menyebutkan, bagi member tarifnya sebesar Rp 4 ribu per jam, dan mendapat 8 jam gratis, sedangkan untuk konsumen non member tarifnya Rp 5 ribu per jam.

[+/-] Selengkapnya...

Ikki Bento – BSD, Lezatnya Makanan Jepang

Makanan Jepang memang punya banyak penggemar. Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka makanan Jepang, terutama jenis bento. Dan salah satu gerai usaha yang turut meramaikan bisnis makanan bento ini adalah Ikki Bento.

Di komunitas kita, Ikki Bento hadir di bilangan Ruko Golden Boulevard BSD. Ikki Bento menyediakan beragam menu makanan Jepang seperti menu bento, teriyaki, serta burger, dan mie.

Rasa makanan Ikki Bento sendiri tak kalah dengan rasa makanan dari restoran bento yang lain. Menurut Pengelola Ikki Bento BSD, Yen Yen, rasa Ikki Bento lezat, dan renyah - untuk jenis makanan gorengan. “Rasa makanan kami tak kalah dengan tempat lain,” kata Yen Yen.

Beberapa menu makanan yang tersedia di Ikki Bento antara lain spicy chiken, chiken katsu, ekkado, ebi katsu, ebi furai, chiken teppanyaki, prawn teppanyaki, sirloin teppanyaki, serta aneka burger dan mie. Beragam menu ini ditawarkan dengan harga terjangkau. Harga makanan Ikki Bento bervariasi mulai Rp 6 ribuan. Selain menghadirkan menu satu, Ikki Bento juga menyediakan menu paket hemat.

Makanan yang disediakan, kata Yen Yen, adalah makanan yang fresh. Makanan baru dibuat setelah ada pesanan. Pun demikian, Yen Yen menyebutkan, proses penyajian akan tetap berlangsung cepat.

Sementara itu, Yen Yen menyebutkan, Ikki Bento BSD membidik konsumen dari kalangan perkantoran. Ini dilihat dari lokasi Ikki Bento BSD yang memang berada di kawasan toko dan perkantoran. “Kami memang membidik konsumen perkantoran, meski demikian, kami juga melayani konsumen rumahan,” pungkas Yen Yen.

Ikki Bento BSD juga menyediakan layanan pesan antar untuk kawasan BSD dan sekitarnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Ikki Bento BSD, bisa datang setiap hari, mulai pukul 09.30-20.30 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

Rumah Sprei, Sprei Cantik, Harga Pabrik

Kasur untuk tempat tidur akan terasa lebih nyaman dan indah bila dilapisi dengan sprei yang berkualitas. Selain kualitas bahan, motif atau corak biasanya juga menjadi pilihan dalam memilih sprei yang diinginkan.

Rumah Sprei yang berlokasi di Jl. Raya Serpong – seberang Batalion Infantri Serpong, hadir di komunitas kita sejak Agustus lalu. Gerai usaha ini menyediakan bermacam sprei, bed cover, serta perlengkapan tidur lainnya seperti daster dan bantal latex.

Dijelaskan oleh Pengelola Rumah Sprei, Didi, sprei-sprei yang disediakan merupakan sprei produksi Bandung. Rumah Sprei, kata Didi, menghadirkan ratusan motif sprei dari empat merek yang berbeda.

”Banyak koleksi sprei yang kami miliki. Di sini ada 4 merek sprei yang ditawarkan, masing-masing memiliki kelebihan baik dari segi kualitas bahan, motif atau harga,” ujar Didi.

Pilihan yang sangat lengkap memang menjadi kelebihan Rumah Sprei. Untuk motif, Didi menyebutkan, di Rumah Sprei tersedia sprei dengan motif bunga, batik modern, kartun disney, dan lain sebagainya. Sementara untuk ukurannya, tersedia sprei single dengan ukuran mulai 90 cm, 100 cm, dan 120 cm dan sprei double dengan ukuran 160 cm, 180 cm, dan 200 cm.

Mengenai harga, Didi menjelaskan, karena sprei yang disediakan didatangkan langsung dari pabrik, maka harganya akan lebih terjangkau. Harga sprei di Rumah Sprei bervariasi, untuk ukuran single harganya mulai Rp 45 ribu, sedangkan untuk ukuran double harganya mulai Rp 60 ribu. Kemudian, untuk bed cover, harganya mulai Rp 155 ribuan, tergantung ukuran.

Sementara itu, dalam masa promosi untuk saat-saat ini, bagi konsumen yang membeli sprei dengan jumlah tertentu, Rumah Sprei akan memberi bonus berupa minum jus buah gratis. Rumah Sprei buka setiap hari, mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

Soto Serpong, Banyak Pilihan Menu Soto

Salah satu makanan khas Indonesia adalah soto. Pun demikian, soto punya banyak jenis. Ada perbedaan cita rasa soto berdasarkan bahan bakunya dan ada pula perbedaan soto berdasarkan asal wilayahnya.

Soto Serpong hadir di komunitas kita sejak Agustus lalu. Berlokasi di Ruko Tol Boulevard, BSD, Soto Serpong menyediakan beberapa pilihan menu soto seperti soto betawi, soto ayam, soto empal dan soto vegetarian. Selain menu soto, tersedia juga menu lain di luar soto seperti ayam goreng, empal goreng, pepes, perkedel, bakwan jagung, serta sop iga, dan sop buntut.

Rasa makanan yang lezat menjadi kelebihan dari Soto Serpong. Lebih dari itu, harga makanan yang terjangkau serta kenyamanan saat bersantap menjadi kelebihan lain dari Soto Serpong ini.

Soto vegetarian atau soto tanpa daging merupakan menu baru dari gerai usaha kuliner yang satu ini. Soto tanpa daging ini diperkenalkan dengan sebutan soto serpong. “Soto tanpa daging kami sediakan bagi konsumen yang tidak makan daging,” jelas Pengelola Soto Serpong, Bapak Wahyu.

Sementara itu, untuk menu sop buntut, Soto Serpong menghadirkan sop buntut lezat dengan daging yang mudah lepas dari tulang. Rasanya pun begitu lezat dan sangat menyegarkan. “Umumnya daging pada menu sop buntut itu sulit untuk lepas dari tulang, tapi dengan teknik masak yang kami gunakan, daging jadi lunak dan mudah lepas dari tulangnya,” pungkas Pak Wahyu menambahkan.

Kemudian, untuk soto betawi, Soto Serpong menyuguhkan soto betawi dengan dua pilihan kuah, kuah santan atau kuah bening kaldu.

Lebih jauh Pak Wahyu menambahkan, ayam goreng Soto Serpong termasuk salah satu menu kesukaan para pelanggannya. Daging ayamnya benar-benar empuk. Ditambah lagi dengan rasa khas dari sambal terasinya.

Ruang makan Soto Serpong sendiri tertata sangat apik. Selain bersih, ruang makannya juga terbilang cukup luas. Soto Serpong mampu menerima tamu hingga 50 orang. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Soto Serpong, bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Super Star, Tampil Trendi dengan Gelang Titanium

Menghadirkan penampilan yang terkesan trendi dan modis tak cukup hanya dengan mengandalkan busana atau pakaiannya saja. Perlu juga ditambah dengan aksesoris lain seperti gelang, kalung, atau cincin.

Bagi yang gemar mengenakan aksesoris sebagai tambahan perlengkapan fasion, gerai usaha Super Star yang berlokasi di lantai dasar BSD Junction menghadirkan aneka gelang trendi dengan berbagai pilihan model. Gelang-gelang tersebut terbuat dari titanium dan batu garnet.

Dijelaskan oleh Hanura, Pengelola Super Star, gelang-gelang ini memang diciptakan untuk kebutuhan fasion. Pun demikian, ada pula unsur kesehatan di dalam gelang-gelang ini. “Di masing-masing gelang, terdapat magnet kesehatan yang dapat memperlancar peredaran darah. Meski begitu, fungsi utama gelang ini tetap untuk fasion,” tukas Hanura.

Gelang-gelang funky beraneka desain ini dapat digunakan siapa saja, pria atau wanita, baik anak-anak dan orang dewasa. Aneka gelang dari Super Star ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Harganya bervariasi mulai Rp 75 ribu hingga Rp 1 jutaan.

Selain gelang, tersedia juga cincin dan kalung. Kedua produk ini juga terbuat dari bahan yang sama, yakni titanium dan batu garnet. Khusus untuk cincin, sama seperti gelang-gelang tadi, terdapat juga magnet kesehatan.

Produk cincin dan kalung ini juga dipasarkan dengan harga yang bersaing. Hanura menyebutkan, untuk cincin, harganya mulai Rp 35 ribu, sedangkan kalung, harganya mulai Rp 75 ribu.

Bermacam produk aksesoris fasion yang disediakan Super Star merupakan produk import. Kualitas dijamin memuaskan. “Produk kami sangat bagus dan tahan lama,” pungkas Hanura menambahkan.

Sementara itu, selain menyediakan bermacam produk aksesoris fasion, Super Star juga menyediakan produk fasion berkelas lainnya seperti kaos import, sepatu, tas, ikat pinggang, serta pernak-pernik fasion lainnya.

[+/-] Selengkapnya...

Sushi Hana, Ada juga Sushi Matang

Sebagian masyarakat kita sering kali ragu saat ditawari makan di Japanese restaurant. Menu asli dari Jepang yang terkenal adalah ikan mentah dengan nasi epang yang sudah dimix atau dikombinasikan dengan Japanese vinegar. Pun demikian, saat ini sushi semakin mudah didapatkan karena banyaknya sushi restaurant bermunculan di kota-kota besar.

Salah satu sushi restaurant yang ada di komunitas kita adalah Sushi Hana yang berlokasi di Ruko Tol Boulevard, BSD. Sushi Hana hadir di komunitas kita sejak Juli lalu. Di resto ini, aneka sajian sushi tersedia lengkap, mulai dari sushi nigiri, sashimi, hingga kitchen food seperti tempura, teriyaki, dan lain-lain.

Dijelaskan oleh Pengelola Sushi Hana, Sugeng, yang juga mantan sushi chef selama 7 tahun di Amerika, Sushi Hana merupakan sushi restaurant yang menggabungkan gaya Jepang dan gaya Amerika.

Sushi Hana menawarkan menus sushi matang, lebih dari 140 jenis, yang berbeda dengan resto Jepang lainnya. Menu yang disediakan antara lain Baked Salmon, Flying Dragon Roll, Volcano Roll, Hana Roll, dan lain-lain. Aneka menu roll tadi disajikan dengan menggunakan nasi yang sedikit atau tipis dengan isi yang lebih banyak dari resto Jepang lainnya, sehingga menghadirkan rasa yang akrab dengan lidah masyarakat Indonesia.

Suhsi lezat dari Sushi Hana ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Harga makanan di resto ini bervariasi mulai dari Rp 9 ribu hingga Rp 180 ribu. Sementara itu, ruang makan restoran Sushi Hana sendiri terbilang sangat nyaman dan apik. Sushi Hana buka setiap hari, mulai pukul 10.30-15.00 WIB dan 17.30-22.00 WIB.

[+/-] Selengkapnya...

Genoveva Kiranaputri, Pelukis Muda yang Siap Berprestasi

Coretan warna tertuang di atas kanvas. Karya visual dua dimensi nan indah sarat makna pun tercipta. Dengan penuh imajinasi, gelora seni membara di sanubarinya. Lewat lukisan, ia tampilkan perasaan dan ekspresi jiwanya.

Terlahir dari pasangan Rudy Sugiharto dan Inge Djawanto, Genoveva Kiranaputri atau yang akrab disapa Nova, dianugerahi talenta melukis yang luar biasa. Bagi remaja sebayanya, barangkali melukis bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Tapi bagi dara belia kelahiran Jakarta, 3 Januari 1993 ini, melukis adalah dunianya.

Nova mulai mengenal dunia melukis sejak kecil. Seperti dituturkan sang ayah, Rudy, sejak kecil Nova senang menggambar, hanya saja ketika itu ia suka menggambar di dinding rumahnya. “Bakat melukis Nova sudah terlihat sejak ia mulai berumur 5 tahun,” kata Rudy.

Melihat bakat yang dimiliki putrinya, Rudy pun memasukan Nova ke beberapa sanggar lukis. Gonta-ganti guru lukis pun kerap dialami Nova. Yang terbaru, dari 2006 hingga kini, Nova bergabung dengan Sanggar Pelukis Cilik Jakarta, di bawah asuhan Mas Yos Soesilo.

Di bawah arahan Mas Yos Soesilo inilah Nova yang tinggal di Puri Bintaro, Bintaro Jaya ini mulai menemukan jati dirinya dalam berkarya. Diungkapkan oleh Mas Yos, Nova termasuk pelukis beraliran ekspresionif, pelukis ekspresi yang berkerja dengan cepat. “Nova punya karakter. Lukisannya bermakna dalam,” kata Mas Yos.

Nova sendiri mengatakan, ia lebih suka melukis tentang dunia hewan. Dari beberapa lukisannya, kebanyakan memang bercerita tentang kehidupan hewan. Meski begitu, beberapa lukisan tentang kehidupan manusia juga ada dalam daftar karya-karyanya.

Selain karakternya sebagai pelukis yang mulai terbentuk, Nova juga hadir sebagai pelukis wanita muda. Menurut Mas Yos, di Indonesia tak banyak pelukis wanita, apalagi yang berusia muda seperti Nova. “Nova ini sudah bisa bersanding dengan pelukis-pelukis besar. Apalagi, Indonesia minim pelukis wanita. Itulah salah satu kelebihannya,” tukas Mas Yos lagi.

Lebih jauh Mas Yos menyebutkan, karya-karya Nova sudah layak untuk dikomersilkan. Bahkan, ada beberapa karya Nova yang sudah dikoleksi orang lain. “Karya Nova tidak kalah dengan pelukis-pelukis senior. Hanya saja, Nova masih butuh banyak pengalaman agar lebih dikenal,” pungkasnya.

Karir Nova sebagai artis lukis memang baru seumur jagung. Tapi, sedikit banyak ia sudah merasakan beberapa pameran lukisan, yang menambah wawasan ilmu lukisnya sekaligus akan melambungkan namanya suatu saat. Beberapa pameran lukisan bersama yang pernah diikuti siswi kelas X SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro ini antara lain pameran Do It Better di Istana Anak-anak Taman Mini Indonesia Indah, pameran Suzuki Way of Life with Nine Generation Painters, serta demo melukis di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu, Rudy kembali menjelaskan, sebagai orangtua, ia dan ibunda Nova hanya bisa mendukung. Selebihnya, karir Nova diserahkan kembali kepada Nova. “Saya berharap Nova bisa mendapatkan yang terbaik. Jika melukis memang jalan hidupnya, maka ia wajib menjalaninya sepenuh hati. Kami, orangtuanya, hanya bisa memberi dukungan dan berbangga hati,” tegas Rudy.

Selain Nova, kakak Nova yang bernama Blasius Adi Saputra juga memiliki bakat melukis. Adi juga berguru kepada Mas Yos. Berbeda dengan Nova, karya-karya Adi lebih cenderung realis, seperti wujud objek aslinya. “Nova dan Adi sama-sama punya bakat melukis yang istimewa. Sekarang tinggal bagaimana mereka berdua mengasah kemampuannya,” ujar Mas Yos tentang kedua muridnya.

[+/-] Selengkapnya...

Puri Pakujaya Regency - Rumah Kokoh Nan Asri yang Terbatas

Puri Pakujaya Regency hadir dengan mengusung konsep hunian minimalis modern yang nyaman. Dikembangkan di atas lahan seluas 1,5 hektar, dalam Puri Pakujaya Regency akan dibangun rumah sebanyak 97 unit.

Berlokasi di Jl. Bhayangkara Raya, Serpong atau yang tepatnya bersebelahan dengan perumahan Graha Raya Bintaro, Puri Pakujaya Regency telah diperkenalkan sejak setahun lalu. Puri Pakujaya Regency ini sendiri dikembangkan oleh PT Nusuno Karya.

”Puri Pakujaya Regency memang bukan produk properti terbaru. Perumahan ini sudah kami luncurkan setahun lalu. Meski demikian, hingga kini masih tersedia beberapa unit rumah yang dapat dimiliki masyarakat,” kata Manager Marketing PT Nusuno Karya, Rudian Syah.

Sampai saat ini, Puri Pakujaya Regency telah terjual 80 persennya. Jadi, tak banyak sisa unit yang dapat dimiliki. Karena itu, konsumen yang berminat harus bergerak cepat.

Puri Pakujaya Regency hadir dengan dengan empat pilihan tipe, berdasarkan luas bangunan, yakni tipe 39, 49, 60, dan 72. Perumahan di Puri Pakujaya Regency dipasarkan dengan harga mulai Rp 250 jutaan.

Tiap-tiap unit rumah dalam Puri Pakujaya Regency dibangun dengan sistem kluster, dengan satu pintu gerbang utama. Sementara itu, untuk jalan internal, Puri Pakujaya Regency menggunakan bata konblok.

Bicara tentang sistem pembuangan air, Rudi menjelaskan, pengembang Puri Pakujaya Regency telah memikirkan hal tersebut. Karenanya, dalam Puri Pakujaya Regency telah terdapat saluran pembuangan air yang cukup rapi. ”Perumahan ini tidak akan kebanjiran. Kami sudah mempersiapkan saluran pembuangan airnya. Belum lagi, kami juga sudah menyiapkan sejumlah lahan hijau untuk tanaman,” pungkas Rudi menegaskan.

Lebih jauh Rudi menuturkan, Puri Pakujaya Regency memiliki kelebihan pada material bangunan yang digunakannya. Menurut Rudi, Puri Pakujaya Regency menggunakan bahan bangunan berkualitas, serta proses pengerjaan yang teliti dan akurat. Salah satu bahan pilihan yang digunakan Puri Pakujaya Regency adalah kusen UPVF, kusen ini tahan api, anti rayap, dan kedap suara. Kusen UPVF ini digunakan di setiap unit rumah.

”Satu kelebihan kami adalah penggunaan bahan bangunan. Puri Pakujaya Regency menggunakan bahan bangunan pilihan, sehingga hasilnya jadi lebih kuat dan kokoh. Selain itu, proses pengerjaan juga dilakukan dengan teliti,” tegas Rudi menambahkan.

Tak hanya unggul dalam bahan material dan ketelitian proses kerja, Puri Pakujaya Regency juga memiliki kelebihan dengan adanya berbagai fasilitas internal yang cukup menggiurkan. Beberapa fasilitas dalam perumahan yang tersedia antara lain kolam renang, lapangan basket, sport center, serta keamanan 24 jam.

Sementara itu, untuk fasilitas eksternal di luar perumahan, di sekitar Puri Pakujaya Regency telah tersedia beragam pusat kebutuhan masyarakat seperti rumah sakit internasional, sekolah internasional, serta pusat perbelanjaan modern.

[+/-] Selengkapnya...

Kamis

[+/-] Selengkapnya...

Bumbu Desa - Mencicipi Menu Sunda Pedalaman

Semaaah…(teriak seorang pramusaji yang bertugas menerima tamu)
Wileujeng sumpiiing...(dijawab serempak oleh beberapa pramusaji lainnya)
Tamuuu…
Selamat dataang….

Greeting atau salam itulah yang terdengar setiap menginjakkan kaki di rumah makan ini. Bumbu Desa menawarkan sajian khas masakan Sunda dengan nuansa ranah Parahyangan di tengah kota.


Konsep resto dan menu yang disajikan terlihat sangat matang. Mulai tampilan gedung dan kapasitas sampai desain interiornya yang khas Sunda. Bumbu Desa dibuat dengan pelayanan dan penyajian ala kedai atau Warteg, tapi dikelola dengan profesional, modern, teaterikal, entertaining, cepat, dan experiencing.

Menurut Restaurant Manager Bumbu Desa BSD, Yudwi Harto, konsep tersebut diterapkan di seluruh outlet Bumbu Desa. “Awal didirikan untuk mengapresiasikan para ibu-ibu di Jawa Barat, khsususnya daerah Garut, yang masih memasak dengan cara tradisional.

Konsep yang ada adalah memadukan 2 generasi, modern dan klasik. Ini bisa dilihat dari desain tempatnya yang terbilang mewah, tapi masih ada sisi klasiknya,” jelasnya.

Selain ucap salam yang khas tadi, Bumbu Desa yang pertama kali berdiri di Jalan Laswi No 1, Bandung ini, memiliki interior desain yang sangat menarik. Lihat saja foto-foto hitam putih yang dijajarkan memanjang di setiap dindingnya. Di situ, terpampang beberapa aktivitas yang biasa dilakukan orang-orang desa.

Sebut saja orang yang sedang mencangkul sawah, menangkap ikan, membuat gula Jawa, menggoreng tahu Sumedang, atau menangkap ikan. Begitu juga dengan masih digunakannya lampu petromak.

Furniturnya dipilih yang memiliki sentuhan modern, tapi masih mencirikan karakter tradisional. Seperti tempat duduk yang memiliki sandaran tinggi dan dibuat dari rajutan rotan berwarna coklat tua.

Belum lagi kalau melihat pramu sajinya. Wah, unik sekali. Wanitanya memakai kain batik khas Jawa Barat dengan tutup kepala kain, sedangkan yang laki-laki mengenakan pakaian “unyil”. Lengkap dengan kopiah di kepala dan sarung yang diikatkan di badan.
Terutama laki-laki, ada lagi seragam yang biasa digunakan, yaitu atasan hitam dengan celana panjang bermotif lurik. “Pakaian itulah ciri khas kami. Ada lagi hal lain yaitu, salam hangat di dada yang menandakan layanan tulus dari kami,” ujar Yudwi lagi.

Kedai Modern

Sejak didirikan 4 tahun lalu di Bandung, Bumbu Desa terbilang tumbuh dengan pesat. Selain di BSD, restoran yang menyajikan menu bercita rasa asli Sunda pedalaman ini telah memiliki beberapa cabang di Jakarta dan luar kota, seperti Surabaya, Bogor, dan Cirebon.

Yudwi menambahkan, setiap cabang dibuat dengan kapasitas tempat duduk yang cukup banyak dan gedung yang cukup mewah. Hal itu sengaja diterapkan agar kesan kedai modern lekat di Bumbu Desa. Bumbu Desa BSD sendiri menyediakan kursi makan untuk 315 orang

Setiap orang yang hendak bersantap di restoran ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih tempat makan. Kemudian, mereka baru bisa memilih menu yang diinginkan.

Menu-menu tersebut disajikan di atas coet/cobek (wadah yang terbuat dari batu kali berbentuk bulat) berukuran besar dan penggorengan dengan alas daun pisang. “Buat menu sayur atau tumis yang berkuah, biasanya ditempatkan di penggorengan. Sedang menu seperti ayam atau udang, ditaruh di cobek,” kata Yudwi.

Nasi pun tersedia dalam berbagai pilihan. Ada nasi putih biasa, nasi liwet, dan nasi merah. Buat mereka yang memesan lebih dari 5 porsi, biasanya nasi akan disajikan menggunakan boboko (bakul nasi). Sedangkan yang hanya memesan 1 – 2 porsi, nasi akan disajikan di atas daun pisang.

Bukan restoran Sunda namanya kalau tidak ada lalapan dan sambal. Di tempat makan ini, tersedia Salad Bar dengan aneka lalapan (daun selada, terong, timun) dan berbagai sambal, seperti sambal dadag (terasi), sambal goreng, sambal oncom (sambal dicampur oncom bakar), dan sambal hijau.

Penyajian lalapan dan sambal atau yang disebut dengan menu komplimen ini pun sangat khas. Lalapan ditempatkan di pipiti (besek bambu). Sedangkan sambal bisa diambil dengan cobek kecil persegi panjang yang bisa ditempatkan dua macam sambal.

Selesai memilih menu dan lalapan, tinggal tunggu di meja yang sudah dipesan sebelumnya. Tidak berapa lama, pesanan menu pun akan datang. Pembayaran dilakukan belakangan setelah selesai makan.

Menu Khas Sunda

Berbagai menu disajikan. Pilihannya beragam dari ayam, ikan, udang, paru, babat, tahu, tempe, sampai buntil. Sayuran dan menu tumis pun tersedia macamnya, mulai sayur kangkung, tumis genjer, terong bumbu pedas, sayur asem, karedok, sampai menu pipiti (siput) yang dimasak dengan kuah kuning.

Tapi, menu yang patut dicoba adalah Ikan Gurame Goreng, Ayam Sambal Ijo, Ayam Bumbu Desa, Udang Goreng, dan Sayur Asem.

Selain ukurannya yang cukup besar, menu Ikan Gurame Goreng yang dimasak kering ini, rasanya garing dan dagingnya berasa gurih. Menu ini disajikan dengan sambal tersendiri. Satu porsinya sudah termasuk sambal goreng yang rasanya ada campuran kencur dan daun kemangi. Sangat khas sekali.

Sedangkan Ayam Sambal Ijo, menu ini sangat menggugah selera dengan baluran cabe ijo. Rasanya sedikit asin bercampur dengan pedasnya cabe ijo. Bila menyantap menu ini, sepertinya tidak perlu lagi dicampur dengan sambal komplimen tadi.

Kemudian menu Ayam Bumbu Desa, bisa dibilang merupakan maskot menu dari restoran ini. Rasanya seperti ayam goreng biasa, tapi dominan berasa manis. Pas sekali bila dimakan dengan sambal goreng.

Jangan ketinggalan untuk mencoba menu udang goreng atau bakarnya yang terdiri dari 4 ekor satu tusuknya. Di samping udangnya yang besar-besar, dagingnya yang putih pun berasa sangat gurih dan garing.

Terakhir, bisa dipesan menu yang jarang tersedia di restoran lain, yaitu sajian pipiti/siput dengan kuah berwarna kuning yang berasa gurih. Cara memakan siput rebus ini unik dengan disedot agar daging yang berada di dalam cangkang bisa keluar. Atau bisa juga dengan menggunakan tusuk gigi.

Meskipun belum lama dibuka, Bumbu Desa BSD ternyata sudah memiliki banyak pengunjung. Apalagi ketika akhir pekan, banyak orang yang harus masuk waiting list. Bahkan, untuk pemesanan tempat pun harus dibatasi. Menurut Yudwi, di akhir pekan pengunjung yang datang ke Bumbu Desa BSD bisa mencapai 2 ribu orang. “Untuk akhir pekan, dengan berat hati kami harus menolak pemesanan tempat lewat telepon. Itu kami lakukan karena ingin memberi pelayanan terbaik kepada setiap tamu,” tegas Yudwi menjelaskan. Jika ingin mendapat tempat, Yudwi menyarakan agar tamu datang lebih awal.

Semah mulih…
Hatur nuhun…
Tamu pulang…
Terima kasih…

[+/-] Selengkapnya...

Study Australian Foundation di Jakarta - Diasuh oleh Karsono dari ARVI (Overseas Education Consultant)

Setelah membaca beberapa edisi AdInfo mengenai studi ke luar negeri, telah membuka pikiran saya tentang apa saja yang harus dipersiapkan oleh para orangtua dalam mempersiapkan anak-anaknya untuk studi keluar negeri. Yang ingin saya tanyakan, jika setelah lulus SMA, kami ingin anak kami sekolah dulu di Jakarta untuk beberapa saat sebelum kemudian kami lepas ke Australia guna melanjutkan ke perguruan tinggi, maka apakah ada sekolah di Jakarta yang dapat direkomendasikan? Ibu Atti, Bintaro.

Jawaban:

Jika ibu memang ingin mengirim anak ibu ke sekolah yang berbasis kurikulum Australia setelah lulus SMA nantinya, memang sudah ada fasilitas sekolah yang ibu perlukan itu. Salah satunya bernama Melbourne Institute of Business and Technology (MIBT), Jakarta. Sekolah ini memang satu group dengan MIBT di Melbourne, Australia.

Program yang ada di MIBT yaitu International Foundation Program (IFP) dengan biaya AUD$ 8,200 selama 8 bulan untuk murid dari kelas 2 SMU dengan IP 7.2 atau lebih dalam 4 mata pelajaran utama atau murid Year 11 dari sekolah dengan kurikulum Australia atau GCE ’O’ level atau yang sejenisnya.

Kemudian ada Diploma Program (DP) dengan biaya AUD$ 9,800 selama 8 bulan untuk murid dari kelas 3 SMU dengan IP 7.0 atau lebih dalam 4 mata pelajaran utama atau murid dari kelas 12, dari sekolah dengan kurikulum Australia atau GCE ‘A’ level atau suatu foundation program yang diakui atau sejenisnya. Untuk kedua program ini juga harus punya IELTS 5.5/TOEFL 525 atau sejenisnya.

Setelah selesai dari IFP selama 8 bulan, dapat memasuki program Diploma juga selama 8 bulan dan setelah itu masuk ke Tahun Kedua di Deakin University atau universitas lainnya di Australia atau di negara lain. Ada 3 pilihan program Diploma yaitu Diploma of Commerce dengan kesempatan memasuki Bachelor of Commerce, Bachelor of Information System dan Bachelor of Laws, Diploma of Computing dengan kesempatan memasuki Bachelor of Information Technology (dengan specialisasi Computer Science/Software Development, Games Design and Development, IT Security, Multimedia Technology dan Web and Mobile Technologies) dan Bachelor of Information Systems serta Diploma of Media and Communication dengan kesempatan memasuki Bachelor Arts (dengan spesialisasi Animation and Digital Culture, Film and Video, Journalism, Media and Communication, Photography dan Public Relations) dan Bachelor of Arts saja.

Pada program IFP, siswa harus mengambil 4 mata pelajaran inti (Core Units) + 4 mata pelajaran pilihan lainnya (Elective Units). Sedang pada program Diploma maka siswa harus mengambil 2 Core Units + 6 Elective Units. Dari jenjang Diploma selama 2 x 8 bulan itu maka untuk murid lulusan kelas 2 SMA dia bisa langsung masuk di Tahun Kedua di Deakin University atau university lainnya di Australia atau negara lainnya. Ini jelas menghemat waktu kurang dari 3 tahun sebagaimana jalur normal yang ada. Atau dari jenjang IFP selama 8 bulan maka siswa dapat masuk di Tahun Pertama di Deakin University atau ke Diploma program MIBT atau yang satu kelompok dengan group IBT lainnya.

Ini senilai dengan penghematan biaya perjalanan bolak balik ke Australia plus biaya hidup di Australia yang dapat mencapai AUD$ 20 ribu pertahunnya.

Kuliah di MIBT Jakarta maupun langsung di Melbourne tidak ada bedanya sama sekali karena secara regular semua mata pelajarannya ditinjau ulang dan diperbaiki sehingga dijamin setiap mata pelajarannya adalah terkini dan terdaftar di CRICOS (Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students).

MIBT juga menjadi anggota dari ACPET (Australian Council for Private Education and Training). Disamping itu dengan hanya menerima 20 murid setiap kelas menjadikan murid dapat menerima perhatian yang terbaik dari para dosennya dibandingkan jika harus kuliah langsung di universitas dengan ratusan mahasiswa sekaligus.

Para dosen berasal dari jenjang post-graduate baik dari dalam dan luar negeri dan disetujui oleh Deakin University juga menyediakan waktu untuk konsultasi pribadi bagi para mahasiswa yang membutuhkan. Dengan kuliah di MIBT Indonesia, para siswa dapat beradaptasi dengan sistem pendidikan Australia sambil tetap tinggal di keluarganya masing-masing dengan dukungan keluarga dan teman-teman. Untuk memberi kesempatan pada para siswa yang tidak sempat mendaftar pada suatu jadwal masuk yang ada, MIBT mempunyai 3 kesempatan masuk yang fleksibel yaitu bulan Maret, Juni dan Oktober setiap tahunnya.

Mudah mudahan penjelasan ini bermanfaat bagi ibu Atti sendiri atau bagi seluruh pembaca AdInfo lainnya.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dan memerlukan brosur sekolah ini atau sekolah lainnya maka dapat menghubungi kami di 7051 2455 atau kirim email ke arvi@cbn.net.id. Kami akan segera mengkirimkan brosur tsb kealamat anda. Pertanyaan dari seluruh pembaca Adinfo untuk berbagai masalah sekolah keluar negeri akan dimuat secara bertahap pada edisi berikutnya dan bagi yang tidak dimuat akan dijawab secara pribadi.

[+/-] Selengkapnya...

Situ Cipondoh - Dulu Rawa, Sekarang Tempat Wisata

Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang memiliki tempat wisata alami berupa danau atau situ. Danau tersebut bernama Situ Cipondoh dan berada tepat di depan Kantor Kecamatan Cipondoh, di bilangan Jl. KH. Hasyim Ashari.

Awalnya, menurut cerita warga setempat, danau alami yang luasnya lebih dari seratus hektar ini hanyalah rawa tak terurus, yang berbentuk cekungan besar serta ditutupi tanaman liar eceng gondok. Namun kini, Situ Cipondoh telah disulap Pemkot Tangerang menjadi kawasan wisata alami yang cukup indah dan murah meriah.

Utamanya, fungsi dari danau ini sendiri adalah sebagai pengendali banjir. Maklum, daerah sekitar danau tersebut termasuk dataran rendah. Pun demikian, fungsi ekonomi atau yang tepatnya manfaat ekonomi rupanya juga dimiliki oleh Situ Cipondoh. Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga dijadikan lokasi pertambakan ikan air tawar.
Situ Cipondoh memang bernaung di bawah Pemkot Tangerang, namun pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat setempat. Setelah menjadi objek wisata, situ ini dikelola dan dilestarikan secara swadaya oleh warga.

Sementara itu, dari situ resmi Pemkot Tangerang disebutkan, secara geografis, Situ Cipondoh terletak di kawasan Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Pinang, Kota Tangerang dengan luas awal lebih kurang 170 hektar, yang terdiri dari perairan seluas 50 hektar dan 120 hektar berupa daratan. Batas wilayah situ di sebelah Utara dan Timur adalah Jl. KH. Hasyim Ashari, sebelah Barat adalah Perumahan Cipondoh Indah serta sebelah Selatan adalah jalan tol Jakarta-Merak.

Situ Cipondoh sejak dulu merupakan suatu kawasan yang secara fisik memiliki luas dan karakterisitik sebagai situ dan berfungsi hidrologis sebagai tandon air di wilayah Kecamatan Cipondoh, Kecamatan Pinang, dan sekitarnya, sekaligus juga sebagai reservoar.

Berdasarkan rencana tata ruang kota, untuk penataan wilayah perairan situ direncanakan sebagai kawasan konservasi, preservasi, serta kawasan rekreasi. Sedangkan wilayah daratannya direncanakan sebagai kawasan jalur hijau dan kawasan pemukiman.

Selain hamparan air yang cukup luas, tak banyak memang objek wisata lain yang dapat dinikmati di Situ Cipondoh. Pun demikian, di danau ini tersedia juga sarana rekreasi bebek terapung yang dikayuh, yang bisa membawa pengunjung berkeliling menyusuri danau.

Lebih dari itu, rindangnya pepohonan di sekitar situ juga cukup menyegarkan. Terlebih ketika siang hari, di saat matahari tepat di atas kepala. Pohon yang tinggi menjulang dengan dedaunan yang lebat serta angin semilir yang bertiup sepoi-sepoi seakan memberi rasa sejuk yang sangat luar biasa.

Diiringi gemercik air, pengunjung Situ Cipondoh juga dapat menikmati aneka hidangan lezat yang disediakan warung-warung makan di sekitar danau ini. Banyak pilihan makanan yang sajikan, ada nasi plus lauk pauk dan ada pula makanan ringan seperti siomay atau mie pangsit. Kemudian, supaya makin segar, tak ada salahnya mencopa dinginnya es buah atau es kelapa muda yang juga tersedia di sekitar danau ini. Rata-rata harga makanan dan minuman di sekitar danau ini tidaklah terlalu mahal, harganya masih termasuk wajar dan terbilang cukup terjangkau.

Pun demikian, bagi pengunjung yang datang tapi tak ingin jajan, bisa membawa makanan sendiri. Untuk tempat makannya, bisa memilih sendiri sesuka hati, mau di bawah pohon atau di bawah saung-saung yang telah disediakan.

Di hari-hari kerja, biasanya Situ Cipondoh tak terlalu ramai dikunjungi masarakat. Lain halnya jika di akhir pekan, tempat wisata air yang satu ini luar biasa ramainya. Selain area parkir yang penuh, sedikit kemacetan juga akan terjadi di jalan raya di dekat danau ini.

Situ Cipondoh merupakan salah satu tempat wisata alam kebanggaan milik warga Kota Tangerang. Sayangnya, pengelolaan atau penataan tempat wisata Situ Cipondoh terkesan masih seadanya dan sederhana. Padahal, jika digarap dengan lebih baik lagi, Situ Cipondoh memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat wisata alami yang luar biasa menarik.

[+/-] Selengkapnya...

[+/-] Selengkapnya...

Lindungi Mata, Kembalikan Kencantikannya

Mata adalah jendela hati. Mata tidak bisa menipu. Jika Anda bekerja lembur atau kelelahan, segera akan terlihat dari mata Anda. Daerah di sekitar mata adalah area yang paling sensitif di wajah kita. Jika kulit kita terpapar cuaca dan lingkungan yang buruk, yang pertama menunjukkannya adalah kulit di sekitar mata.

Kulit kelopak mata tiga kali lebih tipis dibanding kulit wajah. Sesungguhnya area ini kelenjar minyaknya kurang dibanding area yang lain di wajah, sangat mudah terkena pengaruh alamiah sehingga di sekitar mata ini, penuaan lebih cepat terlihat. Konsistensi saraf dan pembuluh darah terpusat di daerah sekitar mata. Jika sistem atau sirkulasi limpatik terganggu, lingkaran gelap dan pigmentasi sangat mudah terbentuk.

Tanpa kita sadari, kita mengedipkan mata 10 ribu kali sehari, ini adalah kegiatan yang secara alamiah membuat kulit kelopak mata kita menjadi kendor. Hasilnya, masalah-masalah yang kita hadapi di sekitar mata seperti kantung mata, lingkaran hitam di sekitar mata, mata bengkak, keriput, garis-garis halus dan juga timbunan lemak kecil-kecil di sekitar mata.

Perlu kita ingat bahwa kulit kelopak mata adalah bagian yang rentan. Kita perlu merawat secara khusus jika ingin mempertahankan kecantikan. Berikut ini tips yang bagus untuk melindungi kelopak mata kita:

• Jika ada lingkaran gelap sekeliling mata - gunakan handuk yang sudah dicelup ke air panas, peras, tempatkan handuk panas tersebut di kelopak mata beberapa menit. Kemudian ganti dengan the celup atau sepotong apel yang dingin beberapa menit juga. Ulangi 2-5 kali. Setelah itu oleskan gel untuk mata. Pakai produk yang memang dibuat sesuai untuk menghapus make up di sekitar mata. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vit A dan E, zat besi dan protein. Serta minum teh hijau lebih baik dibanding kopi.

• Jika mata sembab di pagi hari - Ambil teh celup atau sepotong mentimun atau kentang yang dingin, taruh di kelopak mata selama 10 menit. Kepalkan tangan dan gunakan jari-jari untuk memijat daerah sekitar mata beberapa menit dengan gerakan memutar. Ini membantu sirkulasi limpatik dan mengurangi toksin di bawah kulit kelopak mata. Kurangi konsumsi garam.

• Jika ada kantung mata - Pagi dan malam hari bisa dipijat dari arah dalam ke arah luar mata selama 2-3 menit. Tempeli dengan handuk dingin untuk melancarkan peredaran darah dan sirkulasi sistemik. Tutupi mata dengan telapak tangan, kemudian tekan dengan berat kepala.

• Keriput di sekitar mata - Pakai gel mata untuk mengatasi masalah ini. Ketika cuci muka, di sekitar mata keringkan dengan tissue yang lembut atau kain halus. Jangan pakai handuk yang kasar. Jangan mengucek-ngucek mata. Ini adalah kebiasaan yang kurang baik dan menyebabkan kerutan / keriput. Pakai sun glasses jika keluar di panas terik.

• Bintik Lemak - Pakai gel mata yang menyegarkan dan melembabkan. Jaga kebersihan daerah sekitar mata.

House of Aroma punya dua jenis produk khusus untuk perawatan mata, Eye and Lip Gel dan Eye Contour Energizing Concentrate. Massage atau pemijatan yang terarah, dengan menggunakan produk yang tepat dapat mengurangi peradangan dan memperkuat pembuluh darah, memperbaiki sirkulasi darah, mencegah keriput, mengatasi gemuk air, memberi efek melembutkan, melembabkan, mengenyalkan dan memperbaiki kerusakan kulit di sekitar mata.

Lebih dari segalanya, mata kita adalah cerminan usia. Perlu merawatnya dengan baik untuk menjaga rahasia usia bagi yang ingin selalu tampil awet muda. Carilah jalan keluar untuk masalah mata yang Anda hadapi, lindungi mata dengan perawatan yang layak dan jangan lupa cukup tidur nyenyak. (sumber: House of Aroma)

[+/-] Selengkapnya...

Kesaksian Pengguna Sinar Laser Zhengan - Tekanan Darah Normal dan Berat Badan Ideal

Salah satu dari bagian tubuh yang sangat vital peranannya adalah darah. Darah bertugas mengangkut oksigen dan nutrisi yang sangat penting fungsinya bagi tubuh. Namun, jika di dalam darah itu sendiri terdapat zat-zat kotor yang menghambat fungsi kerjanya, sudah pasti yang ada adalah penumpukan beragam penyakit.

Guna menormalkan kembali fungsi darah, tersedia sinar laser Zhengan yang merupakan sebuah alat terapi kesehatan, yang bentuknya seperti jam tangan. Cara kerja Zhengan adalah menyinari cairan darah dengan sinar laser pada pembuluh nadi pergelangan tangan. Zhengan merupakan alat terapi kesehatan produksi Cina yang bekerja sama dengan Inggris dan Brasil. Alat ini telah mendapat sertifikasi dari Departemen Kesehatan RI, sehingga aman untuk digunakan.

Dijelaskan oleh Agen Zhengan wilayah BSD, Hoki Tanuwijaya, Zhengan memiliki banyak kelebihan. Jika digunakan dengan teratur, dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan semisal diabetes serta pemulihan akibat penyakit pembuluh darah jantung dan otak seperti stroke dan kesemutan seluruh tubuh, dan lain sebagainya. “Alat ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah penyakit darah,” katanya

Banyak orang telah terbantu Zhengan. Seperti yang dirasakan oleh Ny. Oentari yang berusia 66 tahun. Sebelumnya, Ny. Oentari memiliki masalah kesehatan pada tekanan darah. Ketika itu tekanan darahnya cukup tinggi hingga mencapai 140/90. masalah darah tinggi ini sudah dialami Ny. Oentari selama beberapa tahun. Bahkan dua tahun terakhir, setiap hari ia selalu meminum obat penurun tekanan darah.

Setelah mengenal Zhengan, perubahan mulai tampak pada Ny. Oentari. Dalam 1 bulan pemakaian Zhengan, tekanan darah Ny. Oentari menjadi normal, 120/80. Tapi pada masa ini Ny. Oentari tetap mengonsumsi obat penurun tekanan darah tadi, hanya saja dosisnya sudah mulai dikurangi. Setelah pemakian Zhengan selama 3 bulan, tekanan darah Ny. Oentari tetap pada kondisi normal, dan sudah tidak lagi mengonsumsi obat-obatan.

Kesaksian terhadap Zhengan juga disampaikan oleh Ir. Andri Nur, karyawan swasta. Sebelum mengenal Zhengan, Andri memiliki keluhan kesehatan berupa rasa sakit di dada, tidak kuat berada dalam ruangan yang pendingin udara, serta kerap merasa kurang sehat. Keluhan-keluhan ini sempat ia rasakan untuk beberapa waktu.

Ketika berjumpa Zhengan, Andri tampak tertarik dan berniat mencobanya. Tanpa disangka, hanya mencoba satu kali, Andri sudah langsung merasakan manfaat Zhengan. Ia tidak lagi ‘alergi’ terhadap angin dingin dari pendingin udara, dan itu pun ia lakukan tanpa menggunakan baju, hanya kaos dalam.

Kemudian, setelah menggunakan Zhengan selama 4 bulan, kondisi kesehatan Andri makin prima. Tekanan darahnya stabil dan berat badannya menjadi ideal karena menurun 6 kg, dari 83 kg menjadi 77 kg. Penurunan berat badan ini Andri lakukan tanpa diet dan bantuan obat-obatan tertentu.

Manfaat dari Zhengan juga dirasakan oleh Ny. Go Sioe Toan yang telah berusia 86 tahun. Karena lanjut usia, banyak masalah kesehatan yang kerap dirasa Ny. Go, antara lain sirkulasi darah tidak lancar yang kemudian menyebabkan sering pusing, tidak seimbang, sering jatuh, dan kesemutan. Selain itu, setiap hari, Ny. Go sering merasa pusing. Karenanya setiap hari pula ia kerap meminum obat sakit kepala.

Setelah memakai Zhengan selama 3 bulan, kesehatan Ny. Go berangsur-angsur pulih. Ia tidak lagi merasa pusing dan kesemutan yang ia rasakan di bagian kedua tangannya juga mulai hilang. Kini kesemutan hanya ia rasakan di ujung jari saja. Dan lebih dari itu, berat badan Ny. Go juga bertambah, yang semula 40 kg menjadi 50 kg.

Sementara itu, Hoki menambahkan, hasil dari pemakaian Zhengan akan berbeda pada tiap-tiap penggunanya. Ini disebabkan karena beberapa hal seperti berat ringannya penyakit, berapa lama penyakit diderita, respon tubuh, serta pola hidup yang dilakukan. “Hasil pada pengguna tentu berbeda satu sama lain. Yang pasti, hasilnya akan positif jika Zhengan digunakan dengan teratur dan disiplin,” pungkas Hoki.

[+/-] Selengkapnya...

Pembangunan Infrastruktur Jalan Kota dan Lingkungan - Pemkot Tangerang Kucurkan Dana Rp 100 miliar Lebih

Pembangunan Kota Tangerang meliputi segala bidang. Tak hanya di sektor kemasyarakatan semisal kesehatan dan pendidikan, tapi juga mencakup pembangunan infrastruktur fisik dan fasilitas umum seperti jalan raya dan jalan lingkungan. Dari data Pemkot (Pemerintah Kota) Tangerang, pembangunan jalan lingkungan di Kota Tangerang telah mencapai total panjang 235.438,55 meter.

Jalan-jalan protokol atau jalan kota bukanlah satu-satunya fokus utama pembangunan infrastruktur Pemkot Tangerang. Pembangunan juga meliputi jalan lingkungan yang merambah hingga ke pelosok-pelosok kampung dan perumahan.

Dilansir dari situs resmi Pemkot Tangerang, perkembangan jalan di Kota Tangerang berdasarkan status jalan yakni sebagai berikut, untuk jalan setiap tahun terus bertambah pembangunannya yaitu pada tahun 2004 sepanjang 792.599,40 meter, tahun 2005 bertambah menjadi 829.668,46 meter, dan pada tahun 2006 menjadi 900.798,13 meter.

Sedangkan untuk jalan lingkungan, tahun 2004 pembangunan dilakukan sepanjang 50.152,25 meter dengan anggaran senilai lebih dari Rp 18,7 miliar, tahun 2005 bertambah menjadi 58.101 meter dengan anggaran sebesar lebih dari Rp 24,1 miliar, tahun 2006 meningkat menjadi 78.194 meter dengan biaya hingga Rp 38,1 miliar, dan pada tahun 2007 sepanjang 48.991,3 meter menelan biaya lebih dari Rp 28,9 miliar. Jika ditotal, pembangunan jalan lingkungan yang telah dikerjakan Pemkot Tangerang sejak 2004 hingga 2007 telah mencapai total panjang 235.438,55 meter dengan biaya sebesar Rp 109 miliar lebih.

Sistem perkerasan dengan paving blok mulai digunakan Pemkot Tangerang untuk pembangunan jalan lingkungan sejak 2004. Selain karena alasan peningkatan beban dan kapasitas jalan, juga karena memperhatikan faktor estetika dan keindahan jalan serta ramah lingkungan. Faktor kondisi lingkungan yang rawan banjir juga menyebabkan perubahan tipe perkerasan, terutama dari perkerasan aspal menjadi paving blok.

Sementara itu, membandingkan dengan tingkat pertumbuhan jalan yang ada, tingkat lalu lintas di kota Tangerang sudah dirasa overload. Tingkat kepadatan jalan di kota mencapai angka 1.804 km per km2, dengan jumlah kendaraan mencapai 146.385 unit atau pertumbuhan kendaraan mencapai 5 persen sampai 10 persen. Sedangkan tingkat pertumbuhan jalan hanya 0,2 persen 0,5 persen. Jelas ini tidak sebanding, dan akibatnya menimbulkan kemacetan.

Kondisi demikian diperburuk dengan melubernya pedagang sektor informal yang sampai menyita bahu jalan. Becak-becak dengan bebas memenuhi jalan utama, kendaraan umum berhenti sembarangan. Semua itu turut menyebabkan kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas di Kota Tangerang kian parah.

Di antara titik kemacetan yang dinilai segera perlu ditangani adalah persimpangan Sudirman yang menghubungkan Jl. Sudirman-Jl. Veteran serta Persimpangan Ciledug yang menghubungkan Jl. KH Hasyim Ashari dengan Jl. HOS Cokroaminoto. Untuk itu pada 2007 Pemkot mulai melaksanakan dua mega proyek spektakuler, yaitu jalan layang (flyover) Sudirman sepanjang 620 meter dengan lebar 16 meter dan jalan terowongan (underpass) Ciledug.

Kedua proyek tersebut kini telah diselesaikan dan diresmikan pengunaannya oleh Walikota Tangerang, Wahidin Halim beberapa waktu lalu, dengan menelan dana sebesar Rp 87,7 miliar lebih, dengan rincian untuk pembangunan underpass Ciledug senilai Rp 42,9 miliar, sedangkan untuk proyek Flyover Sudirman sebesar Rp 44,8 miliar.

[+/-] Selengkapnya...